Pengertian Wiraswasta dan Perbedaannya dengan Wirausaha dalam Dunia Bisnis

Banyak yang mengira jika wiraswasta dan wirausaha adalah suatu istilah yang memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama melakukan kegiatan usaha. Namun, sebenarnya keduanya memiliki pengertian dan konsep yang berbeda. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dipaparkan mengenai pengertian wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausaha.

Bagi yang ingin terjun ke dalam dunia usaha, tentunya memahami perbedaan wiraswasta dan wirausaha sangatlah penting. Hal tersebut karena seseorang tersebut bisa mengubah cara pandang yang nantinya berhubungan dengan bagaimana ia menjalankan usahanya. Jika ingin tahu lebih dalam soal pengertian wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausaha, berikut ini adalah ulasannya.

pengertian wiraswasta

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta memiliki pengertian sebuah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok yang gunanya memberikan nilai tambah bagi suatu produk dan memberi kepuasan pada pelanggan. Dalam hal ini, nilai tambah bisa berarti sesuatu yang sifatnya baru dikenalkan atau belum ada sebelumnya.

advertisement

Selain itu, wiraswasta juga bisa berarti seseorang ataupun kelompok yang punya keberanian dalam berpikir, bersikap, maupun bertindak untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Pada dasarnya, menjadi wiraswasta berarti bekerja untuk diri sendiri dan juga untuk sebuah perusahaan. Dengan demikian, usaha yang dilakukan tersebut bisa dibilang hanyalah sampingan karena seseorang tersebut memiliki pekerjaan tetap.

Pengertian Wirausaha

Banyak orang yang berpikir jika membuka suatu usaha sendiri dinamakan wirausaha. Namun, wirausaha tidak berarti sesempit itu karena wirausaha juga memiliki pengertian seseorang yang mampu memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usaha agar kehidupannya meningkat.

advertisement

Wirausaha juga bisa diartikan sebagai orang yang visioner dalam hal ekonomi dengan menawarkan barang dan juga jasa yang baru. Selain itu, wirausaha juga memiliki sifat pemberani dalam menanggung segala resiko usaha yang sedang dijalani.

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausaha. Kini, sampailah pada penjelasan tentang perbedaan antara keduanya. Jika ingin tahu lebih dalam apa saja perbedaan wiraswasta dan wirausaha, berikut ini adalah ulasannya:

1. Fokus Usaha

Pada wirausaha, fokus usahanya tentu saja mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya. Sementara pada wiraswasta, fokus usahanya hanya sekedar sambilan atau paruh waktu, Misalnya, seorang pegawai kantoran memiliki usaha catering sehat, maka ia bisa dinamakan seorang wiraswasta.

Pasalnya, fokus usahanya tidak hanya dari kantor tempat di mana ia bekerja, tetapi juga usaha catering sehat yang dimilikinya yang bersifat sambilan. Sebaliknya, apabila seseorang tidak terikat pada pihak lain dan seluruh waktunya dieruntukkan untuk ushaanya, maka seseorang tersebut termasuk dalam wirausahawan.

2. Kepemilikan Aset

Dalam hal ini, asset yaitu berupa kepemilikan modal dana maupun peranannya dalam pengambilan keputusan pada operasional usaha. Maka, seorang dinamakan wirausaha ketika ia terlibat pada kegiatan operasional. Sedangkan wiraswasta saat ia memiliki aset sendiri.

3. Lingkup Usaha

Seorang atau sekelompok pelaku usaha tentu saja kemungkinan besar memiliki usaha lebih dari satu jenis usaha. Maka, seseorang yang tergolong dalam wirausaha umumnya memiliki lingkup usaha yang luas. Misalnya, seseorang yang memiliki usaha jasa wedding organizer lengkap dengan jasa catering, fotografi, salon, dan lain sebagainya. Kemudian, untuk wiraswasta biasanya hanya fokus pada satu lingkup usaha saja.

4. Rencana Pengembangan Usaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika wirausaha adalah orang yang pintar dalam menemukan peluang bisnis dan berani dalam mengambil resiko. Dengan begitu, jika dilihat dari konteks pengembangan usaha, maka wirausaha selalu bersikap terus maju dan up-to-date terhadap pendekatan usaha yang akan digunakan dalam usahanya.

Selain itu, tak jarang jika wirausaha juga kerap menggunakan pendekatan teknologi terbaru untuk mengenalkan atau menawarkan barang ataupun jasa yang dimilikinya. Sementara itu, wiraswasta biasanya lebih bersifat konvensional atau tradisional. Bahkan, mereka terkadang hanya fokus pada target jangka pendek saja.

5. Mindset Usaha

Wirausaha adalah seseorang yang membuka usaha baru dan dilakukan secara mandiri. Oleh karena itu, wirausaha biasanya pintar dalam melihat sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan suatu barang atau jasa agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Sedangkan mindset usaha dari seorang wiraswasta yaitu biasanya mereka hanya meneruskan suatu hal yang sudah ada namun ditingkatkan agar menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Misalnya, pada masa ini banyak bermunculan start up yang didirikan oleh wirausahawan. Mereka biasanya memiliki konsep sendiri dan mengembangkannya agar menjadi sesuatu yang baru dan menghasilkan profit. Sedangkan wiraswasta umumnya menjalankan usaha yang sudah ada dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Pengertian wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausaha telah dijelaskan dengan mudah di artikel ini. Dengan begitu, tidak ada lagi yang salah kaprah dengan istilah wiraswasta dan juga wirausaha. Pasalnya, diantara keduanya memiliki perbedaan yang menonjol, mulai dari fokus usaha, kepemilikan asset, hingga mindset usaha yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button