Efek samping cream farma WDC aman / berbahaya?

Adakah efek samping cream farma WDC? Apakah cream ini berbahaya atau aman digunakan untuk wajah? Apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum?

Ada cream yang diklaim buatan farmasi, racikan apoteker, bahkan racikan dokter, tapi dijual bebas di pasaran. Padahal kalau cream racikan itu disesuaikan dengan kondisi pasien, tidak disembarangkan diberikan ke orang, apalagi dijual secara bebas. Kalaupun berupa cream racikan, peraciknya juga harus jelas, bukan dikemas dengan wadah polosan cuma dikasih keterangan jenis cream.

Nah, cream farma WDC ini katanya racikan farmasi, tapi entah farmasi mana, tidak disebutkan.  Produsennya tidak jelas, komposisinya tidak jelas, belum lagi tanggal expired-nya. Nomor BPOM-nya juga tidak ada. Lalu kalau penjualnya yang klaim kalau itu cream dari farmasi, cream racikan apoteker, harus percaya gitu?

advertisement

Dari segi kemasan, cream farma WDC ini memenuhi kriteria untuk disebut sebagai cream abal-abal. Adapun untuk mengetahui secara akurat apakah cream farma WDC mengandung hidrokinon dan merkuri, maka perlu test lab.

Kalaupun nih, seandainya cream farma WDC ini aman digunakan, benar-benar diracik oleh orang yang sesuai bidangnya, tetap saja ini termasuk cream tidak jelas. Tidak jelas kandungannya apa, tidak terdaftar di BPOM, cara pakainya juga tidak dicantumkan di kemasan. Itu kalau memang cream tersebut benar-benar diracik oleh yang ahli, bagaimana kalau bukan oleh ahlinya?

advertisement

Sedangkan klaim kalau cream farma WDC diracik oleh farmasi maka perlu dibuktikan. Farmasi mana yang memproduksi cream WDC? Ini harus jelas.

Lagipula cream yang dipromosikan sebagai cream farma WDC, di kemasannya tidak terdapat merk. Merk suatu produk sangatlah mungkin. Bagaimana bisa di kemasan tidak dicantumkan merknya? Kalaupun cream farma WDC itu benar-benar ada produsen resminya, lalu apa jaminannya cream-cream yang dipromosikan sebagai cream farma WDC itu benar-benar cream yang asli, bukan oplosan atau abal-abal?

Efek samping cream farma WDC apakah berbahaya?
Untuk membahas efek samping suatu skincare, maka kita perlu tahu apa kandunan bahan yang terdapat dalam cream tersebut. Nah, kalau komposisinya tidak jelas, maka bagaimana mau bahas efek sampingnya?

Ada salah satu cream farma WDC yang disebut cream SPC entah itu yang 5% maupun 10%.

Menurut dokter dr. Danny di situs alodokter.com, cream SPC 0.1 biasanya digunakan untuk mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam, dan menghilangkan bercak hitam. Namun, tak semua kondisi wajah cocok dengan krim ini.

Dari hasil penelusuran yang aku lakukan, cream SPC itu mengandung HTD, singkatan dari hydroquinone, tretinoin, dan dexamethasone. Dari kandungan bahan ini, jelas kalau cream SPC tidak bisa dijual bebas di pasaran, dan bukan tergolong skincare, melainkan obat.

Peraturan BPOM jelas bahwa skincare tidak boleh mengandung hidrokinon. Pemakaian cream yang mengandung hidrokinon harus dalam pengawasan ahli, dan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang, apalagi kalau penggunaannya sembarangan.

Tretinoin biasanya diresepkan oleh dokter sebagai obat jerawat. Sedangan dexamethasone termasuk jenis obat golongan steroid.

Dengan kandungan bahan seperti itu, sangat mungkin kalau setelah penggunaan timbul efek wajah memerah, pengelupasan, peradangan, jerawatan, perih, iritasi, dan kulit jadi lebih sensitif.

