7 Manfaat Lokio untuk Kesehatan, Cari Tahu Yuk!

Lokio merupakan salah satu jenis bawang yang sering dijuluki sebagai bawang Batak. Hal ini karena tumbuhan ini sering digunakan dalam berbagai kuliner khas Batak. Selain untuk memperlezat hidangan, terdapat beberapa manfaat lokio untuk kesehatan yang baik untuk tubuh. 

Tumbuhan ini mengandung banyak nutrisi diantaranya ialah 

  • Karbohidrat 
  • Protein 
  • Vitamin A, C, E dan K
  • Sodium 
  • Kalsium 
  • Zat Besi
  • Dan lainnya 

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, berikut ialah manfaat bawang lokio untuk kesehatan:

advertisement

1. Melindungi Jantung 

Kandungan Allicin dalam tumbuhan ini dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Allicin akan melepaskan oksida nitrat dalam aliran darah yang mampu mengurangi kekakuan pembuluh darah. 

manfaat lokio

advertisement

Kandungan quercetin dalam Lokio juga mampu mengurangi penumpukan plak yang terjadi pada arteri. Lokio mampu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Kandungan kalium mampu mencegah terjadinya masalah kesehatan jantung seperti serangan jantung dan gagal jantung. 

2. Mencegah Kanker 

Kanker merupakan penyakit mematikan yang hingga saat ini belum ditemukan obat pastinya. Oleh karena itu, melakukan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah kanker. 

Lokio merupakan salah satu bahan alami yang mampu melindungi diri dari penyakit kanker. Kandungan lutein dan zeaxanthin mampu melindungi seseorang dari kanker paru paru dan mulut. 

Lokio juga kaya akan serat yang mampu mencegah terjadinya kanker usus besar. Daun ini juga mengandung allicin yang merupakan antioksidan penting untuk mencegah terjadinya kanker payudara, 

Lokio juga mengandung glutathione yang mampu mengidentifikasi zat penyebab kanker lalu menghilangkannya dari tubuh.

3. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh 

Manfaat lokio bagi tubuh ialah mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang mampu menyebabkan berbagai macam penyakit. Kandungan klorofil dan vitamin K dalam daun lokio mampu menjaga darah tetap bersih. 

Kandungan mineral dalam daun ini dapat menetralisir racun dan yang ada dalam tubuh. Proses detoksifikasi dalam tubuh juga dibantu kandungan antibakterial sehingga tubuh menjadi bebas dari racun dan mengurangi beban kerja ginjal. 

4. Manfaat Lokio : Meningkatkan Imunitas 

Imunitas tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk mencegah berbagai penyakit apalagi jika cuaca sedang tidak menentu. Apabila sistem imun tubuh lemah maka akan mudah untuk terkena berbagai penyakit. 

Daun Lokio mampu membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas secara alami. Lokio mengandung selenium dalam jumlah yang cukup, selenium merupakan mineral penting yang mampu memperkuat imun. 

Lokio juga dapat meningkatkan produksi Sel T yang mampu mencegah terjadinya flu. Kandungan asam sulfat mampu meningkatkan kekebalan sekaligus mempercepat penyembuhan luka.

5. Menjaga Kesehatan Tulang 

Mengandung vitamin K tentu membuat daun Lokio memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan memudahkan kegiatan serta aktivitas sehari hari. 

Mengkonsumsi vitamin K yang cukup dapat membantu mengurangi ekstensi dari kalsium yang mampu membuat tulang menjadi lebih rapuh. Meskipun dibutuhkan penelitian lebih lanjut, anti inflamasi pada Lokio mampu membantu penderita artritis. 

6. Baik Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lokio Lainnya

Wanita yang sedang mengandung membutuhkan berbagai asupan yang penuh dengan nutrisi demi kesehatan ibu dan bayi. Daun Lokio merupakan pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil. 

Lokio mengandung folat dalam jumlah yang cukup banyak. Folat sendiri dipercaya mampu membantu perkembangan otak janin. Selain itu, folat juga dapat mencegah kecacatan kelahiran pada bayi. 

7. Membuat Tidur Menjadi Lebih Berkualitas 

Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk mempermudah manusia melakukan berbagai aktivitas. manfaat lokio

Namun, tidak semua orang mampu tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik. Tidak perlu risau, salah satu manfaat mengkonsumsi lokio adalah memperbaiki kualitas tidur.

Lokio mengandung choline yang merupakan nutrisi penting untuk memperbaiki masalah tidur. Dengan konsumsi yang rutin, maka kualitas tidur perlahan lahan akan membaik. 

Tidak hanya memperbaiki kualitas tidur, manfaat Lokio juga mampu meningkatkan mood menjadi lebih baik. Kandungan folic acid dalam daun ini mampu meningkatkan produksi dopamin dan serotonin yang merupakan hormon baik.

Dengan berbagai manfaat lokio untuk kesehatan tentu mengkonsumsi daun ini merupakan pilihan yang baik. Jika diikuti dengan gaya hidup sehat, tentu tubuh akan menjadi lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Sumber : Pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button