Masih Bingung dengan Perbedaan Antara Giro dan Tabungan? Cek Disini!

Anda pasti kerap mendengar giro dan tabungan ketika berhubungan dengan keuangan. Lantas, apa perbedaan antara giro dan tabungan? Simak uraian singkat di bawah ini!

Perbedaan Definisi Giro dan Tabungan

Pengertian giro dan tabungan sudah jelas berbeda karena memang keduanya berbeda. Giro merupakan produk keuangan yang berupa simpanan dari nasabah baik individu maupun perusahaan. Nasabah rekening giro dapat menarik dana simpanan kapanpun ketika dibutuhkan dengan menggunakan kartu debit, cek maupun bilyet giro. 

Giro tidak mudah dimiliki oleh siapapun seperti halnya tabungan. Seperti yang diketahui bahwa giro hanya bisa ditarik melalui bilyet giro atau cek di mana prosesnya pasti lebih lama. Sementara tabungan adalah produk keuangan yang dapat ditarik sesuai kesepakatan dan pastinya tidak bisa menggunakan cek maupun bilyet giro. 

advertisement

Tabungan merupakan produk keuangan yang banyak diminati oleh masyarakat guna menyimpan dan mengambil uang menggunakan ATM. Itu artinya tabungan adalah jenis produk keuangan yang paling umum dimiliki oleh masyarakat. Ada banyak jenis tabungan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Perbedaan Antara Giro dan Tabungan : Media Penarikan

Perbedaan giro dan tabungan juga dapat dilihat dari media penarikannya yang juga berbeda. Penarikan simpanan giro dapat dilakukan dengan menggunakan layanan cek maupun bilyet giro. Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah yang diberikan kepada pihak bank guna memindahkan dana dari rekening giro ke rekening penerima. 

advertisement

Perintah melalui bilyet giro ini tidak dapat diproses secara langsung untuk pencairan dana. Proses pencairan harus menunggu waktu di mana dana tersebut masuk ke rekening penerima. Aturan penggunaan yang berlaku mencatat bahwa sebelum penerima mencairkan dana, bilyet giro harus lebih dulu diserahkan oleh bank. 

Penyerahan tersebut dapat menghabiskan waktu selama kurang lebih 70 hari setelah tanggal penarikan dari rekening giro. Kemudian setelah itu bank akan mentransfer dana rekening giro ke rekening penerima. Cara penarikan menggunakan cek juga berbeda dengan bilyet giro. 

Cek merupakan surat perintah transaksi di mana nasabah bisa mencairkan dana pada bank sesuai yang tertera dalam cek tersebut. Sementara penarikan tabungan, nasabah hanya perlu menggunakan buku rekening atau ATM. Tidak hanya bisa tarik tunai, ATM juga dapat dimanfaatkan untuk bayar tagihan bulanan, beli pulsa, transfer sampai pembelian tiket. 

Perbedaan Antara Giro dan Tabungan : Waktu Transaksi

Perbedaan antara giro dan tabungan juga dapat dilihat dari waktu transaksi. Tabungan merupakan produk yang lebih fleksibel dalam penarikan dibanding dengan giro. Oleh karena itu nasabah bisa menarik uang atau melakukan transaksi lainnya kapanpun saat dibutuhkan. 

Beda halnya dengan giro yang memiliki tanggal tersebut dan tanggal efektif tersendiri. Transaksi menggunakan giro hanya dapat dilakukan sesuai dengan tanggal terbit dan tanggal efektif tersebut. Jadi tidak semudah transaksi rekening tabungan. Oleh karena itu nasabah sebaiknya menggunakan rekening tabungan jika tidak ada keperluan yang terlalu besar dengan rekening giro. 

Perbedaan Perbedaan Antara Giro dan Tabungan : Jumlah Penarikan

Rekening giro dan tabungan juga memiliki perbedaan dari jumlah penarikan. Pada rekening giro, nasabah dapat melakukan tarik tunai dalam jumlah berapapun selama dana yang dimiliki tersedia. Tidak hanya itu, nasabah dengan rekening giro juga bisa melakukan transaksi ketika pindah buku dari rekening giro ke rekening penerima. 

Beda dengan rekening tabungan di mana transaksi yang dilakukan dibatasi jumlahnya meskipun saldo mencukupi. Apabila nasabah ingin menarik dana dalam jumlah lebih besar harus mendatangi bank terkait untuk transaksi via teller. 

Perbedaan Antara Giro dan Tabungan : Laporan Bulanan

Perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari laporan keuangan bulanan. Laporan keuangan rekening giro dapat dilihat secara rinci selama sebulan penuh melalui rekening koran. Pihak bank akan mengirimkan rekening koran tersebut ke alamat nasabah terkait. Hal itu membuat nasabah tidak perlu repot mendatangi bank guna mengecek laporan bulanan. 

Sementara itu pengguna rekening tabungan bisa memanfaatkan tiga cara untuk mendapatkan laporan bulanan. Nasabah dapat mendatangi bank, mesin ATM dan menggunakan layanan mobile banking. Pengecekan laporan bulanan melalui mobile banking pada beberapa bank hanya dapat ditampilkan dalam periode tertentu seperti satu minggu. 

Perbedaan Segmen Pengguna

Perbedaan selanjutnya terletak pada segmen pengguna produk keuangan itu sendiri. Giro adalah satu produk keuangan yang memudahkan nasabah melakukan tarik tunai atau transaksi lain dalam jumlah lebih besar. Oleh karena itu nasabah giro umumnya memiliki aktivitas transaksi tinggi seperti pebisnis atau pemilik perusahaan. 

Tabungan merupakan produk keuangan yang memudahkan proses transaksi, namun jumlah penarikannya dibatasi oleh bank penerbit. Meskipun demikian jenis produk ini paling banyak digunakan oleh masyarakat luas untuk transaksi sehari-hari.  Itulah perbedaan antara giro dan tabungan. Setelah melihat perbedaan simpanan giro dan tabungan, jenis produk keuangan manakah yang lebih cocok untuk Anda? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button