Kalaupun cream farma WDC benar-benar racikan farmasi, racikan apoteker, ataupun racikan dokter, maka harus jelas siapa peraciknya, diracik di klinik mana. Dan penggunaannya juga tidak boleh sembarangan, harus dalam pengawasan.

Sedangkan kalau membeli cream farma WDC secara online, asal beli, tidak konsultasi, nah ini yang repot. Harus konsultasi dulu. Pertanyaannya, konsultasinya ke siapa? Lha ini cream tidak jelas buatan mana.

Tapi kalau kalian penasaran mau pakai cream ini, silakan, risiko ditanggung masing-masing. Wajah kalian, hak kalian. Mau pakai cream berbahaya atau aman, risiko ditanggung masing-masing.

Kalau pakai cream racikan dokter, kalau ada apa-apa bisa konsultasi ke dokternya. Nah, kalau pakai cream racikan secara sembarangan, kalau ada apa-apa, mau komplain ke siapa? Ke penjualnya? Bagi kalian yang sudah pakai cream farma WDC kemudian timbul efek samping yang dirasa tidak mengenakan, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit atau ke dermatologist supaya lebih jelas, dan dokter bisa memberikan produk yang cocok untuk perawatan permasalahan kulit tersebut.

Jangan sampai keinginan untuk punya kulit wajah putih malah mengorbankan wajah dengan menggunakan cream yang tidak aman untuk wajah. Jangan mudah tergoda dengan hasil cepat, tapi pikirkan juga efek jangkan panjangnya. Meskipun hasilnya cepat, tapi kalau efeknya malah berbahaya untuk kulit, maka sebaiknya hindari.

Aku buka salah satu video di Youtube yang bahas cream farma WDC, banyak banget komentar negatif tentang produk ini. Ada yang mengalami perih setelah memakai cream malamnya. Ada yang setelah pakai jadi glowing, sudah habis 1 paket, beli lagi, malah timbul beruntusan. Ada juga yang mengalami wajahnya terasa panas dan mengelupas.

Bagi yang mau menyanggah, ngotot kalau cream farma WDC aman, benar-benar racikan farmasi, tolong sebutin dong, farmasi atau apotek mana yang meracik cream farma WDC?

Bagi yang punya pengalaman memakai cream farma WDC, silakan ceritakan via kolom komentar.

3 Comments

  1. Aku dulu pernah pakai krim farma wdc itu,, wajah mengelupas trus kalau pakai krim malam rasa.nya panas di wajah kayak trbakar. Itu aku pesen Nya online dan penjualNya itu kalau di tanya jelas nya nggak mau bls chat ku,, yaudah brtahap aku pakai habis 3 paket kalau nggak slh.
    Awalnya agak ragu,, tapi aku ngikut teman ku ehh wajah ku jadi tambah tipis kulit.nya,, pembuluh darah pun sampai keliatan. Trus yg awalnya wajah ku bersih, brhenti makai krim itu jadi tambah kusem bgt kayak ada item2 gitu di pipi. Nyesel dah pokokNya

  2. Aku pake farma wdc dulu pernah pake yg polosan gk ada kandungannya apa gk ada nomer bpomnya pokoknya semua kemasan polos dari cream siang malam sama sabun cuci mukanya, waktu aku pake emng awal kulit ngupas trs kalo pake cream malam perih tp habis itu mulus tp aku berhenti setelah beberapa bulan gk pake aku pake lg tp yg beda kemasan. Katanya itu farma wdc yg udah bpom. Emng bener sih dikemasan ada kandungannya apa aja trs nomer bpom pabrik pembuatannya jg pokoknya lengkap, aku cek itu bener gk nomer bpomnnya ternyata bener udah bpom cream siang malam sama sabunnya.

  3. Aku dulu pernah makai habis sampe 5 paketan wajahku bagus putih glowing gaada jrawatnya tapi aku kayak takut trs akhirnya aku ganti ke krim farma wdc yang udah bpom tapi setelah itu wajahku malah jerawatan bruntusan sampe sekarang:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button