Status Paket JNE Delivered (Terkirim) tapi Barang Belum Diterima

Pernahkah kalian mengecek nomor resi JNE pesanan barang kalian statusnya delivered (terkirim) tapi merasa belum menerima paket? Bukan cuma kalian. Banyak yang mengalami hal seperti ini. Memang ini membingungkan, apalagi nama yang tertera sebagai penerima paket adalah orang yang tidak dikenal. Apa barang nyasar atau gimana? Mau komplain juga ke mana?

Paket yang dikirimkan lewat JNE ada tanda bukti berupa resi pengiriman. Di kertas resi terdapat informasi-informasi seputar kiriman, seperti pengirim, penerima, termasuk nomor resi pengiriman. Jika kalian membeli barang lewat online, usahakan untuk meminta nomor resi sebagai bukti pengiriman. Nomor resi tersebut bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket, sudah sampai mana paket itu berada.

Jika nomor resi benar, maka setelah dicek akan muncul informasi terkait paket tersebut, seperti pengirim dan penerima. Jika tidak muncul, ada kemungkinan nomor resi salah atau web yang digunakan untuk mengecek sedang error.

advertisement

Untuk mengecek nomor resi JNE, kalian bisa melakukannya di web resmi JNE (www. jne.co.id) atau web lainnya yang menyediakan layanan cek resi. Melalui web tersebut, kalian bisa memantau sampai di mana paket kalian. Jika paket sudah dekat dengan daerah kalian, seharusnya tidak lama lagi paket akan diantarkan.

Setelah barang sampai, jika nomor resi paket tersebut dicek, maka stausnya DELIVERED, beserta nama penerima paket. Nah, masalahnya adalah bagaimana kalau status paket sudah terkirim (delivered), tapi paket belum diterima, dan nama penerima paket tidak dikenal. Apakah barang salah terkirim ke orang lain, atau gimana?

advertisement

Jika kalian mengalami hal sepeti ini, kalian bisa datangi JNE terdekat untuk menanyakan paket kalian. Datangi JNE terdekat lalu sampaikan maksud kalian. Petugas JNE biasanya meminta nomor resi pengiriman. Untuk itu, sebelum datang ke JNE, siapkan dulu nomor resi pengiimannya.

Pengecekan di web resmi JNE (www. jne.co.id) dengan di web admin JNE berbeda. Kalau di web admin JNE bisa diketahui siapa kurir yang mengurusi paket tersebut. Kalau sudah tahu siapa kurir yang mengurusi paket kalian, kalian bisa minta nomor HP kurir tersebut ke petugas JNE untuk bertanya lebih lanjut tentang paket kalian.

Barang yang tidak sampai ke penerima ada kemungkinan dikembalikan ke pengirim. Namun, jika status paketnya sudah DELIVERED, seharusnya paket tidak dikembalikan, tinggal diambil.

Jika status paket sudah terkirim, sedangkan kalian merasa belum menerima paket, ada kemungkinan paket nyasar ke orang lain, atau paket dititipkan ke JNE terdekat, tapi kurir bikin laporan kalau paket tersebut terkirim.

Lalu bagaimana kalau status paket terkirim, nama penerimanya sesuai dengan nama kalian sebagai penerima paket, tapi kalian merasa belum menerima paket? Mengenai status terkirim, ini tergantung kurir JNE, kalau kurir tersebut bikin laporan terkirim, maka status paket bisa berubah jadi terkirim, entah barang benar-benar dikirimkan atau belum.

Bisa jadi ada paket yang belum sempat dikirimkan kurir, tetapi kurir bikin laporan paket tersebut terkirim, kemudian paket baru diantakan keesokan harinya.

Nah, jika kalian mengecek nomor resi paket kalian statusnya delivered tapi barang belum diterima, ada beberapa kemungkinan.

1. Paket dititipkan di JNE terdekat
Jika ini yang terjadi, kalian tinggal datang ke JNE terdekat untuk mengambil barang. Beritahukan nomor resi pengiriman kepada petugas JNE. Usahakan untuk membawa kartu identitas (KTP) untuk berjaga-jaga siapa tahu diperlukan.

2. Paket nyasar ke orang lain
Hubungi ke JNE terdekat, minta pihak JNE mengurusi paket tersebut. Kalau alamat penerima paket sesuai dengan alamat kalian, tapi paket nyasar ke orang lain, itu adalah kesalahan pihak JNE.

Namun, kalian merasa kenal dengan nama penerima paket, coba tanya baik-baik ke orang tersebut. Coba tanya juga ke orang rumah atau tetangga apakah ada kurir JNE datang ke rumah kalian atau tidak.

3. Paket masih ada di kurir
Kurir membuat laporan kalau paket tersebut sudah terkirim, tapi belum sempat dikirimkan, dan baru dikirimkan keesokan harinya. Kalau ini yang terjadi, besabarlah menunggu hari berikutnya. Jika barang belum sampai juga, silakan hubungi JNE terdekat.

