Paket Kiriman J&T Belum Diterima Tapi Status Delivered / Sudah Diterima

Pernah mengalami kejadian paket kiriman J&T belum diterima tetapi setelah dicek nomor resi pengirimannya, statusnya delivered / sudah diterima / terkirim? Jika pernah, bukan cuma Anda saja yang mengalami. Barang belum diterima tapi status barang sudah terkirim dan ada nama penerimanya, memang bisa bikin orang bertanya-tanya. Kenapa sih paket belum sampai kok keterangannya sudah terkirim?

Komplain ke J&T memang bisa membantu. Tapi kalau komplain lewat telepon, juga perlu biaya pulsa, kalau menghubungi nomor telepon J&T via HP. Tapi, sebaiknya jangan buru-buru telepon dulu. Agar lebih jelas, sebaiknya kunjungi J&T terdekat.

Bayangkan sudah berhari-hari nunggu paket, belum dateng juga. Begitu dicek, status barang sudah diterima, tapi barang belum ada di tangan. Kenapa ini bisa terjadi?

advertisement

Jadi begini, kurir J&T (kalau di J&T disebut sprinter) dikasih target dalam mengirim barang. Misal, dalam sehari bawa 50 paket. Eh ternyata, 50 paket tersebut tidak semuanya terkirim. Ada beberapa yang belum sempat dikirimkan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, pengiriman barang bisa terhambat. Nah, para kurir itu berpengaruh terhadap status resi pengiriman. Kalau kurir sudah melaporkan pengiriman paket, nanti di sistem J&T nya statusnya diubah jadi delivered atau terkirim atau sejenisnya.

Misal, sehari bawa 50 paket, eh ternyata cuma 40 paket yang berhasil dikirimkan dan diterima oleh penerima. Yang 10 paket tersebut biasanya dikirimkan hari berikutnya. Tapi, agar seolah-olah 50 paket itu selesai dalam sehari, kurir membuat laporan bahwa yang 10 paket itu sudah diterima. Padahal kenyatannya belum diterima.

advertisement

Jadi, jika Anda mengalami kejadian seperti itu, paket belum diterima, tapi setelah dicek nomor resinya, paket sudah terkirim, maka bisa jadi paket Anda sudah ada di kurir. Sebaiknya tunggu sampai hari berikutnya, jangan buru-buru lapor. Jika Anda sering menggunakan jasa J&T, ada baiknya untuk menyimpan nomor HP kurir.

Bagaimana kalau menghubungi J&T lewat telepon?
Tindakan kurir seperti tadi sebenarnya tidak diperbolehkan. Jika Anda menelepon pihak J&T kemudian menceritakan bahwa paket Anda belum diterima tapi statusnya sudah diterima, biasanya customer service (CS) J&T meminta nomor resi paket kiriman Anda. Kemudian CS melakukan pengecekan nomor resi tersebut. Setelah dicek, bisa diketahui status barang, dan juga nama kurir (sprinter) yang bertanggung jawab terhadap paket kiriman Anda.

Kurir tersebut bisa saja dihubungi oleh pihak J&T kemudian dikasih sanksi berupa denda. Saya punya teman yang bekerja sebagai kurir J&T, pernah kena denda sebesar sepuluh kali ongkos kirim. Kalau ongkirnya 10.000, dikali 10, berarti dendanya Rp100.000. Bayangkan kalau ongkirnya sampai 50.000. Denda untuk satu paket saja bisa mencapai Rp500.000.

Memang apa yang dilakukan kurir itu tidak dibenarkan, karena bisa bikin bingung penerima paket, yang ujung-ujungnya bisa mendapatkan review negatif dari penerima paket. Tapi, kalau harus kena denda sepuluh kali ongkir ya kasihan juga.

Jika status paket Anda sudah diterima padahal belum diterima, ada baiknya untuk mendatangi kantor / drop point terdekat, tanyakan ke Admin J&T perihal paket Anda. Minta nomor HP kurirnya, biar langsung japri sama kurirnya. Kalau punya nomor HP kurir kan enak, siapa tau nanti pakai J&T buat kirim paket, bisa hubungi nomor kurir tersebut.

Demikian pembahasan mengenai paket kiriman J&T belum diterima tapi statusnya sudah diterima.

