Perbedaan Kartu VISA dan Mastercard Ini Perlu Anda Ketahui!

Kartu kredit biasa digunakan sehari-hari oleh masyarakat untuk kegiatan bertransaksi. Namun tidak banyak yang menyadari jika kartu kredit terdapat beberapa jenis yang berbeda satu sama lain, yakni VISA dan Mastercard. Lalu apa saja yang membedakannya? Berikut adalah beberapa perbedaan kartu VISA dan Mastercard yang perlu diketahui:

1. Perusahaan Penerbit

Hal pertama yang menjadi perbedaan kartu VISA dan Mastercard adalah dari sisi perusahaan penerbit kedua kartu tersebut. VISA adalah suatu perusahaan keuangan besar yang berdiri di California, Amerika Serikat, yang berdiri sejak tahun 1955.

Lain halnya dengan saingannya, yaitu Mastercard yang merupakan produk perusahaan Mastercard worldwide. Perusahaan ini beroperasi pusat di New York, Amerika Serikat, sejak tahun 1966. Persaingan keduanya hingga kini terus berlanjut hingga menjadi dua jenis kartu kredit paling populer saat ini.

advertisement

2. Logo Kartu

Kedua, hal yang menjadi perbedaan kartu VISA dan Mastercard selanjutnya adalah perbedaan yang paling terlihat yakni logo. Pada suatu kartu kredit dari Bank manapun pastinya akan menemukan suatu logo baik itu VISA, maupun Mastercard. Ini karena kedua perusahaan provider kredit itu adalah yang paling umum digunakan.

Kedua kartu tersebut memiliki logo yang berbeda satu sama lain. Dari perbedaan ini, merupakan perbedaan yang paling mencolok dari keduanya karena bisa terlihat dengan jelas. Tidak jarang juga sebuah kartu kredit terdapat dua logo perusahaan tersebut.

advertisement

3. Sisi Keamanan

Prosedur keamanan yang dibawa oleh kedua jenis kartu tersebut tentu berbeda. Sistem keamanan ini diterapkan untuk melindungi nomor kartu kredit nasabah agar tidak disalahgunakan oleh orang asing.

VISA menggunakan sistem keamanan berupa PIN OTP saat pengguna melakukan transaksi secara online. Sistem ini diperkuat juga dengan memasukan PIN hanya dalam jendela yang sudah verified oleh VISA.

Untuk sistem keamanan pada Mastercard, proteksi yang diterapkan adalah secure code. Kode tersebut adalah PIN proteksi yang digunakan ketika nasabah hendak melakukan transaksi secara daring atau online. Perlindungan ganda ini, bisa membuat nasabah lebih aman karena tidak khawatir jika kartu akan dibobol.

4. Manfaat

Layaknya sebuah kartu kredit, kedua jenis kartu ini pastinya memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Manfaat yang dirasakan, pastinya tidak akan jauh berbeda karena masih sama-sama berstatus sebagai kartu kredit yang dikeluarkan beberapa bank di dunia.

Untuk manfaat dari kartu VISA, manfaat yang bisa dirasakan akan bergantung pada jenis kartu yang digunakan. Beberapa jenis kartu dari VISA antara lain Signature, Infinite, Classic, dan Gold. Jenis-jenis kartu tersebut memiliki fitur yang berbeda pula dan terbatas yang hanya dimiliki oleh kartu tertentu saja.

Begitu juga sistem yang diterapkan pada Mastercard, mereka membagi manfaat yang bisa dirasakan dalam berbagai tipe kartu. Beberapa jenis kartu yang dimiliki oleh Mastercard antara lain World Elite, Classic, Gold,, dan Platinum. Untuk jenis kartu yang paling eksklusif, bisa ditemukan pada jenis kartu World Elite . Dengan kartu tersebut, bisa dipastikan pengguna bisa memiliki manfaat yang paling maksimal di antara kartu lainnya.

5. Perbedaan Promo

Pengguna kartu kredit, pasti sering mendapati promo-promo menarik yang hanya bisa didapat menggunakan kartu kredit. Ini bisa terjadi akibat adanya kerjasama yang terjadi antara pihak penyelenggara kartu kredit dengan berbagai merchant yang mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit.

Promo yang berlaku, tidak bisa digunakan pada semua jenis kartu kredit tergantung pada syarat dan ketentuan yang berlaku. Terkadang hanya berlaku pada VISA ataupun Mastercard saja. Terkadang juga keduanya bisa digunakan pada jenis promo yang sama.

Untuk mengetahui apa saja promo yang sedang terjadi, pengguna bisa mengeceknya sendiri. Diskon akan diumumkan melalui media sosial merchant terkait, atau pihak bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Dari sisi VISA, mereka biasanya mengadakan promosi dalam bentuk beberapa program menarik yang bisa diikuti oleh pengguna. Pada kartu Mastercard, pengguna akan mendapatkan berbagai kemudahan yang menjadi unggulan dari Mastercard. Kemudahan itu antara lain reservasi hotel bintang tinggi, reservasi penerbangan dan beberapa fitur premium lainnya.

6. Biaya Transaksi

Perbedaan terakhir yang cukup terasa oleh pengguna adalah jumlah biaya transaksi yang diterapkan. Biaya dari satu jenis kartu dengan kartu lainnya itu berbeda, sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh penerbit dari kedua kartu tersebut.

Misalnya saja transaksi saat menggunakan Mastercard adalah 0,2 hingga 1 persen, tergantung pada merchant tempat pengguna bertransaksi. Berbeda dengan VISA yang menerapkan tarif flat untuk semua transaksi di luar negeri yang ditarifkan sebesar 1 persen per transaksi.

Nah itu dia beberapa perbedaan kartu VISA dan Mastercard yang perlu diketahui. Masing-masing jenis kartu memiliki manfaat yang berbeda satu sama lain. Keduanya juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, sebagai pengguna sebaiknya lebih bijak dalam menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button