Untuk permasalahan terkait paket kiriman JNE, kalian bisa datang ke JNE terdekat, atau menghubungi JNE melalui telepon. Tapi, kalau ada JNE yang dekat dengan daerah kalian, sebaiknya datang saja ke JNE tersebut, biar petugas JNE di situ yang mengurus, ketimbang telepon buang-buang pulsa belum tentu mendapat kejelasan.

Bagaimana? Apakah sudah cukup menjawab kenapa status paket JNE delivered tapi barang belum diterima? Jika ada yang kurang jelas, atau ada pertanyaan seputar paket kiriman JNE, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

25 Comments

  1. Paketan saya katanya udah diterima tgl 1 Agustus Tp sampei Sekarang saya blum menerima paketan saya, terima kasih

      1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…. Pihak JNE tolong donk di tegur karyawannya, status sudah di terima tapi sampai sekarang paket tersebut belum di terima, bekerjalah lebih jujur agar berkah untuk anak istri dan pribadi.

  2. Saya membeli salah satu produk melalui online dan dikirim melului JNE, setelah 2 hari, kata pihak JNE barang saya ilegal, dan pihak JNEminta uang sama saya untuk mengurus barang saya tersebut,
    apakah bisa dibenarkan?
    mohon komfirmasinya.

    1. Yang nelpon orang JNE? Coba kontak JNE terdekat. Ini bisa jadi modus penipuan tempat anda membeli barang tapi membawa2 nama JNE. Karena setau saya JNE tidak pernah meminta uang “tebusan”. Jika barang ilegal dari awal sblm dikirim pasti sudah ditolak pihak JNE.

  3. Dalam laporan paket sudah berada di tempat tetapi pada penerima belum menerima barang nya.. Bagaimna.. Pengiriman tgl 22 okto 2020 laporan terkirim 23 okt 2020 tetapi sampai skarang penerima blm menerima.. Bagaimana!!!!!!

  4. Paketan saya sudah delivered tgl 30 oktober tp nyata nya saya blm terima…tolong dong kurir nya yg amanah..klo mau antar sebaiknya tlp dl sm pelanggan..biar gak salah orang lbh baik kurir minta bukti no resi buat di cocok kan kembali..trs foto orang yg trima paket nya…

    1. betul, parah banget loh… saya juga begitu padahal itu isinya obat teman yang mana dia g boleh stop minum obat ,,, dan mau beli itu mahal bangetttt susah pula nyarinya. kecewa banget dah sama JNE

  5. Tolong dong paket saya sdh dikirim dari tgl 3 november..sampe hari ini masih transit aja di jkt
    Resi : 8826412014392734

  6. Emang bener2 dah penyakit JNE ini. Status sudah diterima tapi aku blm Nerima paketnya. Sdah nelpon dan kirim pesan wa tapi tidak ada respon lagi. Kesel dan lain kali pakek yg lain saja.

  7. aduh barang statusnya sudah tetkirimm tapi nyatanya belum dikirim , yg nerima katanya gua lagi, kudu misuhhh ngenikii cuk

  8. Waah parah jg nih JNE,,
    ….. Saya beli barang via marketplace ijo, pakai JNE trucking—
    4/6/2022 sya cek status paket via call ke sub agen JNE daerah saya,, karena saya lihat di tracking paket sdh berada di ware house sub agen JNE, ga lama habis nelpon saya samperin ke ware house sub agen JNE maksudnya paket mau diambil ah biar cepet, sesampainya di sana kata customer service paket udh dibawa kurir dan sya cek di sistem tracking paket sdh di pick kurir….
    singkatnya sore jam 17:20 sya cek lagi sistem tracking tertulis paket sdh tiba dan diterima. sya pulang habis magrib dan langsung menanyakan ke org yg di rumah “apakah ada paket datang?”
    kata org rumah –tadi ada kurir datang tapi kata kurir JNE katanya barangnya ga ke taruh di mobil dan masih di gudang–saya pun pastikan telpon ke kurir, sama jawabannya barang ketinggalan di gudang katanya…
    Masalahnya, kalau barang ga ada /ga kebawa kenapa kurir harus bikin status delivered..
    klo si kurir bilang besok diantaranya ya ga usah bikin delivered distatusnya klo barang ga dibawa…kan bisa dianggap dzolim itu..
    kepada teman² kurir, jangan sesekali buat laporan delivered klo belum ngasih barang ke penerima meskipun sebelumnya nelpon penerima, jangan anggap sepele kasus kya gini,,sebenarnya itu sudah melanggar hukum dan kode etik.
    Bawa barang, serahkan ke penerima sesuai di alamat, jangan salah kirim…kalo udh benar dan jelas baru dah buat laporan delivered.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button