78 Comments

      1. Sebetulnya kurir tidak boleh membuat laporan paket terkirim. Tapi, dari pihak ekspedisinya memberikan target kepada kurirnya.

        1. Paket sudah ada dikurir tapi pas ditanya kapan akan di antar si kurirnya malah bilang tidak tau alamat, trus pas saya bilang mau komplen katanya ongkirnya beda lagi kalau sudah sampai dirumah saya.
          Kecewa, padahal sering pakai jasa J&T tp kok bisa kejadian kaya bgni

        2. iya benar itu, kurir bisa menghubungi si penerima, kalau emang gak bisa antar langsung dan jika benar memang paket sudah di drop j&t nya, buat yg mepet kan bisa jemput langsung, gini jd nya buat bingung.

    1. paket saya dari kemaren setatus nya di terima. tapi barang sampe skarang belum ada.. itu kurir niat kerja ga sih.. bakalan saya telpon ke pusat.. kurir ga jelas

    2. Alhamdulillahnya kurir paketku langsung menghubungi kalau gabisa hari ini kirim dan mohon izin dulu, dan aku jga ga keburu panik terus lapor.. cari” info dan artikel kyk gini jadinya sangat membantu, sebenernya komunikasi dan manner sbg penjual atau pembeli sangat diperlukan supaya ga terjadi misscom

      1. Paket gua statusnya terkirim dg penerima atas nama saya sendiri tp gua ga menerima paket tersebut, katanya paketnya diserahin ke anak kecil di sekitar rumah. Gw cari dirumah tetangga satu persatu ga ngerasa ada yg nerima paket gw.. anjing kan kurir asal nitipin orang aja ga pakek telpon dulu

  1. Paket belum saya terima
    Kenapa statusnya sdh tertulis diterima
    Kemana paket saya
    Bikin kapok pake jnt

  2. Sebaik nya jika hal demikian. Pihak kurir wajib memberitahu kepada si penerima, bahwa paket sudah ada di tanggan kurir. Berhubung waktu sudah mempet dan Target sudah hampir habis. Jadi apa salah nya kalau izin ke penerima kan di setiap paket tertera nomor HP. Si penerima.., jadi si penerima bisa Mengkonfirmasi kan bahwa barang sdh di Terima padahal kenyataan belum juga sampai. Namun jika si kurir tidak ada pemberiantahuan.. Wajar si penerima jadi binggung kemana barang nya namun di keterangan sudah di Terima. Kan kita jdi berpikir negatif kalau menemukan masalah demikian.

    1. Saya sangat setuju,tapi kan kita mencantumkan nomer hp kita kan bisa dihubungi sama kurirnya biar kita tenang dan ga bertanya tanya,jadi buat apa kita nyantumin nomer hp

  3. Saya membuka halaman ini ya karena begitu…
    Status delivered/sudah di terima, tapi nyata’nya barang belum saya terima…
    Sebenernya kalo kurir kena denda ya kasihan, tapi tolong demi kenyamanan bersama jaga kerja sama’nya🙏🙏🙏 .

    1. Saya barusan sudah melaporkan ke pihak call center jnt
      Karena sudah saya kasih kesempatan dari kemarin tetap tidak digunakan dengan baik

      Bukan salah kita jika mereka kena denda
      Biar mereka bisa belajar
      To saya juga sering kasih tips kalau mereka tepat waktu
      Boleh dong kalau saya komplen kalau kaya gini

      Mana paketan punya customer
      Masih mending lah dia masih ratusan dendanya lah kalau
      paketan saya ilang dong rugi banyak

  4. Pasti semua yang baca ini karena mengalami..termaksud saya jujur baru kali ini seperti ini status sedan berganti di terima padahal belum …kecewa si pasti
    Semoga lain kali tidak terjadi seperti ini lagi dan semoga paket saya segera datang

  5. Saya bingung baru kali ini begini sblumnya ga pernah, saya belum menerima barang tapi status pengiriman sudah diterima. Langsung saya lapor ke pihak JnT dan penjualnya.

  6. Baiknya si kurir konfirmasi ke penerima jadi penerima gak keburu lapor karena kita bingung. Status delivered tp belum menerima barang. Jadi lain kali info aja ke penerima kalau memang belum sempat kirim. Kan sudah ada nomor HP nya. Jaman sekarang banyak penipuan, takutnya barang diterima org lain yang ngaku2 nama penerima.

