Pengalaman Pasang Indihome (Berlangganan Internet Indihome)

Saya mau cerita pengalaman saya pasang Indihome, dari mulai pendaftaran hingga layanan internet Indihome aktif. Tentu bukan saya yang pasang alat-alatnya, tapi teknisinya. Jadi, saya memutuskan untuk berlangganan Indihome karena internet menggunakan layanan broadbrand sering gangguan, belum lagi kuotanya terbatas dan harganya mahal. Setelah dipikir-pikir, sepertinya lebih nyaman kalau pakai Indihome, untuk internetan di rumah, tidak perlu pusing memikirkan kuota, karena bisa unlimited.

Jadi, untuk memasang Indihome, Anda bisa datang langsung ke plasa Telkom. Indihome adalah layanan dari Telkom, perusahaan milik pemerintah. Selain ke Plasa Telkom, Anda juga bisa menghubungi telepon Telkom di nomor 147 untuk berlangganan Indihome. Tapi, cara yang saya lakukan adalah dengan menghubungi sales Indihome. Nomor sales ini bisa diapat di media sosial karena banyak sales yang aktif berpromosi di media sosial Facebook.

Mendaftar Indihome
Saya menghubungi sales lewat WhatsApp, bertanya tentang Indihome. Untuk pendaftaran, saya diharuskan untuk mengisi data diri. Setelah pendaftaran lewat WA, proses selanjutnya adalah survei area. Karena di daerah tempat tinggal saya sudah terjaungkau kabel internet Indihome, maka saya bisa berlangganan. Sales akan mensurvei dengan mendatangi tempat yang mau dipasangi Indihome. Saya ditawari mau pakai layanan yang mana. Ada banyak layanan yang ada, ada yang internet saja, internet + telepon, dan internet + telepon + TV kabel. Saya memilih internet saja, karena memang tujuan pasang Indihome adalah supaya bisa internetan.

advertisement

Saya memilih paket unlimited dengan batas kecepatan maksimal 10 Mbps, dengan tarif 275.000 per bulan + pajak 10%. Kalau bayar di atas tanggal 20, akan dikenakan denda. Karena sistemnya pasca bayar, pembayaran dilakukan jika tagihan Indihome sudah keluar di bulan berikutnya. Misal, Anda pasang Indihome tanggal 5 Juni 2020, tagihan pembayaran baru keluar pada awal bulan berikutnya, dan tagihan bisa dibayarkan selambat-lambatnya tanggal 20 bulan berikutnya. Jika di atas tanggal tersebut, maka berlaku denda keterlambatan pembayaran.

Setelah survei selesai, kemudian tinggal menunggu teknisi Indihome untuk memasang perangkat. Jadi, pemasangan tidak dilakukan hari itu juga, survei dulu, sales mendaftarkan keanggotaan, kemudian menunggu jadwal pemasangan perangkat Indihome.

advertisement

Pemasangan
Dari survei lalu pendaftaran paket berlangganan Indihome hingga pemasangan perangkat, tidak perlu waktu lama, cuma hitungan hari. Mungkin karena saya daftarnya lewat sales Indihome sehingga responnya lebih cepat. Tapi, tidak tahu juga kalau mendaftar lewat telepon atau datang langsung ke Plasa Telkom, apakah prosesnya secepat itu atau tidak.

Teknisi datang, kemudian menyiapkan pemasangan perangkat. Proses selesai dalam hitungan jam. Harusnya internet bisa aktif hari itu juga. Tapi, waktu itu karena katanya lagi gangguan, internet tidak langsung aktif, sehingga tidak bisa saya coba.

Biaya layanan
Pelanggan Indihome tak perlu membayar biaya pemasangan ke teknisi Indihome. Meskipun begitu, Indihome memberlakukan biaya aktivasi yang bisa dibayarkan bersamaan dengan tagihan pertama. Jadi, untuk pemasangan memang tidak dikenakan biaya, tapi dikenakan biaya aktivasi. Intinya, ada biaya selain biaya tagihan internet.

Adapun untuk perangkat dari Indihome sifatnya pinjaman, bukan dikasihkan ke pelanggan. Perangkat harus dikembalikan jika pelanggan berhenti berlangganan Indihome.

Pertanyaan dan Jawaban

Apakah paket internet Indihome benar-benar unlimited?
Paket internet unlimited berarti kuotanya tidak dibatasi. Meskipun begitu, ada fair usage policy (FUP) atau batas pemakaian wajar yang diberlakukan di Indihome. Jika sudah mencapai batas FUP tersebut, pelanggan masih bisa akses internet, namun batas kecepatannya diturunkan.

Apakah bisa pasang Indihome di wilayah yang tidak terjangkau kabel fiber optik Indihome?
Supaya bisa pasang Indihome, wilayah harus sudah terjangaku kabel Indihome. Jika tidak, maka perlu ada pemasangan kabel dulu, yang waktunya tidak sebentar. Biasanya calon pelanggan juga diharuskan untuk mencari sejumlah orang di sekitar tempat tinggalnya yang mau memasang Indihome.

Apakah harus ada telepon rumah?
Pelanggan tidak harus memasang telepon rumah, bisa memilih paket internet Indihome saja.

Apakah internet Indihome itu bagus?
Kalau di tempat saya, jaringan Indihome bagus, bisa diandalkan. Mungkin karena di wilayah pedesaan, penggunanya belum sebanyak di kota. Kabel fiber optik Indihome ibarat jalan, makin banyak kendaraan yang lewat, jalan semakin macet, begitu juga sebaliknya.

Apakah teknisi Indihome harus dibayar?
Teknisi Indihome adalah karyawan Indihome, sehingga sudah digaji oleh Indihome. Tapi, jika Anda mau kasih uang tip, tak masalah, tapi ini bukan suatu keharusan. Termasuk teknisi yang membetulkan gangguan Indihome juga tidak harus dibayar.

Apakah WiFi Indihome harus dimatikan?
Modem WiFi Indihome bisa dinyalakan terus-menerus, tapi juga bisa dimatikan kalau sedang tidak dipakai. Untuk mengaktifkannya kembali, tinggal menyalakan modem tersebut, lalu tunggu beberapa saat sampai modem terhubung dengan internet.

Apakah modem Indihome aman dari petir?
Modem Indihome bisa kena sambaran petir. Untuk itu, lebih aman jika modem WiFi Indihome dimatikan saat hujan lebat dengan petir menggelegar.

Jika terlambat bayar tagihan Indihome, apakah internet akan dinonaktifkan?
Keterlambatan pembayaran tagihan internet Indihome dapat menyebabkan layanan internet dimatikan sementara, dan akan aktif lagi setelah pelanggan membayar tagihan plus denda keterlambatan sebesar 5% per hari dari total tagihan bulan sebelumnya.

Dari pengalaman saya berbulan-bulan menggunakan Indihome, saya menilai kualitas Indihome bagus, ketimbang menggunakan internet broadbrand. Dengan biaya berlangganan sebesar Rp275.000 + PPN 10%, saya rasa tidak terlalu mahal. Harga voucher internet ada yang 1 GB Rp10.000. Kalau sehari habis 1 GB saja, sebulan Rp300.000. Kalau pakai Indihome, sehari mau pakai lebih dari itu pun masih lancar.

Tulisan ini bukan endorsement dari Indihome. Pihak Indihome tidak membayar saya untuk membuat tulisan ini. Ini adalah ulasan dari saya selaku pengguna Indihome. Anda boleh setuju, boleh tidak. Jika Anda punya pengalaman seputar berlangganan Indihome, Anda bisa bagikan lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button