Mengenal Mobile Banking dan Manfaatnya

Mobile banking adalah sistem pelayanan bank yang dilakukan via smartphone. Zaman yang serba canggih membuat setiap kegiatan menjadi lebih mudah dengan pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah mobile banking yang dapat diakses hanya menggunakan smartphone. Yuk, mengenal mobile banking dan manfaatnya!

Akses Mudah di Mana Saja

Jika biasanya Anda harus datang ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi, maka melalui mobile banking semuanya menjadi lebih mudah. Anda tidak harus ke bank atau ATM untuk mentransfer uang. Benda yang satu-satunya Anda butuhkan adalah smartphone dengan akses internet yang lancar. Selain smartphone, Anda juga bisa menggunakan tablet dan PDA. 

Penggunaan mobile banking bisa langsung dilakukan dengan cara mendownload  aplikasi pada perangkat Anda. Semua kegiatan terkait transaksi keuangan dapat dilakukan, mulai dari membuat deposito, transfer dana, cek saldo dan lainnya. Anda bisa menggunakan sentuhan jari untuk melakukan semua transaksi tersebut. 

advertisement

Perlu diingat bahwa setiap mobile banking memiliki fungsi-fungsi sedikit berbeda tergantung bank dan smartphone yang digunakan. Jadi, mobile banking memang sangat praktis digunakan demi kelancaran setiap transaksi. 

Mobile Banking dan Manfaatnya : Bayar Tagihan Mudah dan Tepat Waktu

Pengguna mobile banking tidak perlu repot membayar tagihan di akhir pekan. Seperti yang diketahui bahwa akhir pekan tidak ada perkantoran yang buka, termasuk bank. Anda tidak perlu khawatir tidak dapat membayar tagihan tepat waktu karena bisa menggunakan mobile banking. 

advertisement

Anda perlu mengatur layanan perbankan online melalui situs web bank terkait melalui komputer pribadi dan memasukkan informasi mengenai penerima. Setelah itu Anda dapat membayar tagihan di mana saja selama tersedia jaringan internet. Hal itu juga dapat membuat pengelolaan uang bulanan Anda menjadi lebih efisien. 

Transaksi via mobile banking juga lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas untuk print dokumen dan perangko karena telat membayar tagihan. Jadi, tidak ada alasan tanggal merah untuk bayar tagihan karena tanggal merah sekalipun Anda bisa membayar tagihan via mobile banking. 

Pantau Saldo Akun

Anda harus mengenal mobile banking karena ada banyak manfaat di dalamnya. Salah satunya adalah kemampuan mengakses berbagai informasi terkait akun bank termasuk saldo per setiap menit. Hal itu tentu saja memudahkan Anda memastikan gaji telah masuk sebelum konfirmasi. Selain itu Anda juga dapat memeriksa deposito, mengatur transferan uang, membuat deposito dan memeriksa riwayat transaksi guna mengelola keuangan.

Apabila riwayat transaksi terpampang jelas, Anda bisa mengaturnya agar lebih proaktif untuk bulan depan. Pengawasan juga bisa dilakukan lebih ketat mengingat maraknya pembajakan akun akibat meningkatnya aktivitas kriminal keuangan. Keamanan akun dapat ditingkatkan dengan cara mengatur pemberitahuan teks apabila terjadi sesuatu yang mencurigakan. 

Transaksi yang mencurigakan tersebut bisa jadi transaksi menurun, biaya bensin, transaksi asing, penarikan tunai, online dan lainnya di luar ketentuan Anda. Selain itu mobile banking juga dapat diatur untuk memberitahukan apabila jumlah saldo turun di bawah jumlah tertentu. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari penipuan. Mobile banking dan manfaatnya.

Bebas Biaya

Aplikasi mobile banking biasanya bebas biaya untuk pelanggan sehingga banyak orang yang tertarik mencoba. Saat ini pengguna mobile banking paling banyak di Indonesia adalah nasabah BRI. Mobile banking BRI sama dengan bank lainnya dimana bertujuan memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi. 

Setiap transaksi tidak dipungut biaya apapun sehingga Anda bisa menghemat uang dan waktu dengan memanfaatkan spin tes mobile banking. Namun Anda perlu memastikan bahwa provider yang digunakan tidak memberi biaya tambahan untuk akses dan transaksi mobile banking. 

Bagi Anda nasabah BRI, berikut cara mengaktifkan mobile banking BRI. Anda bisa mengaktifkannya melalui ATM agar lebih mudah. 

  1. Pilih menu Transaksi Lain, lalu pilih Lainnya. 
  2. Klik Registrasi.
  3. Pilih Menu Mobile Banking. 
  4. Masukkan nomor ponsel. 
  5. Masukkan PIN mBanking 6 digit. 
  6. Registrasi sukses. 
  7. Konfirmasi kepada pihak bank agar bisa melakukan transaksi, bawa ATM dan KTP. 

Apabila Anda tidak mau ribet ke ATM dan salah klik nantinya, maka sebaiknya meminta pengurusan langsung dari kantor cabang BRI.

Mobile banking dan manfaatnya : Transaksi Aman

Seluruh transaksi yang dilakukan via mobile banking akan dilindungi oleh sistem keamanan yang kuat. Selama Anda tidak menggunakan VPN luar negeri maka tidak ada masalah. Ada beberapa kejadian di mana saldo mobile banking ludes. Itu diakibatkan penggunaan VPN yang merupakan jalur bebas akses internet tapi dipenuhi ancaman dari cyber crime. 

Agar transaksi aman sentosa, Anda dilarang menggunakan VPN luar negeri, dilarang membuka email dari orang tidak dikenal atau situs web asing. Selain itu pastikan bahwa perangkat lunak yang diinstal untuk antivirus aman dan tepat untuk ponsel dan bank Anda. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat mobile banking. Apakah setelah mengenal mobile banking, Anda tertarik untuk menggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button