  7. Iya ya JNT kok gini amat ya😔 tapi yaudah lah saya juga berusaha ikhlas dengan paket saya,, semoga JNT merubah sistemnya biar sama” jadi tenang antara penjual, pembeli dan pengirim😢

  8. ini terjadi kepada saya, sedangkan harga barang 260rb saya harus merelakan gitu? paketan blm dtg tapi sttusnya diterima saya, lah gimana. baru kali ini ngalami gitu j&t gmn ini.

  9. Paketan sy d resi Udah tiba tgl 11 juni kmren.tp sampe skr penerima Lum ada terima barangny…nih gmna kurirnya??

  10. Tanggal 14 april saya ada penerimaan pesanan saya di shopee
    Tapi saat kurirnya nge wa dia bilang gk bisa kirim hari ini. Tpi dkirimnya tanggal 15 april/besoknya.
    Padahal pesanan itu penting.
    Eh dia malah nyuruh saya ngambil paketnya ke kantor J&T tepatnya di jl. Merdeka lapangan kerkop Garut
    Saya kasih keringanan dia .
    Karna alasan dia dia banyak pengiriman.
    Selesai.
    Yang terahir hari ini.
    Pada tanggal 16 juni saya harus terima pesanan dari j&T tpi karna halangan pekerjaan.
    Saya bilang besok di ambil.
    Tanggal 17 dan 18 saya lupa ada pesanan karna sibuk sama kerjaan. Rencana tanggal 19 saya ambil ke kantornya.
    Tanggal 19 jam 9 pagi kurirnya nge wa.
    Kalo pesanan saya akan di kembalikan ke pengirim awal hari itu jga tanggal 19 dan tidak bisa saya ambil
    Lah saya marah kenapah gk ada pemberitahuan sebelumnya .
    Dia bilang harusnya penerima pesanan tau klo batas waktu barang di counter adalah 3 hari.
    Saya mana tau dong kalo siatemnya gtuh apalagi saya kerja.
    Jam 15:00 saya coba cek barang saya k J&T dan ternyata barang saya ada.
    Emang parah tuh kurir.
    Jd0076244199
    Ituh nomer resi paket saya.
    Rekaman kurirnya jga ada

  11. Sy sampe PD halaman ini jg karena masalah pengiriman oleh kurir ni. Kasian jg kalo harus denda, tp itu namanya konsekuensi pekerjaan. Biar sama-sama nyaman kan harus ada komunikasi antar kurir dan penerima biar Tdk ada salah paham. Sy sudah beberapa kali pake J&T ujung2 paket yg Sy pesan direturn balik dg alasan pembeli menolak terima paket. Padahal telp/SMS jg tidak Sy terima. Tau2 udah direturn dg alasan di atas. Sekarang paket belum diterima laporannya telah diterima. Telp kurir jg tidk ada jwaban. mau cek ke drop point’ terdekat Tdk bisa karena kami msh lockdown dlm perusahan. Kecewa sih… Pelayanannya kurang memuaskan.

  12. Hadeeeuuhhh…hari ini sudah kesel bawaannya..barang blm datang di status nerimanya semalam…gimana yaa..no jnt yg di hub gak ada yg tersambung..gimana gk kesell

      1. Yahhh saya juga baru kejadian sore ini..plang olahraga cek barang, ehh ternyata sdah dikirim dan diterima barangnya..sedangkan saya belum menerima paketnya..
        Kpd pihak jnt klu misalnya paketnya gk bsa dikirim tolong tolong tolonglah hubungi penerimanya spya tidak bingung dan si kurirnya jga tdak rugi..

