5 Tips Kerja Sehat dan Anti Jenuh Di Masa Pandemi

Tips kerja sehat. Pandemi sudah menyerang bumi kurang lebih satu setengah tahun. Sebagian dari kita mungkin sudah mulai menjalankan aktivitas dengan sistem new normal dan menerapkan protokol kesehatan di manapun kita berada. Hal ini tentu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk kita yang saat ini sedang bekerja, bekerja di masa pandemi tentu berbeda dengan sebelumnya. Kamu bisa juga mencari lowongan kerja yang sesuai di masa ini yang mengutamakan keamanan dan kesehatan.

Beban kerja yang tidak berkurang di tengah keadaan baru ini ternyata bisa memicu rasa jenuh dan bosan. Pasalnya, sebelum pandemi, kita bisa pergi berlibur dengan nyaman manakala jenuh bekerja. Saat ini tentu tidak lagi bisa sembarangan.Tingkat kekhawatiran tentang kesehatan sebab terlalu sering melakukan perjalanan ke tempat kerja, membuat kita harus lebih waspada.

Lalu bagaimana menyikapi hal tersebut? Di bawah ini terdapat beberapa ulasan mengenai tips bekerja sehat dan tanpa jenuh di masa pandemi. Yuk kita simak ulasannya.

advertisement

Tips Kerja Sehat dan Anti Jenuh Di Masa Pandemi

1. Kerja Sehat Dengan Rutin Berolahraga

Saat ini, di tengah kegiatan yang padat juga virus yang masih ada di mana-mana, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Salah satunya tentu dengan olahraga. Meskipun saat ini sarana olahraga umum dibatasi, kita tidak bisa menjadikannya sebagai alasan untuk tidak berolahraga. 

advertisement

Saat ini ada banyak aplikasi hingga video yang disediakan untuk membantu kita dalam berolahraga meski hanya dari rumah. Kita bisa melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan sederhana. Selain itu, jika kita ingin berolahraga di luar rumah, kita bisa melakukan jogging atau bersepeda namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jadi, meski pembatasan sedang terjadi di segala sektor,  usahakan untuk tetap berolahraga dan aktif bergerak ya!

2. Melakukan Hobi

Di tengah pekerjaan yang begitu banyak, untuk menghilangkan kejenuhan ada baiknya kita kita melakukan hobi yang disuka. Kita bisa mengisi hari-hari di rumah sepulang kerja dengan meluangkan waktu beberapa jam sambil melakukan apa yang menjadi hobi kita.

Memainkan alat musik, karaoke, membaca buku, ataupun membuat kue ternyata bisa membantu menghilangkan rasa bosan, lho. Selain menghilangkan rasa bosan, hobi juga bisa membantu kita tetap bersemangat meski di tengah aktivitas padat.

3. Bersosialisai Meski Secara Virtual

Tips lain untuk membuat kita keluar dari rasa jenuh akibat padatnya deadline kerja adalah meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman ataupun keluarga. Kita memang perlu menjaga jarak di era normal baru ini, tetapi itu bukan berarti kita tidak bisa “nongkrong” dan “berkumpul” bersama teman-teman.

Kita tetap bisa melakukannya, kok. Kita bisa memanfaatkan aplikasi Zoom, Skype, atau Google Hangout lalu melakukan kegiatan bersama-sama dengan teman ataupun keluarga secara live. Mulai dari makan siang bersama secara online, ngopi bersama di beranda rumah masing-masing, atau bersenda gurau sambil berjemur pagi. Melakukan kegiatan bersama orang-orang tersayang, dapat mengurangi rasa jenuh sebab rutinitas sehari-hari.

4. Memelihara Pikiran Positif

Untuk tetap bisa sehat secara fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental. Di tengah riuhnya berita yang beredar tentang pandemi saat ini, pikiran kita tentu dipenuhi oleh berbagai macam hal. Belum lagi soal pekerjaan yang sudah dikejar deadline. Hal-hal seperti itu tentu bisa memengaruhi kesehatan jika kita tidak mampu mengelolanya dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap memiliki pikiran yang positif. Kita bisa mengisi mengisi waktu dengan jalan-jalan virtual ke beberapa tempat wisata nasional maupun internasional di saat pikiran kita mulai cemas. Kita juga bisa mengikuti kursus online melalui webinar, conference call, atau platform kursus online lainnya. Hal-hal tersebut selain menjaga pikiran kita tetap sehat, juga bisa menambah pengetahuan bagi kita meski keadaan sedang terbatas.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik selain berolahraga adalah mengonsumsi makanan sehat. Di masa pandemi seperti saat ini, seharusnya kita memang lebih selektif terhadap asupan yang masuk ke tubuh kita. Kita harus memastikan tingkat kebersihan makanannya, tingkat keseimbangan gizi yang terkandung dan lain sebagainya.

Penting bagi kita untuk mengonsumsi sayur dan buah secara rutin. Jangan lupa juga untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh kita dengan memperbanyak minum air putih. Sebagai tambahan, mungkin kita bisa menambahkan vitamin ke daftar konsumsi kita. Dengan tubuh yang sehat, menjalani hari dan mengerjakan pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan.

Nah, itulah tadi 5 tips kerja sehat dan anti jenuh di masa pandemi. Semoga dengan membaca tips di atas, teman-teman jadi punya referensi untuk menghilangkan rasa jenuh akibat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button