Yuk, Ikuti 7 Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini agar Hemat!

Bagaimana cara mengatur keuangan agar hemat? Setiap orang pastinya ingin hidup hemat dan tidak boros agar penghasilan bulanan yang didapatkan bisa disisihkan untuk tabungan masa depan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui caranya. Nah, bagi yang ingin hidup hemat sebaiknya ikuti cara berikut ini:

1. Buat Anggaran Keuangan

Cara mengatur keuangan yang pertama yaitu dengan membuat anggaran keuangan. Cara ini sebetulnya sangat mudah tetapi seringkali disepelekan oleh banyak orang. Anggaran keuangan dibutuhkan untuk memberikan rujukan atau acuan dalam pengeluaran.

Selain itu, dengan adanya anggaran keuangan juga dapat mencegah seseorang untuk tidak bersifat konsumtif dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Sebaiknya buatlah anggaran keuangan secara berkala setiap bulannya.

advertisement

Dalam anggaran keuangan bisa dituliskan apa saja yang dibutuhkan dan menjadi prioritas sehingga harus dibeli dalam waktu dekat. Kemudian, kelompokan pengeluaran tersebut dan tuliskan dalam anggaran. Misalnya, berapa biaya untuk membeli sembako dan apa saja yang wajib dibeli, lalu biaya untuk membayar cicilan dan lain-lain.

2. Rutin Menabung

Cara mengatur keuangan yang kedua yaitu dengan rutin menabung. Banyak orang yang merasa sulit menabung karena menganggap penghasilan bulanannya tidaklah besar.

advertisement

Padahal menabung bukanlah soal seberapa banyak nominal yang bisa disisihkan, tetapi bagaimana uang dari penghasilan bisa ditabungkan secara rutin dan konsisten. Setiap orang tentunya ingin memiliki kehidupan layak dan sejahtera di masa depan.

Nah, dengan menabung bisa membangun masa depan yang terjamin karena finansial tercukupi. Memiliki tabungan sangat bermanfaat untuk kehidupan masa depan baik itu untuk keperluan yang sudah terencana maupun tidak.

Jadi, ketika ada kesulitan di masa depan tidak perlu khawatir untuk mencari dana. Tabungan bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendesak dan mencegah seseorang mengalami kesulitan finansial.

3. Jangan Berhutang

Jika ingin hemat sebaiknya jangan sampai berhutang. Saat ini memang berhutang menjadi lebih mudah karena ada banyak pinjaman online yang bersedia memberikan dana dalam waktu cepat dan dengan syarat yang mudah.

Namun, sebaiknya hindari berhutang karena hal ini bisa menyebabkan seseorang ketagihan sehingga pengelolaan keuangan bisa menjadi hancur. Pada umumnya orang yang berhutang merupakan orang orang-orang yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Jika memang merasa tidak mampu untuk membayar atau membeli sesuatu sebaiknya jangan paksakan dengan berhutang. Lebih baik menunda pembayaran atau pembelian tersebut daripada berhutang.

4. Buat Catatan Keuangan

Catatan keuangan yang dimaksud di sini berbeda dengan anggaran keuangan yang sudah dijelaskan di atas. Anggaran keuangan adalah rencana pengeluaran yang harus didata di awal bulan untuk menghindari pemborosan. Sedangkan catatan keuangan adalah sebaliknya, yaitu catatan yang berisi pengeluaran uang secara real time.

Catatan keuangan menjelaskan bagaimana anggaran keuangan direalisasikan. Jika ada anggaran yang tidak terealisasikan atau terdapat tambahan pengeluaran yang tidak direncanakan maka jelaskanlah alasannya.

Catatan keuangan tentunya sangat membantu untuk evaluasi terhadap pengelolaan keuangan. Sehingga anggaran keuangan yang akan dibuat selanjutnya bisa menjadi lebih baik lagi.

5. Kurangi Makan di Luar

Makan di kafe dan restoran mungkin sudah menjadi gaya hidup kekinian. Padahal, tanpa disadari sering makan diluar merupakan gaya hidup yang konsumtif dan bisa menjadi pemborosan. Untuk memulai hidup yang lebih hemat dan agar pengelolaan keuangan menjadi lebih baik sebaiknya hindari makan di luar.

Jika hal ini memang sulit untuk dihindari maka kurangi saja frekuensi makan di kafe dan restoran. Bila dibandingkan dengan makan di rumah tentunya harga makanan di luar jauh lebih mahal.

Untuk menghindari makan di luar sebaiknya membawa bekal ketika bekerja. Jika ingin bertemu dengan klien sebaiknya ajaklah bertemu di kantor saja supaya tidak boros.

6. Cari Pekerjaan Sampingan

Salah satu cara mengatur keuangan yang wajib dicoba yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan. Hal ini tentunya akan memberikan penghasilan tambahan diluar dari penghasilan tetap atau gaji. Nah, bagi yang sering mengeluh karena gajinya tidak cukup untuk membiayai kebutuhan bulanan bisa diatasi dengan mencari pekerjaan sampingan.

Setelah mendapatkan penghasilan tambahan sangat mungkin pengelolaan keuangan menjadi lebih baik dan mencegah seseorang agar tidak berhutang. Selain itu, penghasilan tambahan juga dapat dimanfaatkan untuk tabungan masa depan.

7. Mulai Berinvestasi

Selain menabung, mengelola keuangan juga bisa dilakukan dengan berinvestasi. Apalagi, bagi yang merasa memiliki penghasilan yang cukup dan ingin mengembangkan dana menjadi keuntungan. Berbeda dengan menabung, uang yang diinvestasikan bisa bertambah dengan sendirinya jika instrumen yang dipilih memang memiliki prospek yang bagus.

Itulah 6 cara mengatur keuangan agar hemat. Di masa pandemi mengatur keuangan memang sangat perlu karena kondisi ekonomi dunia yang sedang tidak stabil bisa memberikan dampak buruk bagi siapa pun. Oleh karena itu, mari ikuti cara mengatur keuangan dengan baik dari sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button