  13. paket saya kok gak sampai sampai padahal d aplikasi tanggal 24 6 2020 udah nyampek ehh kok sampai skrg belum datang datang

  14. Ada yang ngalami hal yang kek gini juga ngak?tapi bedanya sekarang paketnya udah diantar?
    Aku kesini gara² ngalami hal yang sama juga,diapk mereka bilang paketnya udah diterima,yang bikin panik lagi ada nama penerimanya,lah saya sebagai pemilik barang asli bingung dong,masa barang belum nyampe ditangan malah udah diterima orang lain😢
    Moga aja yang diatas bilang bener,emang sih harganya cuma 168k tapi usaha ngedapetin itu bukan main,apalagi aku masih pelajar:'(

    1. Misi mau nanya, ini kmu sempet lapor ke cs nya ga sebelum paket kmu terima atau cuma nunggu aja smpe kurirnya ngirim?

      1. Disini saya sebagai pengirim paket atas nama Dina Maryani Jakarta, paket yg di tujukan ke pada Nopi dapid desa keban 1 kecamatan Sanga desa kabupaten Musi Banyuasin sama sekali blm menerima paket, tpi dr pihak j&t bilang paket sudah di terima oleh orang lain yg bernama RAS ,kan bingung mau ngambil kemana itu paket mana gk kenal lh sama org yg nerima no hp nya gk ada

  15. Paket saya belum saya terima tapi tertulis sudah terima oleh saya sendiri. Sebelumnya mohon maaf, memang paket saya harga nya engga seberapa, tapi kepercayaan point utama. Kalau udah gini, kapok saya milih lewat jnt lagi. Engga lagi lagi deh.

  16. Duhhh sy jg begini nih. Di aplikasi paket dah diterima sm sy, tp sy aj lom dpt paketnya. Ga tau kmn. Chat & telp si kurir malah ga respon, bgtu jg dgn penjual.

    1. Saya kesini juga mengalami kasus yang sama. Statusnya sudah diterima dengan saya sendiri. Padahal belum saya terima sama sekali. Saya udah keburu lapor ke j&t pusat dan udah dapet nomor kurirnya tapi di telpon tidak ada jawaban.

  17. Saya sedang mengalami ini. Sebenarnya saya tau bahwa mereka ada target perhari dan persoalan akan dikirim di hari berikutnya. Awalnya saya positif thinking, namun ini sudah 3 hari semenjak paket saya delivered dan sampai sekarang saya belum menerima paket, sementara batas garansi dari e-commerce akan jatuh besok hari dan uang akan diserahkan ke penjual. Saya terpaksa meminta seller untuk menghubungi J&T, karena apabila garansi barang habis maka tidak bisa dilakukan penututan dan kepastian hukum. Kurir juga tidak ada itikad baik untuk sekedar menghubungi bahwa barang di keep dan segera diantar.

    1. Sebaiknya minta nomor WA kurir yang mengantarkan paket Anda. Bisa lewat telepon CS J&T atau ke kantor J&T terdekat.

  18. Paketan sy juga sudah 3 hari ini belum diantar,pdhl status deliverednya sudah diterima oleh nama sy sendiri 3 hari yg lalu,sy msh positif thinking aja stlh baca postingan ini,mungkin kurirnya sakit atau ada sesuatu yg buat dia tidak bisa antar,drpd nanti sy telpon call center dan dia dipotong gaji kan kasihan.
    Seandainya memang blm bisa antar tolong kurirnya komunikasi jadi kita ga nunggu paketan yg blm dtg tiap harinya,smp sy hrs tny tetangga apakah ada paket sy yg mereka terima.
    Tolong J&T kedepannya jgn terjadi sprti ini lagi,seandainya ada bintang seperti ojol sdh sy ksh bintang 2 ini.

  19. Samaaaa, pagi ini saya juga mengalami hal yg samaa, status paket sudah diterima tapi barang gk ada yg datang dong:( kesel bgt udah nunggu lamaa lagi
    Bikin kapok pake J&T

  20. pagi ini saya juga mengalami hal serupa…dan udah terlanjur telepon ke pusatnya, karena status paket sudah diterima kemarin a.n saya tapi kenyataannya saya belum menerima paket..seharusnya ada konfirmasi dari pihak jnt supaya customer tidak bingung nyari posisi paket ada dmana.

