Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan dan Kecantikan (Plus Resep Masker Himalayan Salt)

Apa yang istimewa dengan garam, selain rasanya yang asin? Jangan salah, karena manfaat garam Himalaya untuk kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena garam Himalaya juga bisa jadi perawatan wajah lho.

Apa sih Sebenarnya Garam Himalaya dan Dari mana Asalnya?

Kalau selama ini kamu anggap semua garam pasti dipanen dari laut, maka tidak berlaku bagi garam Himalaya. Si pinky ini bukan dari air laut yang dikeringkan di tambak. Sebaliknya, dia dipanen di tambang garam. Lokasinya di bawah Pegunungan Himalaya (Pakistan).

Lalu, kenapa warnanya bisa pink? Apakah menggunakan pewarna makanan? Tidak. Warnanya didapat secara alami dari proses yang panjang di bawah permukaan lava, dan salju. Proses inilah yang membentuk zat besi tinggi, natrium klorida (98%), dan zat lain.

advertisement

Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

  1. Menyuplai Kebutuhan Mineral Tubuh

Jika kamu masih bingung apakah garam Himalaya untuk diet direkomendasikan? Jawabannya iya. Karena garam Himalaya bisa menyuplai kebutuhan mineral tubuh.

  1. Kekebalan Tubuh

Manfaat garam Himalaya untuk kesehatan bisa diperoleh dengan dikonsumsi atau dioles ke permukaan kulit. Kalau dikonsumsi, kandungan antimikroba-nya bisa mencegah infeksi.

advertisement

Sedangkan kalau dioles, pakailah selayaknya lulur atau scrub biasa. Fungsinya untuk mencegah munculnya jamur dan bakteri. Resep scrub atau lulur garam Himalaya akan dijabarkan di poin berikutnya.

  1. Menghidrasi Tubuh

Kenapa sih tubuh harus terhidrasi? Cairan tubuh bisa membuatmu bersemangat dan tidak mudah capek. Sehingga kamu bisa semangat menjalankan aktivitasmu kapanpun dan dimanapun.

  1. Menaikkan Kadar pH

Walaupun jarang ada yang memperhatikan kadar pH, tapi fungsinya sangat penting lho. pH tubuh yang seimbang akan meningkatkan kekebalan tubuh, kepadatan tulang, dan mencegah penyakit ginjal. 

  1. Racun Terhempas

Manfaat garam Himalaya untuk kesehatan kali ini bagus untuk kamu yang suka mengeluh pegal dan stres, entah karena sekolah, pekerjaan, atau masalah pribadi. Caranya? Campur air hangat plus garam Himalaya untuk berendam. Tambahkan aromaterapi untuk menambah citarasa ala spa.

  1. Penyerapan Nutrisi

Garam Himalaya untuk memasak dilakukan bukan tanya sebab. Karena fungsinya juga untuk mempermudah penyerapan nutrisi, kesehatan pernafasan, dan tulang.

Manfaat Garam Himalaya untuk Wajah (Plus Cara Membuat Masker)

Pernah tahu garam Himalaya dibuat masker dan scrub? Jika belum, saatnya praktek sekarang. Jika toples garam Himalaya baru ada di dapur, yuk tambah satu lagi untuk di kamar mandi. Biar kamu juga bisa merasakan manfaatnya untuk kecantikan.

  1. Detoksifikasi

Dunia kecantikan pasti bahagia dengan keberadaan garam Himalaya. Bagaimana tidak? Karena siapapun bisa melakukan terapi garam Himalaya untuk bersantai dan melepas penat dan lelah. Yaitu dengan berendam!.

Karena pada saat berendam, ada transaksi dari dalam tubuh. Yaitu racun dari dalam tubuh dilepaskan, dan mineral di dalam garam Himalaya ditarik masuk ke dalam tubuh. Akibatnya sistem saraf parasimpatis akan bekerja maksimal dan membuat tubuh nyaman dan tenang.

  1. Good Bye selulit

Selulit adalah musuh bersama, khususnya bagi para perempuan. Walaupun normal, tetapi sangat mengganggu kecantikan. Tapi tenang, sekarang kamu bisa menggunakan garam Himalaya untuk menyamarkan selulit di bawah kulit.

Caranya adalah dengan membuat Himalayan salt scrub. Bahan: (1) 2 sdm minyak almond, (2) 1 sdm minyak kelapa, (3) 1 sdm sabun castile, (4) 1 cup garam Himalaya, dan (5) 8 tetes minyak esensial (opsional untuk pewangi). Aduk rata dan siap digunakan.

  1. Anti Aging

Manfaat garam Himalaya untuk wajah bisa kamu dapat dengan membuat dan memakai masker garam Himalaya. Bahan: garam Himalaya dan air. Aduk rata, oleskan di seluruh bagian wajah, dan bilas. Rasakan kulit wajah akan terasa lebih cerah dan kencang.

  1. No More Kantung Mata, Jerawat serta Komedo

Ada yang sudah pakai skincare tapi jerawat dan komedo masih membandel? Yuk cobain resep masker tradisional dengan garam Himalaya. Bahan-nya cuma dua, yaitu garam Himalaya plus madu.

Aduk dua bahan tersebut sampai tercampur rata. Oleskan di bagian wajah yang kamu mau. Tunggu beberapa saat, lalu bilas. Ambil kaca dan lihat apakah jerawat, komedo dan kantung mata lenyap.

Tapi perlu diingat, manfaat garam Himalaya untuk kesehatan dan kecantikan tidak bisa diraih dengan cara instan. Kamu harus mengkonsumsi atau memakainya secara rutin. Lakukan gaya hidup sehat dan banyak minum air putih agar penyerapan mineral di dalam garam Himalaya lebih maksimal.Jangan lupa kampanyekan back to nature ke teman-teman dan keluarga ya. Selalu jaga kesehatan dan kecantikan.

Sumber gambar : yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button