Oleh-oleh Khas Lampung Wajib Dicoba!

Jika sedang melancong ke suatu daerah di Indonesia, tentu tidak lengkap jika tidak membeli dan membawa oleh-olehnya. Salah satu daerah di yang memiliki banyak pilihan oleh-oleh adalah Lampung. Jika sedang pergi ke daerah ini, maka oleh-oleh khas Lampung adalah suatu hal yang tidak boleh dilupakan.

Jenis oleh-oleh yang akan diuraikan pada daftar di bawah ini bermacam-macam jenisnya. Mulai dari makanan yang gurih, manis, hingga jenis minuman. Bagi yang sedang bingung mencari oleh-oleh di daerah ini, berikut adalah daftar yang harus segera dibeli. Simak satu per satu dan temukan pilihan yang paling sesuai:Z

1. Kopi Lampung dan Kopi Durian

Oleh-oleh yang ikonik dari Lampung adalah kopi. Wilayah Sumatera memang terkenal akan keragaman kopinya. Wilayah Lampung juga demikian, memiliki beragam kopi unik yang bisa dibeli. Pertama ada jenis kopi lampung yang memiliki rasa dominan pahit. Kopi jenis ini sering menjadi pilihan pecinta kopi karena keunikan rasanya.

advertisement

Selain jenis kopi di atas, ada lagi kopi lain yang sering menjadi pilihan. Kopi ini bernama kopi durian. Sesuai dengan namanya, kopi durian memiliki campuran durian yang bisa menambah cita rasa kopi. Untuk dua jenis kopi ini, harga yang dibandrol adalah sekitar 100 hingga 120 ribu rupiah untuk setiap kilonya.

2. Bejak Enjak

Oleh-oleh satu ini juga memiliki nama lain, yaitu nama bebai makhing. Karakteristik dari makanan ini adalah rasa gurih serta rasa manis. Sedangkan untuk teksturnya sendiri adalah berserat. Makanan ini cocok dijadikan camilan karena manis, namun juga cocok untuk makanan berat karena mengandung banyak karbohidrat.

advertisement

Hal ini dikarenakan bahan dasar yang digunakan adalah pisang, gula, dan beras ketan. Jadi, jika mengonsumsi makanan ini akan mudah kenyang. Harga makanan ini sendiri sangat terjangkau. Cara mendapatkannya juga mudah. Pergi saja ke pusat oleh-oleh Lampung, maka akan mudah mendapatkan makanan ini.

3. Kemplang

Ingin oleh-oleh khas Lampung yang unik? Maka kemplang adalah jawabannya. Hal yang membuat kemplang unik adalah proses pembuatannya. Agar makanan ini bisa dikonsumsi, proses penggorengan sangat diperlukan. Namun, proses penggorengan ini tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir.

Bahan dasar makanan ini adalah ikan tenggiri. Karena rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah, kemplang menjadi salah satu rekomendasi pilihan untuk dijadikan camilan maupun lauk. Harga yang dibandrol untuk makanan ini sangat terjangkau. Yaitu sekitar 25 ribu rupiah untuk satu plastik berukuran lumayan besar.

4. Sambal Lampung

Meski disebut sambal lampung, namun jenisnya sangat beragam. Ada sambal bawang, sambal ijo, sambal cuka, dan masih banyak lagi jenisnya. Semua jenis sambal ini tentu memiliki cita rasa khas Lampung yang jarang ditemui. Bagi pecinta rasa pedas, maka harus membeli makanan ini sebagai pelengkap saat menyantap makanan lain.

Jenis-jenis sambal ini umumnya sudah dikemas dalam botol dan diberi bahan untuk mengawetkan. Namun ada dua jenis sambal yang tidak bisa diberi bahan pengawet, yaitu sambal seruit dan sambal tempoyak. Sedangkan untuk harganya sendiri tidak mahal. Yaitu sekitar 25 ribu rupiah untuk setiap botol sambal.

5. Pie Pisang

Oleh-oleh khas Lampung kebanyakan berbahan dasar buah. Seperti pie pisang ini yang tentunya berbahan dasar pisang. Karena menggunakan pisang, jadi rasa yang dihasilkan juga sangat enak. Pie ini dikreasikan dengan banyak isian yang bisa menambah cita rasa makanan saat dikonsumsi. Sehingga rasanya tidak akan mudah membuat bosan.

Harga yang ditawarkan untuk makanan jenis ini berkisar antara 5 ribu sampai 9 ribu untuk satu buahnya. Pemberian harga ini didasarkan dengan besar kecilnya pie. Sedangkan untuk ketahanan, makanan ini tidak bisa bertahan terlalu lama. Yaitu hanya sekitar 3 sampai dengan 5 hari saja. Lebih dari itu, pie akan basi.

6. Lempuk Durian

Lempuk adalah jenis makanan yang hampir sama dengan jenang atau dodol. Namun, bahan dasar lempok adalah buah durian. Daging durian yang kaya akan serat dan rasa yang sangat enak, membuat pempek menjadi makanan yang sangat digemari. Teksturnya juga sangat kenyal karena proses pembuatan yang cukup lama.

Makanan ini memiliki harga yang berbeda-beda. Setiap penjual tentu mematok harga yang berbeda didasarkan dengan harga bahan dasar. Jika durian yang digunakan berkualitas dan cenderung mahal, maka lempuk juga akan mahal. Sebaliknya, jika durian yang digunakan adalah durian biasa maka harganya akan terjangkau.

7. Kain Tapis

Oleh-oleh khas Lampung bukan hanya makanan dan minuman. Namun, ada juga barang yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Barang tersebut adalah kain tapis. Kain ini adalah jenis kain tradisional yang dibuat untuk acara-acara tertentu karena proses pembuatan yang sulit, harga satuannya sangat mahal. Yaitu sekitar 7 sampai ratusan juta rupiah.

Tujuh contoh oleh-oleh khas Lampung ini bisa dijadikan pilihan saat bingung menentukan yang pas. Setiap jenis oleh-oleh pasti memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Maka dari itu, pastikan memilih yang paling sesuai dengan selera dan lidah. Namun, semua rekomendasi di atas dijamin tidak akan mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button