  21. Saya baru semalam ngalamin inii, status pelacakan paket saya sudah dibuat “telah diterima” oleh namanya saya sendiri, padahal saya sudah nunggu kurirnya di rumah, dari siang sampai malem gak ad yang datang, biasanya saya pake j&t aman aja tuh, kenapa sekarang kualitasnya makin menurun, hadehh, saya bingung mau gimana, jadi saya harus nunggu hari ini lagi, katanya sih bakal diantar, tapi gak tau kurirnya beneran ngantar atau cuman bohong, kapok deh pake jnt… :((((

  22. Ternyata rame yang ngalamin hal yang sama. Kasus pertama kejadian tahun lalu, saya panik dan langsung hubungin kurir, waktu itu nama dan nomor telepon kurir masih dicantumin kalo kita cek resi (sekarang nama kurir doang). Pas saya telpon, kurir coba bohongin saya bilang paketnya baru sampe gudang, padahal jelas jelas ‘telah diterima atas nama saya’. Saya langsung marah karena bukannya ngaku salah malah bohong, akhirnya paket diantar besok paginya.

    Kedua kali, coba pake J&T lagi, saya kira yang pertama cuma apes doang, ternyata malah keulang lagi. Status telah diterima atas nama saya tapi barang ga diantar kerumah. Kali ini alesan kurirnya banyak kiriman, tapi ya kenapa ga konfirmasi dulu kalau mau ngerubah status. Ga ada kabar sama sekali main ubah status seenaknya.

    Ketiga kali, saya cari barang yang lumayan susah didapet, sekalinya dapet, itu toko cuma bisa kirim pake J&T. Yaudah, dengan modal bismillah saya pesen barangnya. Dan bener kejadian lagi. Tapi langsung saya laporin ke call centre, ga tau mereka didenda apa engga, kalo ngeliat kurirnya yang ga kapok kapok gitu saya malah berharap banget mereka didenda. Dan emang dasar kurirnya bangs*t, paket saya malah ditahan di gudang hampir seminggu, kayanya kesel karena saya laporin call centre 😂.

    Sekarang? KAPOK!
    Ga akan pake J&T lagi. Mending cari toko lain yang bisa kirim pake JNE, Sicepat atau Ninja sekalian. Yang penting jujur dan ga ngerubah status sembarangan. Capek berurusan sama J&T. Kalau kejadiannya kaya di kasus ketiga, mending saya ga jadi beli barangnya daripada berurusan sama J&T lagi.

    1. Jgn salah, saya pernah kejadian dgn JNE, org’y pura2 tlp nanya alamat stlh hari sblm’y cuma sms doank tp di tlp balik ga bisa, nyata’y barang ga sampe2,,
      Untung’y COD, jd bodo amat, dy yg batalin sndiri, entah penjual atau kurir’y yg brengsek,,
      Skrg kejadian lg sama shopee express, tercatat barang udh terkirim dgn nama org lain, pdhl saya sharian nungguin di rmh & di rmh cuma ada saya & suami,,
      Pasti’ylah saya complain ke shopee, salah kurir’y donk yg ga konfirmasi klo emank barang mw nginep dlu di dy,pdhl no hp tercantum jelas,,

  23. saya udah 2x kejadian kayak gini… yg pertama malah barangnya sampe ilang…
    yg ke 2 ini juga gitu… konfirmasi dulu kek kurirnya… saya udah wa jawabannya ketus amat… mau tak ambil ke rumahnya aja katanya besok mau diantar… oke saya minta tolong antarnya pagi soalnya barangnya urgent… katanya lagi mau diantar malam ini juga sekalian dia pulang… soalnya rumahnya sejalan sama rumah saya satu kelurahan lagi… di tunggu sampe jam 10 gak ada nongol batang idungnya… maaf bukannya gak menghargai si kurir ya…ini kan emang udah jadi konsekuensinya pihak j&t ya harusnya tanggung jawab dong… kalo emang kurang orang mending tambah lagi deh kurirnya…

  24. Sampai sekarang paket saya entah kemana udh hampir 1 minggu hilang ditelan bumi. Di resi udh diterima tapi sampai sekarang belum sya terima. Harusnya kurir itu mengkonfirmasi dulu. Biar gak bingung. Ini mah konfirmasi enggak. Tolonglah pihak jnt ..

  25. Saya dapat gratis ongkir dr aplikasi jual beli online. Alias GRATIS. Tp paketenku tertera “diterima” padahal belum sampai. Pengen mangkel juga, tp itu juga gratis ongkir. Yasudah tunggu besok aja. Kalau lusa belom sampai coba nanya ke kantor terdekatnya.

