Mengenal KTA, Keunggulan Dan Kekurangannya Serta Syarat Pengajuannya

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya, karena KTA merupakan salah satu produk perbankan yang cukup sering kita dengar dan dicari oleh masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman. Tanpa berlama-lama lagi mari kita cari tahu apa itu KTA atau Kredit tanpa Agunan.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan

Mari kita mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya dengan mengetahui dulu sebenarnya apa itu KTA. KTA merupakan sebuah produk pinjaman dari bank yang bisa digunakan oleh nasabah tanpa harus memberikan jaminan tertentu. Jadi, nasabah sebagai debitur tidak perlu memberikan jaminan untuk dapat memperoleh pinjaman. 

KTA sendiri merupakan produk yang paling banyak dicari oleh debitur karena tidak memerlukan jaminan. Meski demikian ada sisi positif dan negatif dari KTA. Berikut ini adalah Kekurangan dan kelebihan KTA. 

advertisement

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

Ketika mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya sebaiknya kita belajar dulu apa keunggulan KTA. 

  1. Syarat Pengajuan Mudah

Kredit tanpa agunan merupakan pinjaman yang syaratnya mudah jika dibandingkan dengan kredit lainnya. Bagi Anda yang belum memiliki aset seperti rumah maupun mobil bisa mengajukan kredit tanpa agunan. Anda biasanya akan diminta untuk menyertakan dokumen berupa identitas diri. 

advertisement

Dokumen yang diminta sebagai syarat pengajuan kredit tanpa agunan adalah fotokopi KTP, KK dan rekening koran atau histori pembayaran kartu kredit. Anda juga biasanya akan diminta untuk mengisi sebuah formulir pengajuan kredit.

Di Masa pandemic seperti sekarang ini, pengajuan kredit tanpa agunan dilakukan secara online. jika Anda menuju ke bank atau mencari kredit tanpa agunan online maka Anda akan diarahkan pada pengisian formulir secara online dan akan diminta untuk datang ke bank jika memang diperlukan saja. 

  • Pencairan Tergolong Cepat

Keunggulan dari KTA yaitu pencarian biasanya akan lebih cepat dibanding dengan jenis pinjaman lainnya. Proses pencairan KT biasanya akan memakan waktu sekitar 3 hari kerja saja apabila memenuhi syarat pengajuan pinjaman. Jadi, KTA ini juga bisa jadi solusi untuk Anda yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. 

  • Tersedia Hampir di Semua Bank

Keunggulan lainnya dari kredit tanpa agunan adalah tersedia hampir di seluruh bank. Jadi, pilihan untuk KTA cukup banyak sehingga Anda bisa memilih mana bank yang membebankan bunga paling ringan. Anda juga bisa mencoba beberapa situs biasanya menyediakan simulasi kredit serta cicilan. 

Kekurangan KTA

Selain keunggulan tentunya KTA juga punya kekurangan. Setelah tahu apa itu KTA, mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya terutama kekurangannya adalah hal yang penting. berikut ini kekurangan KTA:

  1. Bunga KTA lebih tinggi. Hal ini menjadi kekurangan terbesar dari KTA. KTA sesuai namanya tidak memberikan syarat agunan pada debitur sehingga tentu bunga yang harus dibayarkan akan jauh lebih tinggi. 
  2. Wajib Punya Kartu Kredit. Hal kedua yang menjadi kekurangan KTA yaitu wajib memiliki kartu kredit. Kartu kredit merupakan salah satu syarat untuk bisa mendapatkan KTA. Sedangkan tidak semua orang memiliki kartu kredit. Banyak orang juga gagal untuk memperoleh KTA hanya karena tidak punya kartu kredit. 
  3. Tenor Pendek. Kekurangan lainnya dari kredit tanpa agunan yaitu tenor yang biasanya pendek. Ini karena, KTA memberikan limit kredit yang tergolong kecil sehingga tenor atau jangka waktu cicilannya juga akan lebih pendek. Umumnya bank akan memberikan limit KTA sebesar 200 jutaan untuk nilai tertingginya. 

Kita sudah mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya selanjutnya yaitu apakah KTA merupakan rekomendasi untuk kebutuhan finansial? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda saat ini. Jika Anda memerlukan modal usaha dan memiliki prospek usaha yang baik tentu KTA bisa jadi solusi untuk mendapatkan modal usaha karena nilai modal yang Anda pinjam akan meningkat. 

Mengajukan KTA di bank juga tentunya lebih aman jika dibandingkan Anda harus mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan yang kredibilitasnya masih diragukan. Belum lagi jika Anda sampai mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan yang tidak terdaftar pada OJK tentu akan lebih menyusahkan lagi dan berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari. 

Saat mengajukan KTA juga sebaiknya jangan mengambil terlalu banyak. Ajukan saja sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Ini karena KTA dikenai bunga yang lebih tinggi sehingga lebih bijak jika tidak terlalu membebani diri dengan bunga kredit yang tinggi. Sesuaikan juga cicilan dengan kemampuan membayar setiap bulannya.  Pilih juga bank yang memberikan produk KTA dengan bunga paling ringan. Anda juga sudah belajar mengenal KTA, keunggulan dan kekurangannya sehingga bisa mempertimbangkan dengan baik apakah akan mengambil KTA atau produk pinjaman perbankan lainnya. Semua pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing sehingga harus disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan finansial Anda saat ini. 

Admin menyarankan untuk warga 62 sekalian agar bisa bersabar dan menahan diri dari pengambilan KTA ini. Karena KTA ini termasuk dalam riba jika pembaca sekalian adalah muslim. Posting tentang mengenal kta ini bertujuan untuk mengudakasi warga 62 sekalian.

One Comment

  1. Tulisan yang bagus. Awalnya menyebutkan informasi mengenai KTA, kemudian menyebutkan bahwa pinjaman di bank (KTA) ini lebih aman dibanding meminjam ke tempat yang kredibilitasnya diragukan. Namun pada bagian akhir tulisan ini juga mengingatkan hal penting kepada pembacanya yaitu agar menjauhi riba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button