Mengenal Sabun Saffron yang Punya Segudang Manfaat

Ketika mengenal sabun saffron, maka hal pertama yang akan kamu ketahui adalah segudang manfaatnya mulai dari mengobati gejala depresi, promil hingga mencegah kanker. Tak melulu soal kesehatan, sabun saffron juga punya banyak khasiat untuk kecantikan. 

Merawat kulit agar selalu bersih penting dilakukan, tentu ini akan berpengaruh dengan penampilanmu. Berbagai perawatan kecantikan kini banyak di pasaran, namun hanya sedikit yang menggunakan bahan alami sehingga lebih aman.

Adalah saffron, salah satu produk kecantikan yang kandungannya terbuat dari bahan alami. Adapun jenisnya seperti produk face mist, face wash, toner sampai sabun saffron.

advertisement

Manfaat Sabun Saffron yang Jarang Diketahui

  • Menyembuhkan dan Memudarkan Bekas Luka

Seperti yang dikutip dari Zara Saffron, kilas balik konon Raja Persia Cyrus The Great ketika mandi menggunakan taburan saffron. Dimana kala itu digunakan untuk menyembuhkan luka pasca pertempuran. 

sabun saffron

Lalu beralih pada kandungannya, saffron memang memiliki nutrisi yang mendorong pengelupasan kulit.

advertisement

  • Lawan Jerawat

Meniru pengobatan tradisional Yunani, tak hanya luka, sabun saffron juga dapat menghilangkan jerawat. Yang mana terdapat kandungan antibakteri dan antiinflamasi. Itu artinya, untuk kamu yang rentan terkena jerawat, saffron menjadi salah satu solusi untuk menangani.

Selain itu, dikutip dari Femina India, kamu bisa memanfaatkan saffron kering untuk mengobati jerawat. Caranya, rendam kurang lebih 10 batang saffron kering dan 5-6 daun kemangi, olah jadi pasta dan oleskan pada kulit yang terdapat jerawat.

  • Mengatasi Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kerap terkena paparan sinar matahari dan melakukan diet tanpa menyeimbangkan hormon tubuh. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat sabun saffron yakni pengelupasan kulit sehingga sel kulit mati tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

  • Mencerahkan Kulit

Sebuah studi mengungkapkan bahwa sabun saffron memiliki kandungan vitamin B, A dan C yang sangat berperan untuk kecerahan kulit. 

Bahkan beberapa orang mencampurkan susu dengan lemon yang membuat kulitmu semakin bersinar. Namun lakukan hal ini secara berkala dan konsisten, untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Seorang ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Fehrat mengungkapkan bahwa manfaat bunga saffron yakni dapat memblokir tirosinase, sehingga pigmentasi kulit dapat teratasi dengan baik.

  • Kulit Jadi Glowing

Zaman now setiap wanita berlomba-lomba untuk menghasilkan kulit berkilau alias glowing. Berbagai cara terus dilakukan, namun sayangnya cuaca, polusi dan faktor eksternal lainnya turut mempengaruhi hal ini.

Berangkat dari itu, sabun saffron pun menawarkan kulit cerah dan glowing dengan pemakaian yang teratur. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan saffron kering lalu rendam bersama susu, dan gunakanlah sebagai masker.

  • Melindungi Kulit dari Sinar UV

Studi lain mengungkapkan jika sabun saffron juga punya manfaat penyerap UV secara alami. Didukung dengan senyawa flavonoid seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mengatasi hal tersebut.

Efek fotoprotektif saffron juga disebabkan oleh senyawa fenolik lainnya yakni asam tanat, ferulic, galat, dan caffeic sebagai bahan perlindungan dari paparan sinar matahari.

  • Hidrasi

Dikutip dari Ozone Ayurvedics, saffron juga dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, sabun saffron baik untuk menghidrasi pori kulit sehingga cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit kering. 

Namun ingat, penggunaan sabun saffron juga harus diimbangi dengan toner dan pelembab kulit untuk hasil yang maksimal.

  • Mengurangi Peradangan

Khasiat lainnya dari sabun saffron yakni anti peradangan. Sabun ini akan membantu recovery kulit dari peradangan.

  • Meningkatkan Elastisitas Kulit

Menggunakan sabun saffron secara teratur akan memberikan dampak positif bagi kulit. Seperti kelembutan dan kekenyalan kulit.

  • Melembutkan Kulit

Memiliki kulit kusam di bagian tertentu, pasti akan mengganggu penampilan. Dengan menggunakan sabun saffron secara konsisten, perlahan kulit kembali lembut karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Pastikan Menggunakan Sabun Saffron Original/Asli

Melihat sabun saffron yang semakin populer, membuat orang-orang tak bertanggung jawab menyalahgunakan dengan memproduksi saffron palsu. Melihat harga saffron yang cukup tinggi, oknum tertentu ini justru menambah pewarna buatan lalu dilabeli dengan nama sabun saffron. 

Untuk itu, berhati-hatilah ketika membeli sabun saffron. Pastikan itu original/asli sehingga khasiatnya dapat bekerja dengan maksimal. Adapun ciri-cirinya dapat dibedakan dengan cara ini:

  • Beli Saffron yang Dikemas

Beberapa saffron ternyata ada yang tidak dikemas sebagaimana mestinya. Untuk itu, carilah toko yang memiliki reputasi baik sehingga kamu tak akan tertipu. 

Caranya, cari tahu apakah pemilik toko menjual saffron asli yang didapat dari petani saffron. Mudahnya, dapatkan informasi dari pelanggan sebelumnya. 

  • Periksa Labelnya

Sebelum memutuskan untuk membeli, lihat dulu tanggal kadaluarsa dan cek apakah sabun saffron tersebut sudah tersertifikasi. Untuk lebih menjamin, cari yang memiliki label BPOM.

Dengan label BPOM, itu artinya produk saffron terbukti aman karena sudah melalui uji kelayakan.

  • Pilih Untaian Saffron Daripada Bubuk

Sebaiknya kamu membeli saffron yang berbentuk untaian ketimbang bubuk. Mengapa? Ini karena saffron yang berbentuk bubuk dapat kehilangan sifat antioksidan dalam jangka waktu tertentu. 

Yang tak kalah penting, simpanlah saffron dengan tempat penyimpanan yang benar. Sehingga nutrisinya dapat tersimpan dengan baik. 

  • Pewarna Buatan

Pastikan saffron yang dibeli, memiliki benang kuning atau putih. Itu artinya, bungkusan tersebut adalah balsem, dibuat dengan mencampurkan bunga. Nah itulah informasi seputar manfaat agar kamu dapat mengenal sabun saffron lebih jauh. Yang harus diingat, gunakan sesuai porsi dan komposisi yang ada. Sekian, semoga bermanfaat!

sumber gambar google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button