  26. Sama saya juga begitu ..di cek resi barang sudah deliverd tapi saya belum menerima bikin kapok sumpah pakai j&t kurirnya ngga jelas bett

  27. Kalau saya tetap laporlah, biar jadi pelajaran buat tu kurir. Kerja itu harus jujur, kalau yang kaya gini dibiarkan dan selalu minta pengertian nanti jadi dianggap biasa, padahal ini tetap salah. ujung ujungnya konsumen jadi malas pakai JnT dan akhirnya JnT bisa rugi. Yang kena dampak bukan hanya si kurir atau sprinter itu sendiri terhadap karyawan lainnya.

  28. Kenapa ya, status paket delivered, tapi barang belom sampe, bikin orang was was deh, ko ngga profesional banget ya, status delivered nya nyampe 2 hari, tapi barang belom nyampe2..

  29. Pertama x aku ngalamin ini, maybe karena paketan ku 3-3 nya status diterima Kolong Rak Sepatu (Mailing room) udah lapor ke marketplacenya dan disuruh tunggu sehari lagi.
    Aku selama ini aman aja kirim pake j&t. Dan selalu sampai tepat waktu. Ini apa karena jumlahnya 3 pc sampe di hari yg sama. Makanya maksud kurir mungkin besok dikirim barengan. Ya sekarang aku masih positif thingking karena depok juga seharian hujan. G mikir aneh2 sih, kasian juga kurir kehujanan jadi gak kirim hari ini.

  30. Paket saya ke tiga Juhar Deli Serdang belum saya terima tapi keterangan di shopee kok sudah diterima oleh saya. Ini hari kedua setelah keterangan shopee itu diterima . Tolong dong kasih solusi udah yang dipesan barang orang lagi

    1. Barang saya juga belum datang sampai sekarang uda lebih dari seminggu, saya telepon pihak j&t nya katanya sedang di transit ke tempat terdekat nah disitu okelah saya cek resi sedang proses pengiriman oleh kurir,saya tunggu tunggu ni tapi belum sampai juga dan akhirnya semalam saya cek resi lagi sedang transit lagi dan hari ini saya cek sudah terkirim tapi saya tidak menerima barangnya, telfon dari pihak kurirnya pun ngak ada😭😭😭

  31. ada yg bisa bantu nomer JNT untuk lapor nya, saya bingung banget paket saya sudah diterima di status nya, tp Customer saya bilang paket nya blm di terima, nilai nya gede banget lg, baru x ini ngalami kaya gini, laju gk bisa tidur saya, lapor kmna ini

  32. Paket saya blom datang” sudh 4 hari, tpi disitu tertera paket nya sudh terkirim ada yg nerima. Tpi sya sendri blom nerima. Oke gapapa klo misal nya pket nya di simpn dulu di kulir nya trus besok nya lagi di kirim, nah klo ga di kirim” gimna dong itu urusan nya

    1. Paket saya blm diterima
      Laporan, pada system app pembelanjaan online saya ada penagihan, untuk jasa pengirimannya tertera sudah ada penerimaan barang, tlg bantu klarifikasi data yg sudah kami terima dan penempatan untuk penyerahan barang pada yg bersangkutan..
      No.res penerima : JP5794535999 dari pesanan 2011178XMNWQP2
      Bantu proses kesalahan penerima

  33. Baru juga mau laporan, abis j&t slalu bikin puyeng xixixi,tapi stlah baca artikel ini kasihan jg ya kalo harus kena sanksi gtu, udh puyeng cari2 alamat kita didenda pula. Ywd deh sabar dlu aja.

  34. Yahhh saya juga baru kejadian sore ini..plang olahraga cek barang, ehh ternyata sdah dikirim dan diterima barangnya..sedangkan saya belum menerima paketnya..
    Kpd pihak jnt klu misalnya paketnya gk bsa dikirim tolong tolong tolonglah hubungi penerimanya spya tidak bingung dan si kurirnya jga tdak rugi..

  35. Saya barusan banget dikonfirmasi kalau paketnya sudah sampai dan diterima atas nama saya, dan tertera juga foto pagar rumah yg bukan rumah saya … gimana ga panik :’) saya belum nerima apa2 sama sekali, saya kira salah alamat. Maaf banget kalau ternyata kena denda, saya sudah terlanjur lapor sebelum liat web ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button