Sabun Perontok Daki di Indomaret / Alfamart

Pernah nggak sih waktu mandi, udah pakai sabun, begitu kulit digosok pakai tangan, eh masih banyak dakinya. Kalau dibiarkan, bisa bikin kulit kusam. Gimana sih cara membersihkannya? Apakah ada sabun perontok daki di Indomaret / Alfamart?

Daki yang menempel di tubuh bisa berasal dari debu yang berterbangan di udara, kemudian menempel ke kulit, bercampur dengan keringat yang dihasilkan tubuh, ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang melekat di kulit.

Menurut penjelasan dr Taneya Putri Zahra lewat situs alodokter.com, cara membersihkan daki secara umum adalah dengan menggunakan sabun dan menggosok secara tepat. Adapun sabun yang digunakan adalah sabun yang bersifat basa, karena yang bikin daki menempel di kulit adalah keringat dan bakteri kulit yang bersifat asam.

advertisement

Kalau bahas asam basa, aku jadi ingat pelajaran kimia waktu SMA. Suatu zat dikatakan asam jika pH-nya di bawah 7, dan dikatakan basa jika pH-nya di atas 7. Sedangkan kalau suatu zat pH-nya 7, berarti netral.

Lalu bagaimana cara mengecek pH suatu zat? Cara mudahnya bisa dengan menggunakan kertas lakmus, yang bisa didapatkan dengan mudah lewat marketplace.

advertisement

Tapi, sebetulnya kalian tak perlu repot-repot mengukur pH sabun demi mendapatkan sabun yang bersifat basa. Pada umumnya, sabun mandi bersifat basa.

Kalau sabun mandi biasa, tentu banyak dijual di Indomaret maupun Alfamart, contohnya sabun Lifebuoy, Nuvo, Giv, dan sabun Dettol.

Sabun wajah juga ada. Tapi, kalau sabun wajah sebaiknya untuk wajah, kalau untuk membersihkan badan, jadi kurang efektif.

Masalahnya adalah, sudah pakai sabun mandi, tapi begitu digosok pakai tangan, masih banyak daki. Memang banyak sedikitnya daki tergantung dari lingkungan dan juga aktivitas seseorang. Kalau orang yang beraktivitas di luar ruangan, sangat berpotensi terkena banyak debu, bercampur dengan keringat, jadilah daki.

Tapi, kalau orang yang aktivitasnya di dalam ruangan, apalagi di ruangan ber-AC, atau dalam kondisi cuaca dingin, dakinya tidak banyak.

Nah, kalau tau dakinya banyak, untuk membersihkannya juga perlu waktu ekstra. Kalau banyak daki, tapi mandinya cepat, apalagi pakai sabunnya asal-asalan, gimana mau bersih?

Bila perlu gunakan scrub
Jika menggunakan sabun mandi dirasa kurang optimal untuk membersihkan daki, kalian bisa gunakan scrub untuk luluran setelah mandi. Ada banyak merk scrub dan lulur yang beredar di pasaran. Scrub dan lulur itu beda, tekstur scrub lebih halus ketimbang lulur. Baik lulur maupun scrub bisa dibeli di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Beberapa contoh merk lulur yang terkenal diantaranya adalah lulur Herborist, Purbasari Lulur Mandi, Sari Ayu Body Scrub, dan Marina Body Scrub. Kalau mau pakai scrub yang dijual lewat online juga silakan, tapi sebaiknya pilih yang sudah terdaftar di BPOM.

Penggunaan scrub tidak setiap hari, cukup 2-3 kali seminggu. Penggunaan scrub untuk kulit badan, bukan untuk kulit wajah. Kalau untuk wajah, bisa menggunakan masker.

Demikian pembahasan tentang sabun perontok daki yang dijual di Indomaret / Alfamart. Jadi, sebenarnya sabun mandi biasa saja sudah cukup untuk membersihkan daki. Sedangkan untuk perawatan kulit ekstra, kalian bisa menggunakan scrub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button