Sering Dikira Serupa, Ini Perbedaan Brightening dan Lightening

Pengguna skincare tak lagi asing dengan istilah brightening serta lightening yang kerapkali tertera di produk. Keduanya terdengar serupa, karena sama-sama memberi efek cerah. Namun sebenarnya terdapat perbedaan brightening dan lightening. Belum banyak pengguna yang mengetahui hal ini. Perbedaan utamanya terlihat dari cara kerja yang berbeda dalam menangani permasalahan kulit.

Memilih produk untuk merawat kulit memerlukan kecermatan sehingga bisa memenuhi kebutuhan. Apabila tidak cocok, masalah di kulit akan sulit diatasi atau justru muncul problem baru. Dari segi komposisi hingga efek samping, antara brightening dengan lightening sebenarnya memiliki perbedaan cukup banyak. Agar tidak keliru memilih, berikut ini pembahasan seputar perbedaan keduanya:

Karakteristik Skincare Brightening

Brightening memiliki arti mencerahkan. Banyak orang salah kaprah dengan hal ini, sehingga disalah artikan sebagai memutihkan kulit yang gelap. Meski begitu, sebenarnya brightening lebih fokus pada kulit yang kusam sehingga lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya. Berikut ciri utama dari brightening:

advertisement

1. Membuat Kulit Glowing

Perbedaan brightening dan lightening yang utama dapat diperhatikan dari fungsinya. Sesuai namanya, brightening bertujuan membuat kulit lebih glowing (bercahaya) serta sehat. Brightening dapat menutrisi kulit secara mendalam. Kandungan brightening dapat membantu kulit dalam memproduksi kolagen. Fokus utama brightening adalah meremajakan kulit kusam, kering, serta bertekstur agar tampak segar dan bercahaya.

2. Mampu Mengeksfoliasi Kulit

Saat digunakan, produk dengan label brightening memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit. Hal ini dapat menggantikan sel yang mati dengan sel baru. Hal inilah yang menjadikan kulit cerah, karena sisa kotoran atau paparan matahari tergantikan dengan sel baru. Brightening bekerja dengan baik dalam memberi efek glowing serta lembab pada kulit.

advertisement

3. Komposisinya Efektif Membuat Kulit Cerah Secara Alami

Komposisi merupakan perbedaan brightening dan lightening selanjutnya. Dalam brightening terdapat vitamin C, alfa hidroksi, retinol, dan sebagainya. Bahan-bahan ini dapat membantu pengelupasan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen serat elastin. Komposisi ini efektif dalam membantu kulit terlihat cerah seiring waktu.

4. Mempertahankan Pigmen Alami

Setiap produk memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Melansir dari Ladies Corner, bahan yang terkandung dalam brightening relatif lebih aman. Zat yang digunakan berfungsi membuat kulit glowing secara alami melalui proses eksfoliasi. Brightening juga mempertahankan warna asli kulit tanpa merubah pigmen.

5. Sebagai Pelindung dari Sinar Matahari

Untuk skincare brightening biasanya lebih menyasar pengguna yang sering terkena sinar matahari, terkena kotoran dan mengalami kusam. Masalah ini bukan ditimbulkan oleh pigmen, melainkan faktor sehari-hari. Brightening menjadi pilihan yang lebih tepat, karena fungsinya mengeksfoliasi. Pengguna yang menginginkan kulit lebih cerah dapat memakai brightening karena cara kerjanya yang lebih alami.

Karakteristik Skincare Lightening

Produk dengan label lightening artinya membuat kulit lebih terang dibandingkan sebelumnya. Hal ini yang seringkali dianggap sama dengan brightening. Apabila ingin membuat kulit memiliki pigmen yang lebih putih daripada sebelumnya, maka lightening bisa menjadi pilihan. Inilah karakteristik utama lightening:

1. Mencerahkan Warna Kulit

Lightening memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit melalui pigmen-nya. Bagian yang ditargetkan oleh lightening adalah melanin, yaitu zat untuk menciptakan warna kulit. Lightening juga mampu memperbaiki warna tidak merata pada kulit. Kandungannya mampu mengurangi kehadiran bintik gelap serta hiperpigmentasi karena sinar matahari. Produk lightening juga dapat menyamarkan bekas jerawat apabila digunakan teratur.

2. Mampu Menghilangkan Pigmen Kulit

Lightening memiliki cara kerja yang berbeda dengan brightening. Komposisi dalam lightening akan menghilangkan pigmen dalam kulit, mirip seperti bleaching. Bahan dalam lightening akan menghambat produksi melanin yang berlebih di kulit. Hal ini dapat mempertahankan tingkat keterangan kulit. Melalui penggunaan konsisten, lightening efektif dalam meratakan warna pada kulit agar tidak menggelap.

3. Membuat Warna Kulit Merata

Berbeda dengan brightening, kandungan utama yang terdapat dalam lightening adalah asam kojic. Di samping itu juga terdapat alfa arbutin serta asam alfa hidroksi. Kombinasi bahan ini memiliki efek yang baik dalam membuat warna kulit lebih rata. Selain itu juga meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat terpapar sinar matahari dengan mencerahkannya.

4. Bisa Mengubah Warna Kulit 

Perbedaan brightening dan lightening berikutnya terletak pada efek samping. Produk lightening bertujuan membuat warna kulit lebih terang. Sudah menjadi hal umum bahwa lightening lebih banyak dipilih bagi pengguna yang ingin kulitnya tampak putih. Zat yang dimiliki lightening berfokus pada pigmen kulit dengan menggantikan warnanya menjadi lebih putih. Fungsi ini menimbulkan berubahnya pigmen asli, sehingga tidak sealami brightening.

5. Dibuat Untuk Warna Kulit Gelap

Berbeda fungsi, berbeda pula target pasarnya. Produk lightening lebih difokuskan pada individu yang warna kulitnya cukup gelap. Faktor ini dikarenakan kulit bisa menghasilkan bercak dari pigmentasi tidak teratur. Dibandingkan dengan individu yang warna asli kulitnya putih, pigmentasi lebih jarang terjadi. Banyak pengguna yang menginginkan kulit terlihat lebih putih memakai lightening.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan brightening dan lightening. Dapat disimpulkan bahwa brightening berfungsi mencerahkan kulit dengan eksfoliasi, sedangkan lightening merubah pigmen sehingga lebih terang. Saat ini tidak perlu bingung dalam menentukan jenis skincare yang sesuai. Jenis kulit, sensitivitas, serta budget perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli rangkaian perawatan wajah.

Baik brightening maupun lightening, keduanya dilengkapi manfaat serta efek masing-masing. Pengguna perlu bijak dalam menentukan mana yang paling tepat untuk kondisi kulitnya. Gunakan secara konsisten beberapa produk utama seperti pembersih wajah, toner, serta pelembab untuk hasil maksimal. Dengan menjaga pola makan, pikiran, dan istirahat, akan lebih mudah untuk mencapai kulit sehat dari dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button