Cara Menjaga Kesehatan Tulang untuk Kamu yang Sedang Diet

Cara menjaga kesehatan tulang harus selalu diperhatikan. Baik kamu sedang diet atau tidak. Karena tulang yang kuat dan sehat adalah modal bagi tubuh yang sehat dan kuat. Tidak masalah apakah mau dengan cara alami atau menambah suplemen, yang penting tulang dijaga secara kontinyu.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami Agar Tetap Sehat

Kesehatan tulang dibentuk sejak masih kanak-kakak. Kebiasaanmu di usia anak-anak akan mempengaruhi kepadatan tulang di masa senja nanti. Sampai usia 30 tahun, tulang masih bisa menyerap mineral dari banyak sumber. Tetapi setelah itu, kemampuan menyerapnya akan menurun.

Di umur inilah tulang kita mulai rawan. Harus diimbangi dengan suplemen dan gaya hidup sehat agar tulang tetap sehat dan kuat. Kali ini, ada rekomendasi cara menjaga kesehatan tulang secara alami yang cocok untuk kamu yang sedang diet.

advertisement

  1. Mengonsumsi Sayur

Setiap hari, coba variasikan konsumsi sayuran kamu. Karena kandungan Vitamin C di dalam sayuran bisa merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang dan melindungi tulang dari pengeroposan. Sayur yang mengandung banyak Vitamin C untuk menguatkan tulang adalah sayur hijau.

  1. Olahraga Angkat Beban

Olahraga angkat beban dan high impact bisa meningkatkan kepadatan mineral, kekuatan, serta ukuran tulang. Juga menghindari inflamasi. Kalau selama ini kamu berpikir bahwa olahraga angkat beban hanya untuk mereka yang ingin otot kekar dan perut six packs, kamu salah besar.

advertisement

Selain sebagai cara untuk menjaga kesehatan otot, olahraga angkat beban bisa mencegah osteoporosis, dan osteopenia. Tapi sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan trainer ya untuk menghindari cedera.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Karena 50% tulang terbuat dari protein. Paling tidak,  dengan mengkonsumsi 100 gram protein setiap hari, kamu memenuhi salah satu cara menjaga kesehatan tulang. Tentu harus diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi lainnya ya.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium adalah pembentuk utama tulang. Dan karena sel-sel tulang selalu berganti, maka konsumsi makanan tinggi kalsium wajib dilakukan setiap hari. Dan sumber kalsium lebih banyak di bahan alami daripada suplemen lho.

Pokoknya jangan bosan makan makanan yang bergizi dan mengandung kalsium, misalnya susu (dan produk turunannya), sayuran hijau (kare, okra, dan bayam), dan sebagainya.

  1. Cukupkan Vitamin D dan Vitamin K

Vitamin D membantu tulang untuk menyerap sari pati makanan. Vitamin D bisa kamu dapat dari sinar matahari pagi, hati ayam/ sapi, ikan yang berlemak, kuning telur, dan makanan terfortifikasi. Konsumsi suplemen vitamin D juga dianjurkan lho.

Sedangkan Vitamin K2 berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Contohnya adalah makanan fermentasi, jeroan, daging, ayam, kuning telur, dan produk susu.

  1. Diet Rendah Kalori Berlebihan

Akhir-akhir ini ada banyak sekali diet artis yang jadi kontroversi, salah satunya karena diet rendah kalori. Sebaiknya kamu tidak usah ikutan ya. Karena kandungan kalori yang rendah sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika kamu ingin diet, lakukan dengan cara yang benar. Yaitu minimal konsumsi 1.200 kalori per hari. Plus konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein.

  1. Suplemen Kolagen

Kolagen adalah salah satu protein utama pembentuk tulang. Jadi, mengkonsumsi kolagen juga merupakan cara menjaga kesehatan sistem rangka, khususnya untuk membentuk tulang, otot, ligamen, dan jaringan tubuh lain.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal juga merupakan cara menjaga kesehatan tulang. Karena jika berat badan terlalu tinggi, bisa membebani tulang. Sebaliknya, jika berat badan terlalu rendah bisa beresiko osteopenia dan osteoporosis.

  1. Mengonsumsi Makanan dengan Magnesium dan Zinc

Tugas Magnesium adalah untuk mengubah Vitamin D menjadi aktif agar bisa menyerap kalsium. Sedangkan Zinc (walaupun hanya dibutuhkan sedikit) berfungsi untuk meningkatkan kadar mineral di dalam tulang.

Magnesium bisa kamu dapatkan di almond, bayam, kacang mete, dan sebagainya. Sedangkan Zinc ada di daging merah, ayam, telur, makanan laut, biji-bijian, dan kedelai.

  1. Makanan dengan Asam Lemak Omega-3.

Fungsi Asam Lemak Omega-3 adalah anti-inflamasi, dan melindungi tulang dari resiko pengeroposan (akibat bertambahnya usia). Asam Lemak Omega-3 bisa kamu dapatkan di makanan laut (khususnya ikan dari laut dingin: salmon, makarel, dan sejenisnya), walnut, chia seeds, minyak canola, dan sebagainya.

Cara menjaga kesehatan tulang berhubungan dengan apa yang kamu konsumsi dan bagaimana gaya hidupmu. Boleh melakukan diet, tetapi tetap memperhatikan kandungan nutrisi yang kamu makan. Karena kebutuhan seseorang akan nutrisi berbeda satu sama lain, maka begitu pun dengan program diet.

Agar lebih optimal, lakukan diet dengan panduan dokter. Dan agar tidak mempengaruhi kesehatanmu secara umum, pun kesehatan tulangmu. Sekarang tahu kan kenapa kamu tidak boleh asal ikut tren diet artis?

sumber gambar : yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button