Perbedaan Paket Internet Unlimited dan Kuota (Volume Based)

Apa sih perbedaan antara paket internet unlimited dan volume based? Bingung mau beli paket internet yang mana? Sebaiknya sesuaikan dengan pemakaian sehingga tidak salah dalam memilih paket internet. Apa sih kelebihan dan kekurangan paket unlimited ketimbang kuota?

Untuk mendapatkan akses internet kini makin mudah dan murah. Internetan bisa lewat HP. Banyak HP dengan harga ratusan ribu bisa digunakan untuk internetan. Banyak provider yang menyediakan layanan internet, seperti Smartfren, Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri. Ada berbagai paket internet ditawarkan. Jika kalian ingin menggunakan HP untuk internetan menggunakan layanan internet tersebut, sebaiknya mendaftar paket internet. Kalau tidak mendaftar, biaya reguler tanpa paket internet sangat mahal. Pulsa puluhan ribu bisa cepat habis.

Sebelum mendaftar paket internet, sebaiknya pilih paket internet yang kira-kira cocok untuk penggunaan kalian. Ada paket internet yang cuma berlaku pada jam-jam tertentu, ada juga yang 24 jam. Berdasarkan penentuan kuota yang diberikan oleh provider, ada dua jenis paket internet, yaitu paket internet unlimited dan paket internet yang berdasarkan hitungan kuota (volume based). Nah, apa sih perbedaannya?

advertisement

Paket Internet Unlimited
Unlimited berarti tidak terbatas, atau bisa juga diartikan tidak dibatasi. Dalam hal ini, paket internet unlimited adalah paket internet yang kuotanya tidak dibatasi. Selama paket tersebut masih aktif, pengguna layanan masih bisa internetan. Sayangnya, meski katanya unlimited, tetapi tidak benar-benar unlimited. Ada yang memberlakukan batas penggunaan wajar, yaitu jika penggunaan internet sudah mencapai batas tertentu, kecepatannya akan diturunkan. Adapun penurunan kecepatan tergantung dari kebijakan provider tersebut.

Misal, provider A menyediakan layanan internet unlimited dengan batas penggunaan wajar sebesar 1 GB per hari, batas kecepatan hingga 10 Mbps, dan kecepatan setelah mencapai batas penggunaan wajar sebesar 256 Kbps. Jika dalam sehari pengguna menggunakan internet sampai 1 GB, berarti batas kecepatannya akan diturunkan menjadi maksimal 256 Kbps saja.

advertisement

Jika ingin membeli paket internet unlimited sebaiknya pilih yang benar-benar unlimited, yang tanpa batas penggunaan wajar, tanpa penurunan batas kecepatan. Atau setidaknya pilih yang batas penggunaan wajarnya besar.

Paket Internet Volume Based
Sesuai dengan namanya, paket internet ini berdasarkan kuota atau volume data yang digunakan oleh pengguna. Jika kuota internet habis, maka pengguna tidak bisa menikmati layanan paket internet tersebut, meski masa berlaku paket belum habis.

Paket internet kuota ada yang berlaku 24 jam, ada yang berlaku pada jam-jam tertentu saja, misalnya tengah malam sampai pagi. Biasanya paket internet yang berlaku pada tengah malam sampai pagi kuotanya besar dan harganya murah. Jika penggunaan internet kalian lebih banyak pada jam-jam tersebut, maka paket internet malam cocok untuk kalian.

Lalu mana yang lebih baik? Sebaiknya pilih sesuai dengan pemakaian. Masing-masing ada kelemahan dan kelebihan. Selain pertimbangan tersebut, pertimbangkan juga sinyal di daerah kalian. Buat apa memilih provider yang menyediakan paket internet unlimited, tapi sinyal provider tersebut di daerah kalian lemah. Jangan gampang tergiur dengan promo paket internet dari provider. Usahakan untuk memahami ketentuannya.

Ada yang menawarkan paket internet dengan kuota besar, tapi dibagi-bagi. Ada yang dibagi dengan kuota Youtube, ada juga dengan aplikasi lainnya.

Demikian pembahasan tentang perbedaan paket internet unlimited dengan paket internet yang berbasis kuota. Jangan gampang tergiur dengan dengan promo paket internet, baca dulu ketentuannya. Buat apa unlimited kalau batas penggunaan wajarnya sedikit. Buat apa kuota besar kalau hanya dipakai pada jam-jam tertentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button