Inilah Pengertian Surat Keterangan Usaha dan Cara Membuatnya, Ternyata Mudah!

Apa pun itu usahanya yang resmi dan legal secara administrasi akankah lebih baik didukung dengan surat keterangan usaha. Apakah pengertian surat keterangan usaha dan cara membuatnya agar bisa dimiliki oleh para pelaku usaha? Berikut akan dijelaskan bagaimana penjelasan serta pembuatanya secara lengkap. Iniah ulasannya:

Tentang Surat Keterangan Usaha

Pengertian surat keterangan usaha dan cara membuatnya sebenarnya tidak sulit untuk dipahami. Surat tersebut biasanya akan disingkat dengan SKU, kepemilikan SKU tersebut merupakan bukti dari legal nya suatu usaha. Berkas dan dokumen tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan pengajuan kredit usaha. Jika tidak ada SKU, sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan pinjaman modal.

Terlebih lagi perusahaan tersebut adalah sebuah rintisan yang baru berjalan dan sedang dalam masa bertahan. Pada umumnya pihak bank akan menolak permohonan pinjaman yang diajukan oleh perusahaan tanpa ada SKU. Kebutuhan akan modal yang mendesak, mengharuskan untuk membuat surat keterangan usaha tersebut.

advertisement

Fungsi SKU

Penjelasan sederhananya SKU merupakan surat yang berisi tentang kebenaran bahwa suatu usaha tersebut memang benar ada. Surat tersebut dibuat dan dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan bukan sembarang orang. Proses yang terdapat di dalamnya pun tidak dipungut biaya. Tidak hanya untuk bukti usaha, fungsi yang dimilikinya yaitu:

1. Mempermudah Proses Pinjaman Bank.

Hal yang tidak bisa dihindari dalam menjalankan sebuah usaha yaitu kebutuhan yang besar akan dana. Terlebih lagi jika usaha yang sedang dijalankan merupakan sebuah rintisan yang baru berkembang. Adanya SKU dapat mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan pinjaman dana.

advertisement

2. Untuk Pengajuan Surat NPWP

Setiap badan usaha memang sudah seharusnya mendaftarkan diri untuk mempunyai kewajiban pajak, jika usahanya sudah memenuhi syarat. Keperluannya bukan hanya sekedar untuk individu, tetapi juga badan usaha juga harus mempunyai NPWP. Nah, disinilah SKU berperan penting untuk memperoleh NPWP tersebut.

Syarat yang termasuk ke dalamnya untuk dapat memiliki NPWP yaitu dengan melampirkan SKU. Jika syarat dan ketentuan lainnya telah terpenuhi, maka pihak kantor pajak pun akan mengeluarkannya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurusnya pun tidak terlalu lama.

3. Memperoleh BLT UMKM

Sebuah usaha yang telah mengantongi SKU bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan sejumlah bantuan dana BLT UMKM. Saat ini pemerintah mendukung berbagai pelaku usaha yang tengah menjalankan usahanya di bidang apa pun itu. Jadi sangat menguntungkan apabila telah mempunyai SKU.

SKU menjadi salah satu syarat yang telah ditetapkan dan ditentukan pemerintah kepada pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan tersebut. Jika belum memilikinya, segeralah untuk mengurusnya pada lembaga wewenang yang mengeluarkan SKU tersebut.

4. Bukti Legalitas Usaha

Bentuk dari suatu usaha yang resmi dan telah disahkan oleh pemerintah yaitu dengan mempunyai SKU. Dokumen tersebut bisa menjadi bukti fisik yang menerangkan bahwa usaha yang dimiliki memang telah terdaftar secara resmi sebagai usaha yang aman dan telah disetujui.

Cara Membuat SKU

Bagi para pelaku usaha yang menginginkan SKU atas izin usaha yang telah didirikannya perlu untuk mengurusnya terlebih dahulu. Beberapa lampiran surat atau dokumen penting lainnya pun diperlukan. Berikut tahapan yang dapat dilakukan untuk pembuatan SKU di antaranya yaitu:

1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk bisa membuat SKU yaitu dengan mempersiapkan dokumen pribadi terlebih dahulu. Beberapa dokumen pribadi tersebut yaitu KTP, KK, yang dilengkapi dengan salinannya dan surat permohonan SKU. Pembuatan SKU sendiri tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Jadi, jika terdapat oknum yang meminta uang, maka berhati-hatilah.

2. Mendapatkan Surat Pengantar RT dan RW

Berikutnya setelah semua dokumen pribadi sudah lengkap dan siap, maka hal yang harus dimiliki selanjutnya yaitu surat pengantar. Surat pengantar RT dan RW dapat diminta dengan mengunjungi rumah RT dan RW di daerah tempat tinggal. Jangan lupa untuk membawa dokumen pendukung, selanjutnya RT dan RW akan memberikan surat sesuai kebutuhan.

3. Mengurus di Kantor Kelurahan

Jika pengantar telah selesai ditandatangani dan disahkan, pengguna dapat melanjutkan proses berikutnya yaitu di kantor kelurahan. Jelaskan maksud dan tujuan ketika berada di kantor kelurahan. Berikutnya petugas akan memberikan formulir yang berisi pengajuan SKU. Isi semua data keterangan yang diminta di dalamnya dengan benar dan lampirkan beberapa dokumen yang diminta.

4. Menyelesaikan SKU di Kantor Kecamatan

Tahap terakhir yait dengan menyelesaikan proses pembuatan SKU di Kantor Kecamatan. Pihak kecamatan akan memberikan pengesahan SKU yang telah ditandatangani dan diberikan cap stempel. Di dalamnya akan tertera nomor surat pengesahan, jangka waktu dari SKU setelah dikeluarkan yaitu 1 tahun lamanya.

Itulah penjelasan terkait pengertian surat keterangan usaha dan cara membuatnya yang bisa dapat dengan mudah diterapkan. Setiap prosedur dan tata cara yang berlaku di setiap daerah sama yaitu melalui beberapa tahapan. Untuk waktu dan prosesnya sendiri tergantung dari instansi yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button