Belajar Mengenal Prinsip Ekonomi Dan Manfaatnya

Mengenal prinsip ekonomi dan manfaatnya tentu akan memberikan dampak yang positif dalam pengelolaan keuangan. Tidak hanya bagi perusahaan, lembaga maupun instansi, mengenal prinsip ekonomi akan berguna bagi pengelolaan keuangan personal atau individu. 

Pengertian Prinsip Ekonomi

Saat belajar mengenal prinsip ekonomi dan manfaatnya maka Anda harus belajar dulu apa itu prinsip ekonomi. Pengertian dari prinsip ekonomi jika dilansir dari situs Kementrian Keuangan RI yaitu berupa panduandalam melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh hasil tertentu dengan pengorbanan yang seimbang.

Jadi jika dibuat dalam bahasa yang lebih sederhana, prinsip ekonomi adalah mengeluarkan sekecil-kecilnya agar bisa mendapatkan hasil tertentu. Prinsip ekonomi ini berlaku pada 3 kegiatan ekonomi antara lain produksi, distribusi serta konsumsi. 

advertisement

Ciri – Ciri Prinsip Ekonomi

Orang yang telah menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari – hari akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Memiliki sikap hemat

Orang yang telah menerapkan prinsip ekonomi dalam keseharian akan menghindari hal yang sifatnya pemborosan. Orang akan membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya bukan keinginan semata.

advertisement

  • Memiliki skala prioritas

Orang dengan prinsip ekonomi yang benar akan memiliki skala prioritas. Mereka akan menaruh kebutuhan dasar dan penting pada urutan atas dan kebutuhan yang bisa ditangguhkan pemenuhannya akan diletakkan pada urutan bawah.

  • Selalu rasional

Orang dengan prinsip ekonomi yang benar akan mengambil keputusan secara rasional. Dalam hal belanja, mereka tidak akan impulsive dan cenderung menggunakan akal sehat dibandingkan dengan emosi atau nafsu.

  • Selalu memperhitungkan untung dan rugi

Memiliki prinsip ekonomi bisa ditandai dengan ciri ini. Seseorang akan bertindak dan menghitung untung rugi dari kegiatan ekonomi yang dilakukannya. 

Manfaat Dari Prinsip Ekonomi

Manfaat prinsip ekonomi ada banyak sekali jika diterapkan dengan benar. Orang yang dalam kegiatan ekonominya memanfaatkan prinsip ekonomi akan memperoleh manfaat sebagai berikut ini:

  • Mendapatkan keuntungan maksimal dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada meskipun sifatnya terbatas dengan mengoptimalkannya dengan sungguh – sungguh. 
  • Memperoleh resiko yang sangat kecil dengan sistem kerja hemat, cepat serta tepat waktu sehingga angka kerugian bisa ditekan dengan sangat baik atau bahkan dihilangkan. 
  • Dapat mencapai tujuan atau financial goal secara tepat waktu.
  • Dapat mencapai tingkat kemakmuran yang diimpikan atau mencapai financial freedom sesuai dengan target.
  • Dapat memiliki pencapaian kerja yang kualitasnya terjamin.
  • Orang yang mengenal prinsip ekonomi dan manfaatnya akan memiliki hidup yang lebih baik dan maju dengan persaingan yang sehat. 

Tujuan Prinsip Ekonomi

Penggunaan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari sangat disarankan. Tujuan prinsip ekonomi adalah untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dan meminimalkan nilai kerugian dengan mengeluarkan lebih sedikit. 

Penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari kini juga dikemas dengan lebih sederhana dan diajarkan kepada masyarakat melalui gaya hidup hemat. Salah satunya yaitu frugal living yang sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu namun kini kembali dibangkitkan terutama di kalangan millennial. 

Pelaku frugal living  diharapkan mampu menerapkan prinsip hidup hemat tanpa mengurangi kesenangan dari hidupnya. Selain itu ada juga gaya hidup minimalis dimana orang diminta untuk memaksimalkan yang ada dengan prinsip hidup less is more. Apapun pilihan gaya hidup yang Anda minati pastikan menerapkan prinsip ekonomi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. 

Penerapan prinsip Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelahmengenal prinsip ekonomi dan manfaatnya saatnya Anda belajar penerapan prinsip ekonomi dalam keseharian. Ada 10 prinsip ekonomi dikutip dari buku New World Economics, karangan Nicholas Gregory Mankiw yaitu:

  • Masyarakat mampu menghadapi trade off. Prinsip pertama ini memerlukan pengorbanan dari pelaku kegiatan ekonomi. Contoh penerapannya yaitu saat memilih moda transportasi untuk pergi ke kantor.
  • Opportunity cost. Prinsip ini tidak wajib untuk dilakukan. Jadi jika seseorang ingin mendapatkan sesuatu maka ia harus membayar dan sebaliknya. Contoh dari penerapannya adalah apakah ingin melanjutkan kuliah atau tidak misalnya. Jadi ada pengorbanan namun tidak wajib.
  • Marginity. Pada prinsip ini orang diminta untuk berpikir rasional tentang untung rugi.
  • Tanggap terhadap insentif. Penerapan prinsip ini adalah seperti membeli buah. Apakah akan membeli apel atau jeruk yang sama-sama bermanfaat namun harganya berbeda. 
  • Kegiatan dagang menguntungkan semua pihak terkait. Contohnya negara membuat produk dengan harga murah namun kualitas bagus sehingga laris dijual diluar negeri. 
  • Pasar adalah tempat paling bagus untuk kegiatan ekonomi. Contohnya yaitu dengan penerapan pajak yang tinggi maka kegiatan jual beli akan terpengaruh. 
  • Peran pemerintah dalam mengelola pasar. Contohnya yaitu pajak.
  • Standar hidup pada suatu negara berdasar kemampuan SDM menciptakan barang.  
  • Inflasi bisa terjadi jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak jumlahnya. 
  • Inflasi menyebabkan lapangan pekerjaan berkurang.

Kesimpulannya, mengenal prinsip ekonomi dan manfaatnya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari kan membantu masyarakat untuk mengelola keuangan dengan baik demi mencapai kehidupan maju yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button