Jangan Salah! Ini Urutan Night Skincare Routine untuk Remaja

Menjelang tidur di malam hari, night skincare routine jadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi bagi remaja yang selama seharian wajahnya tertutup makeup dan terpapar udara kotor. 

Namun skincare routine di malam hari khususnya bagi remaja ternyata harus dilakukan secara runtut. Tanpa mengacu pada urutan tersebut, mungkin saja perawatan malam kamu akan jadi sia-sia. Mengapa urutan penting?

Urutan Ideal untuk Night Skincare Routine

Night skincare routine untuk remaja perlu dilakukan berurutan agar kulit menerima manfaat penuh dari setiap produk. 

advertisement

Night Skincare Routine

Simak bagaimana urutan skincare malam untuk remaja yang ideal berikut ini.

advertisement

1. Double cleansing untuk pengangkatan kulit mati

Cleanser berfungsi untuk menghapus makeup, minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Supaya bersih maksimal, maka lakukan langkah ini sebanyak dua kali. 

Pertama gunakan cleanser berbasis minyak untuk menghilangkan bekas makeup. Setelah itu baru aplikasikan cleanser berbasis air. Penting untuk menjalani dua tahapan tersebut karena selalu ada sisa-sisa kotoran setelah pembersihan yang pertama.

2. Toner sebelum mengaplikasikan produk skincare

Toner adalah cairan penyegar yang memanjakan kulit. Fungsinya adalah melapisi wajah supaya produk skincare dapat terserap dengan baik bagi kulit. 

Beberapa orang berpikir toner tidaklah terlalu penting. Namun tahukah kamu bahwa toner sebenarnya bermanfaat untuk menyeimbangkan pH dan kelembaban kulit? Toner adalah night skincare routine untuk kulit berminyak yang wajib.

3. Serum untuk menutrisi kulit

Mana yang lebih baik antara serum dan krim malam? Faktanya, serum memang memberikan dampak lebih signifikan berkali-kali lipat. Tetapi bukan berarti krim malam tidak penting ya.

Pada dasarnya serum adalah suntikan nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Akan tetapi pemilihan serum sangat krusial karena setiap jenis kulit punya kebutuhan berbeda-beda. 

Ketahui tujuannya, apakah untuk menghaluskan, melembabkan dan lain-lain.

4. Perawatan area mata

Sebelum ke langkah terakhir kamu perlu mengaplikasikan krim mata terlebih dahulu. Selain mencegah timbulnya kerutan, krim mata juga dapat menghilangkan lingkaran hitam. 

Seperti diketahui, area mata memiliki kulit yang lebih tipis, jadi memang perlu selalu dirawat. Krim mata juga harus dioleskan sebelum krim wajah untuk melindungi area mata dari iritasi.

5. Pelembab dan krim wajah khusus malam

Pelembab serta krim wajah harus diaplikasikan terakhir kali karena lebih tebal dan berat. Penyerapan yang maksimal butuh waktu hingga beberapa jam dan tentu itu terjadi ketika kamu tidur.

Di satu sisi, pelembab untuk night routine berbeda dengan day routine. Apapun jenis kulit kamu, tetap gunakan pelembab karena inilah yang akan menjadi pelindung kulit wajah kamu.

Opsional: Eksfoliasi dan Masker

Krim eksfoliasi biasanya berupa scrub atau punya butiran-butiran kasar. Ini berguna untuk pembersihan lebih mendalam di pori-pori. Tetapi tidak disarankan melakukannya setiap hari karena bisa menyebabkan iritasi. 

Sementara masker bisa menambah asupan nutrisi untuk kulit, tetapi juga tidak perlu dilakukan setiap hari. kamu bisa memakai masker seminggu sekali sesuai dengan jenis kulit.

Urutan eksfoliasi adalah sebelum pembersihan pertama, sedangkan masker setelah pembersihan pertama.

Kesalahan Saat Night Skincare Routine

Kelelahan di malam hari terkadang membuat kamu tidak lagi fokus melakukan night skincare routine. Walaupun urutannya sudah benar, bisa saja ada kesalahan lain yang membuat hasilnya jadi kurang maksimal, seperti:

  • lupa hapus makeup, 
  • menggunakan pelembab siang,
  • tidak mengikat rambut,
  • tidak memijat wajah saat menggunakan serum,
  • eksfoliasi yang berlebihan.

Mulai sekarang hindari kesalahan-kesalahan di atas ya.

Kesimpulan

Apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang bagaimana cara melakukan perawatan malam?

Satu hal lagi yang sebenarnya tak kalah penting dari urutan adalah waktu. Kamu dianjurkan menunggu penyerapan produk skincare dan tidak terburu-buru mengaplikasikan yang lainnya. Dengan begitu urutan night skincare routine akan jadi sangat ideal untuk kamu. Pastikan pula memilih produk-produk terbaik dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

Sumber : https://unsplash.com/photos/LL1vA5sUs6g

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button