Sering Diabaikan! Ini Dia 10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Selain mampu memberikan kelezatan bagi masakan, ada banyak manfaat serai untuk kesehatan. Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bahkan terkesan mengabaikan.

Manfaat serai yang bagus itu bisa Kamu dapatkan dengan mencampurkannya pada makanan atau mengkonsumsinya dalam bentuk rebusan air.

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Penasaran apa saja manfaat serai untuk tubuh? Berikut ulasannya.

advertisement

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat serai untuk penderita diabetes telah banyak dipercaya. Pasalnya serai mampu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi serai misalnya melalui rendaman air yang dapat Kamu minum langsung. Siapkan gelas kecil lalu rendam serai dan minum air rendaman tersebut.

advertisement

Kandungan serai dapat mengontrol gula darah agar tetap seimbang. Tapi pastikan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu berlebih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan agar manfaatnya bisa Kamu rasakan dengan optimal.

2. Mengatasi Batuk dan Flu

Kamu pasti sering dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman hangat saat flu atau batuk. Jika secangkir teh adalah pilihan Kamu, menambahkan rendaman serai juga bisa menjadi pilihan tepat.

Seari memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Bahkan bagi Kamu yang direpotkan masalah dahak juga bisa diredakan dengan rendaman serai.

Pastikan untuk menambahkan serai sebagai obat flu dan batuk alami yang wajib Kamu coba.

3. Mengatasi Nyeri Datang Bulan

Apa Kamu termasuk yang sering kram ketika haid? Pasti rasanya sangat tidak nyaman. Belum lagi kalau dituntut melakukan banyak aktivitas di awal datang bulan.

Daripada sering mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang, coba cara alami yang lebih aman dengan serai. Pasalnya kandungan serai mampu mengatasi nyeri datang bulan. Dijamin perut Kamu akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Selain mengurangi rasa sakit haid, serai juga ampuh bagi Kamu yang sering mengeluh haid tidak lancar.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Kalau orang tua Kamu sering mengeluh nyeri sendi atau rematik, coba sarankan beliau untuk mengkonsumsi serai. Kandungan minyak atsiri serai dipercaya dapat meredakan nyeri sendi.

Dengan mengkonsumsinya dalam porsi tepat, penyakit rematik dapat teratasi dengan alami. Jadi tidak perlu beli obat mahal kan?

5. Menurunkan Berat Badan

Lagi program diet? Ternyata kandungan serai bagus untuk membantu penurunan berat badan lho. Caranya dengan mengkonsumsi rendaman serai dicampur perasan jeruk nipis.

Keduanya bekerja aktif untuk mengatasi nafsu makan Kamu sehingga lebih terkontrol. Kamu bisa menjadikan perasan jeruk nipis dan serai sebagai minuman diet alami agar berat badan cepat turun.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Bukan hanya berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, serai ampuh untuk meningkatkan sistem imun. Apalagi bagi Kamu yang sering sakit-sakitan.

Menerapkan pola hidup sehat memang penting. Salah satunya dengan tetap menjaga asupan gizi sambil tetap berolahraga dan mengontrol stress. Tapi jangan lupa menerapkan ramuan alami seperti serai ke dalam daftar minuman sehat Kamu ya.

Pasalnya serai mengandung vitamin C yang bagus untuk peningkatan sistem imun. Hal yang tak kalah penting lagi adalah kandungan antioksidan di dalam serai. Manfaatnya sangat bagus untuk mengatasi adanya racun yang berbahaya bagi tubuh.

7. Meredakan Nyeri

Selain bisa meredakan nyeri haid, serai juga mampu meredakan nyeri gigi. Sangat bagus untuk dikonsumsi bila Kamu sering mengalami sakit gigi.

Cara pembuatannya masih sama, yaitu dengan mengkonsumsi rendaman serai ketika gigi Kamu terasa nyeri. Pasalnya serai mampu meredakan nyeri gigi lantaran sifatnya yang analgesik.

8. Menjaga Kepadatan Tulang

Serai bagus untuk tulang karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi serai, Kamu bisa terhindar dari patah tulang atau risiko osteoporosis.

Jadi jangan hanya berolahraga saja tanpa memperhatikan asupan gizi yang tepat. Serai bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menjaga kepadatan tulang Kamu. Tapi ingat, tetap mengkonsumsinya sesuai kebutuhan saja alias tidak berlebihan.

9. Melawan Sel Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang sering ditakuti. Untuk mencegah terkena kanker, Kamu harus menerapkan gaya hidup yang benar-benar sehat.

Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang Kamu konsumsi.  Nah, ternyata serai juga bagus untuk mengurangi risiko kanker. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi rebusan serai sebagai salah satu minuman sehat alami.

10. Mampu Menyehatkan Kulit

Siapa sih yang tidak ingin punya kulit cerah dan sehat? Bahkan banyak yang rela mengeluarkan kocek jutaan rupiah demi mendapatkan kulit cerah.

Ternyata selain menjaga kesehatan tubuh, serai juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Beberapa manfaat serai untuk kesehatan kulit antara lain mengatasi pori-pori, mencerahkan kulit, serta mengatasi adanya infeksi jamur kulit.

Banyak sekali ya manfaat serai untuk tubuh. Apalagi cara pengolahannya sebagai ramuan alami juga sangat praktis.

Kalau Kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, coba konsumsi serai dan buktikan sendiri khasiatnya. Tapi jangan mengharapkan hasil yang instan, pasalnya serai merupakan bahan alami.

Semoga pembahasan mengenai manfaat serai untuk kesehatan di atas bermanfaat ya untuk Kamu dan juga keluarga. Selamat mencoba.

sumber gambar : google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button