Pengertian Surat Paklaring, Fungsi, dan Syarat yang Wajib Diketahui

Saat seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri dari suatu perusahaan, tentunya harus mengurus beberapa hal. Salah satunya yaitu mengurus surat paklaring. Surat paklaring sangat penting karena bisa memudahkan proses rekrutmen ketika mencari pekerjaan baru. Jadi, pengertian surat paklaring adalah dokumen yang berisikan historis karir seseorang di perusahaan sebelum seseorang tersebut mengajukan resign.

Surat paklaring memiliki banyak fungsi tidak hanya sebagai bukti seseorang tersebut pernah bekerja di suatu perusahaan tertentu saja. Oleh karena itu, ketika resign sangat penting untuk mengurus surat paklaring. Jika ingin tahu lebih dalam soal pengertian surat paklaring, fungsi, dan syarat pembuatannya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

Pengertian Surat Paklaring

Surat paklaring adalah dokumen yang menyatakan pengalaman seseorang jika ia pernah bekerja dalam suatu perusahaan di jabatan tertentu. Jadi, dalam surat paklaring terdapat penjelasan tentang nama pekerjaan, nama pemimpin perusahaan, posisi terakhir bekerja, durasi bekerja, dan pencapaian selama bekerja.

advertisement

Semua informasi tersebut terangkum dalam satu dokumen yang ditandatangani oleh pemimpin terakhir saat bekerja di suatu perusahaan. Maka, surat paklaring dikeluarkan oleh perusahaan terdahulu sebelum seseorang tersebut pindah kerja ke perusahaan baru. Dengan begitu, surat paklaring memiliki peranan penting dan bisa dijadikan bukti bahwa seseorang tersebut pernah bekerja dan punya pengalaman kerja di suatu perusahaan.

Fungsi Surat Paklaring

Setelah mengetahui pengertian surat paklaring, kini saatnya mengetahui fungsinya. Pasalnya, surat paklaring tidak hanya berguna untuk melamar pekerjaan selanjutnya. Jika ingin tahu fungsi surat paklaring, berikut ini adalah ulasannya:

advertisement

1. Membuat BPJS Ketenagakerjaan

Setiap karyawan yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan dapat mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) jika sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, untuk mencairkannya, seseorang karyawan memerlukan surat paklaring agar bisa mendapatkan seluruh atau sebagian JHT. Namun, pastikan surat tersebut sudah dilegalisir agar menjamin keasliannya.

2. Melamar Pekerjaan

Dalam proses recruitment, beberapa perusahaan mensyaratkan surat paklaring sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Surat paklaring tersebut bisa menjadi bukti sahih bahwa calon pegawai tersebut pernah bekerja di suatu perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan atau jenjang profesi membutuhkan surat ini. Biasanya yang membutuhkan surat paklaring adalah posisi supervisor ke atas.

3. Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional

Selain untuk memuluskan proses rekrutmen, surat paklaring juga bisa digunakan ketika seseorang ingin mengajukan beasiswa jalur profesional. Beasiswa ini berlaku bagi yang ingin meneruskan ke jenjang master (S2) atau doctoral (S3). Pihak pemberi beasiswa juga beragam, mulai dari pemerintah dalam negeri, pemerintah luar negeri, maupun pihak swasta. Biasanya, surat paklaring juga dilengkapi dengan surat rekomendasi pimpinan.

4. Mengajukan Pinjaman Bank

Surat paklaring juga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman bank. Beberapa pinjaman bank yang membutuhkan surat paklaring seperti kredit kepemilikan rumah, kredit tanpa agunan, atau kredit kendaraan bermotor. Surat paklaring tersebut digunakan sebagai bukti calon debitur tersebut memang bekerja seorang karyawan dan bekerja di suatu perusahaan. Biasanya, surat paklaring juga dilengkapi dengan slip gaji.

5. Mengajukan Kartu Kredit

Untuk mengajukan kartu kredit, biasanya dibutuhkan surat keterangan kerja atau bisa juga diganti dengan surat paklaring. Surat paklaring digunakan sebagai bukti bahwa seseorang tersebut bekerja di suatu perusahaan. Selain itu, surat paklaring juga berfungsi sebagai penanda jika calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup membayar tagihan per bulannya.

Syarat Membuat Surat Paklaring

Setelah mengetahui pengertian surat paklaring dan fungsinya, kini saatnya mengetahui bagaimana syarat pembuatannya. Pasalnya, surat paklaring memiliki banyak kegunaan sehingga perlu tahu bagaimana syarat membuatnya. Jika ingin tahu apa saja syarat pembuatan surat paklaring, berikut ini adalah ulasannya:

1. Resign dengan Baik

Surat paklaring tidak hanya sebagai surat keterangan kerja, tetapi juga bisa digunakan sebagai surat rekomendasi dari perusahaan lama. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan surat paklaring, lakukan pengunduran diri dengan baik. Jangan sampai tiba-tiba menghilang dan datang ke perusahaan lama hanya untuk meminta surat paklaring.

Oleh karena itu, jika ingin mengundurkan diri, lakukanlah dengan baik agar memberikan kesan yang positif bagi atasan dan kolega. Kemudian, sebelum resign pastikan sudah memenuhi semua kewajibannya. Misalnya terdapat hand over pekerjaan atau dokumen yang harus diselesaikan lebih dahulu, maka selesaikanlah agar memiliki performa kerja yang baik.

2. Lama Kerja Minimal Satu Tahun

Setiap perusahaan memiliki masa kerja yang telah ditentukan dan disepakati di awal. Biasanya, lama kerja minimal seseorang bekerja di suatu perusahaan adalah satu tahun. Jika lama masa kerja hanya sebentar, tentunya akan berpengaruh pada penilaian HRD dalam mengeluarkan surat paklaring. Oleh karena itu, jika ingin lebih mudah mendapatkan surat paklaring, lebih baik sudah bekerja minimal dalam satu tahun.

Itulah ulasan yang menarik tentang pengertian surat paklaring, fungsi, dan juga syarat pembuatannya. Ternyata surat paklaring benar-benar memiliki peran yang sangat penting, baik ketika mencari pekerjaan baru atau untuk mencairkan JHT sebagai hak karyawan. Oleh karena itu, uruslah penerbitan surat paklaring sebelum resign!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button