Pengertian RUPS dan Manfaatnya, Simak Ulasan Selengkapnya Disini!

Sebuah perusahaan atau PT biasanya akan mengadakan rapat penting yang dihadiri oleh para petinggi. Di dalam rapat tersebut akan ada rapat RUPS, apakah pengertian RUPS dan manfaatnya yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan? Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak berikut ini ulasannya:

Apa Itu RUPS?

Pengertian RUPS dan manfaatnya tidak sepenuhnya diketahui oleh orang awam, dalam rapat tersebut akan membahas hal penting di dalamnya. Rapat yang mengumpulkan para petinggi suatu perusahaan untuk memberikan hak suaranya terkait keputusan final perusahaan nantinya.

Berdasarkan UU No. 40 tahun 2007, setiap RUPS mempunyai fungsi yang digunakan oleh para pemegang saham untuk menetapkan kebijakan. Jadi inti dari diadakannya rapat tersebut sangat penting untuk keberlanjutan perusahaan di masa mendatang. Memungkinkan pelaksanaan dan penyelenggaraannya tidak seimbang.

advertisement

Pihak yang Dapat mengajukan RUPS

Pengajuan RUPS hanya bisa dilakukan oleh para pemegang saham yang mempunyai wewenang akan hal tersebut. Tidak bisa sembarang orang melakukannya. Pihak-pihak mana sajakah yang bisa mengajukannya? Inilah penjelasannya:

1. Dewan Komisaris

Pihak berwenang yang mempunyai kekuasaan untuk bisa mengajukan RUPS yaitu dewan komisaris perusahaan. Posisinya yang berada dalam strata tinggi perusahaan membuatnya bisa melakukannya. Pada umumnya komisaris akan menyelenggarakannya rapat tersebut jika benar-benar diperlukan.

advertisement

Pembahasan dan laporan yang diadakan oleh komisaris pun, biasanya sangat penting dan tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu pula rapat tersebut biasanya akan dilakukan secara mendadak dan tidak bisa dilakukan dengan menunggu rapat tahunan. Wewenang yang didapatkan oleh komisaris yaitu rapat luar biasa.

2. Pemilik Saham

Para pemilik saham selain dewan komisaris juga dapat mengajukan RUPS. Untuk dapat mengajukan akan dilakukan oleh perwakilan pemegang saham. Namun untuk dapat melakukan rapat tersebut, minimal harus ada 10 persen suara pemegang saham lain yang menyetujuinya.

Tentang Manfaat RUPS

Berlangsungnya rapat umum pemegang saham adalah bagian terpenting bagi perusahaan. Hal tersebut karena setiap kegiatan rapat, tidak akan hanya memberikan laporan terkait perusahaan saja. Namun terdapat beberapa fungsi serta manfaat yang bertujuan baik untuk perusahaan serta para pemegang saham. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. Adanya Transparansi Keuangan

Hal yang sangat krusial dalam sebuah perusahaan yaitu masalah keuangan, bagaimana tidak? Di dalam sebuah perusahaan modal atau dana lah yang menentukan berjalan atau tidaknya perusahaan tersebut. Dalam rapat umum pemegang saham inilah semua laporan terkait keuangan akan dilaporkan secara transparan tanpa ada yang ditutupi.

Dalam laporan tersebut biasanya akan terdapat rincian dan detail pemasukan atau pun dana yang tengah dimiliki oleh sebuah perusahaan. Jadi pihak penyelenggara akan memberitahukan informasi tentang pengeluaran serta pendapatan perusahaan kepada pemegang saham.

2. Memahami Laporan Kegiatan Perusahaan

Sebuah perusahaan pastinya mempunyai kegiatan yang beragam dalam satu periode, bahkan beberapa tahun belakangan. Kegiatan yang dilakukan dalam 1 tahun harus mempunyai laporan terkait perusahaan di dalamnya. Pada rapat tersebut akan ada sejumlah informasi yang diberikan kepada para pemegang saham.

Beberapa pertanyaan juga akan disampaikan apakah, uang yang dipakai oleh para pemegang saham stabil. Maksudnya untuk memastikan jika dana yang diserahkan kepada perusahaan memang mempunyai posisi yang kuat, sehingga tidak akan menggoyahkan perusahaan tersebut ke depannya.

3. Bisa Menentukan Anggota Dewan Direksi serta Komisaris

Rapat yang dihadiri oleh para petinggi adalah rapat yang memang benar-benar penting dan bukan main-main. Hal tersebut dapat terlihat ketika penunjukan direksi serta komisaris sebuah perusahaan. Biasanya aka nada rapat yang membahas terkait pemimpin pelaksana yang dapat menjalankan perusahaan tersebut.

Manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemegang saham yaitu, bisa menunjuk atau meminta orang-orang yang dianggap mumpuni menjabat posisi tersebut. Orang pilihan yang menjadi kandidat tersebut biasanya sudah dipilih beberapa orang yang kemudian akan dihitung jumlah suara terbanyaknya.

4. Transpransi Penggajian

Rapat tak hanya membahas terkait pendapatan dan pengeluaran oleh perusahaan saja, akan tetapi gaji direksi pun akan dibahas. Para pemegang saham mempunyai hak bersuara untuk menyetujui atau tidaknya kenaikan gaji karyawan. Keseluruhan gaji karyawan, direksi serta jajarannya akan dibahas dalam rapat tersebut.

Laporan terkait gaji akan dijelaskan dan dibuka secara transparan tanpa ada yang disembunyikan. Berikutnya para pemegang saham akan memberikan pendapat dan juga sarannya. Hal tersebut dilakukan agar semua pihak yang dianggap penting dalam perusahaan tersebut mengetahuinya.

5. Ikut Andil dalam Penyelesaian Masalah

Setiap pemegang saham harus mengetahui kondisi dan situasi yang terdapat dalam perusahaan. Permasalahan yang terdapat dalam perusahaan pun harus diketahui. Hal ini bertujuan agar pemegang saham dapat ikut andil menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan.

Rapat akan menjadi lebih serius, karena berbagai pendapat saran serta masukan para petinggi pun akan ditanyai. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas keberlangsungan sebuah perusahaan. Meminimalisir terjadinya kerugian besar, yang memungkinkan bangkrutnya sebuah perusahaan.

Itulah Penjelasan terkait pengertian RUPS dan manfaatnya yang belum diketahui sepenuhnya oleh masyarakat. Beberapa hal tersebut sebenarnya penting untuk diketahui sebab dengan begitu akan menambah wawasan terkait sistem sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button