Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Jika selama ini ,kebanyakan orang mengenal buah sawo hanya sebatas buah tropis yang rasanya manis dan daging buah yang lembut. Sepertinya perlu upgrade wawasan, manfaat buah sawo untuk kecantikan ternyata sangat banyak. 

Hal itu tak lepas dari kandungan hebat yang ada di dalam buah berwarna coklat tersebut. Mulai dari vitamin A dan vitamin C, kemudian zat besi, fosfor tembaga, kalsium, dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan Wajah

Untuk kecantikan wajah, buah yang konon berasal dari India bagian Barat dan Amerika Tengah tersebut punya beberapa manfaat hebat. Bahkan mungkin kamu kaget dengan lima manfaatnya berikut ini.

advertisement

1. Kulit Menjadi Cerah

Warna kulit alami wajah bisa ditampilkan dengan lebih maksimal ketika rajin mengkonsumsi buah sawo. Kandungan vitamin A dan C yang berlimpah, akan membantu memberikan nutrisi terbaik untuk kulit sehingga tidak mudah kusam.

Konsumsi secara kontinu, akan memaksimalkan tingkat cerah kulit hingga kondisi terbaiknya. Apalagi kalau dibarengi dengan menjaga pola hidup sehat.

advertisement

2. Mencegah Proses Penuaan

Sawi juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah radikal bebas pada tubuh. Kondisi tersebut akan sangat berhubungan dengan proses penuaan. Ketika radikal bebas di tangkal maksimal, otomatis proses penuaan bisa ditunda.

Begitu juga dengan ciri penuaan lainnya seperti keriput, kusam, noda hitam, kulit menjadi lebih kering, dan lain-lain.

3. Penting Untuk Membentuk Kolagen

Kolagen dibentuk oleh tubuh manusia secara berkelanjutan, dengan dibantu zat-zat penting lainnya. Sawo, bisa membantu proses pembentukan tersebut sehingga jumlah kolagen yang tersedia mencukupi untuk mengencangkan kulit, menjaga elastisitas kulit, hingga mempercepat pemulihan luka.

Kandungan sawo yang berperan dalam pembentukan kolagen adalah vitamin A, C, zat besi, dan beberapa mineral lainnya.

4. Mencegah Efek Buruk Sinar Matahari

Tabir surya selama ini dinilai sebagai produk paling ampuh untuk menjaga kulit wajah, dari efek buruk sinar matahari seperti kulit kusam hingga kanker kulit. Padahal, bahan alami seperti buah sawo bisa dimaksimalkan untuk melakukan hal yang sama.

Cara terbaik untuk memanfaatkan buah sawo untuk merasakan manfaat ini adalah, dengan memaksimalkan manfaat buah sawo untuk masker wajah. Oles  tipis masker tersebut pada permukaan wajah, lalu biarkan zat hebat di dalamnya bekerja melindungi kulit.

manfaat buah sawo

5. Melembabkan Kulit

Siapa yang tak ingin punya kulit lembab? Kondisi lembab akan membuat wajah terlihat sehat, awet muda, dan tentunga terbebas dari masalah kulit kering yang rentan iritasi.

Vitamin E di dalam buah sawo, akan membantu memaksimalkan kelembaban kulit. Jadi, kamu tak perlu lagi bergantung pada skincare karena ternyata bahan alami juga bisa menjadi senjata membuat kulit lebih sehat.

Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan Rambut

Sama halnya dengan wajah, manfaat makan buah sawo untuk kecantikan juga tidak sedikit. Tiga diantaranya pasti akan mengurangi kekhawatiran terhadap kondisi rambut yang bermasalah.

1. Menghindari Ketombe

Kandungan Vitamin C dari buah Sawo, akan mengangkat sel kulit mati di kulit kepala dengan lebih baik. Termasuk melawan bakteri yang sering menjadi penyebab ketombe. 

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Pertumbuhan rambut juga akan terbantu dengan menyeimbangkan hormon yang berperan pada pertumbuhan rambut. Karena, penyebab rambut rontok dan sulit tumbuh sangat banyak dan menyangkut banyak hal.

Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa memanfaatkan sawo dengan menjadikannya masker rambut yang digunakan secara kontinu.

3. Uban Tak Mudah Muncul

Masalah uban bisa muncul akibat aliran darah dan pembuluh kapiler menuju rambut yang sudah usang. Tapi, jika kamu makan sawo secara rutin akan bermanfaat menjaga kondisi pembuluh kapiler sehingga aliran darah lancar dan pertumbuhan rambut baru dengan warna alaminya bisa lebih baik.

Tips Memilih Buah Sawo Untuk Kecantikan

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari buah sawo, kamu perlu memilih buah yang memiliki kandungan nutrisi terbaik. Lantas seperti apa tips memilihnya?

  • Pastikan warna kulitnya sudah coklat tua, dengan bentuk buah bulat atau oval sempurna. Jika masih berwarna coklat muda sebaiknya jangan dipilih karena kemungkinan besar buah tersebut belum matang.
  • Tekstur permukaan buah juga padat dan halus tanpa ada bagian yang bolong, melengkung dan lebih lunak dari bagian lainnya.
  • Pastikan juga di permukaan buah tersebut tidak terdapat getah yang menempel. Jika ada, tandanya buah tersebut sudah dipetik sebelum matang dan diperam manual hingga matang. Alhasi, rasa manis dan kandungan gizinya tidak akan semaksimal buah yang memang masak di batang.
  • Jangan pilih buah yang sudah terdapat memar akibat ditumpuk dengan buah lainnya. Karena, akan mengurangi tingkat kematangan dan mempercepat buah tersebut busuk.
  • Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba terlebih dahulu rasa buah sawo yang dibeli. Cara makan buah sawo yang baik adalah, kupas dulu kulitnya kemudian buang bijinya lalu potong sesuai selera dan cuci bersih. Baru setelah itu konsumsi.

Itulah penjelasan penting tentang manfaat buah sawo untuk kecantikan, buat yang selama ini kurang suka makan buah sawo sepertinya harus coba sensasi rasa manisnya. Kemudian rasakan manfaat hebatnya untuk tubuh terutama wajah dan rambut, jadi tak perlu lagi beli produk perawatan yang harganya mahal.

sumber gambar : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button