Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat

Dalam keadaan yang tidak pasti seperti sekarang ini, setiap orang tentunya membutuhkan perlindungan. Salah satu perlindungan yang bisa menjamin kenyamanan pada masa mendatang yaitu dengan menggunakan asuransi. Namun, jika ingin menggunakan asuransi, pastikan memahami pengertian polis asuransi dan cara memilih polis asuransi.

Pasalnya, polis berisikan perjanjian, seperti hak dan kewajiban antara pemegang polis dan pihak asuransi. Kemudian, ketahui juga bagaimana cara memilih polis asuransi sehingga menghindari kerugian di masa depan. Jika ingin tahu soal pengertian polis asuransi dan cara memilih polis asuransi, berikut ini adalah ulasannya:

Pengertian Polis Asuransi

Jika ingin menggunakan layanan asuransi, tentu saja wajib untuk mengetahui tentang pengertian polis asuransi dan cara memilih polis asuransi. Pasalnya, kedua hal tersebut perlu dipahami agar pemegang polis tidak merasa tertipu oleh asuransi. Banyak yang memahami jika polis asuransi adalah sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh pemegang polis terhadap asuransi setiap bulannya.

advertisement

Padahal, pengertian tersebut adalah arti dari premi. Pengertian polis asuransi adalah dokumen atas perjanjian yang mengikat dan sah antara dua pihak, yaitu pemegang polis dan asuransi. Dalam hal ini pemegang polis adalah pihak tertanggung dan asuransi adalah pihak yang menanggung.

Dengan demikian, baik pemegang polis dan asuransi sama-sama menjalani kewajiban masing-masing sebagaimana tertuang pada polis asuransi. Oleh karena itu, penting untuk tahu pengertian polis asuransi karena berisi perjanjian yang akan melindungi setiap kewajiban dan hak antara kedua belah pihak.

advertisement

Cara Memilih Polis Asuransi

Setiap pemegang polis asuransi, penting untung memahami pengertian polis asuransi dan cara memilih polis asuransi. Jika pengertian polis asuransi sudah dijelaskan pada bagian atas, kini saatnya mengetahui bagaimana cara memilih polis asuransi. Jika ingin tahu caranya, berikut ini adalah cara memilih polis asuransi yang tepat:

1. Kenali Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Polis Asuransi

Sebelum memilih polis asuransi, sebaiknya ketahui dulu perusahaan asuransi yang akan menanggung polis. Calon pemegang polis sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui asuransi mana yang paling tepat. Cari tahu lebih dalam bagaimana latar belakang perusahaan asuransi tersebut agar meminimalisir kerugian di kemudian hari.

Kemudian, cari tahu juga reputasi dan juga kredibilitasnya karena asuransi tersebut yang akan bertanggung jawab dan menanggung polis atas calon pemegang polis. Hindari memilih asuransi hanya berdasarkan jaminan yang ditawarkan saja dan mengabaikan fundamental perusahaan asuransi tersebut.

2. Pastikan Polis Sesuai Kebutuhan

Setiap asuransi memiliki berbagai produk dan tentunya polisnya juga berbeda-beda. Bagi calon pemegang polis, tentunya sangat penting untuk memahami lebih dalam soal polis yang akan digunakan. Kemudian, pastikan jika polis tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Hindari memilih polis yang sama sekali tidak dibutuhkan karena hanya membuang-buang uang dan merugikan di masa depan. Misalnya, jika ingin menggunakan asuransi kesehatan, pastikan polis tersebut apakah berisi tentang kesehatan murni atau unit link. Jika memahami isi polis dan sesuai dengan kebutuhan, maka pemegang polis tidak akan merasa tertipu nantinya.

3. Pahami Syarat yang Ditentukan

Polis asuransi memiliki banyak hal yang tertulis sehingga pemegang polis harus teliti dan cermat ketika membacanya. Salah satu hal yang perlu diamati dan dipahami dalam memilih polis asuransi adalah syarat-syarat pengajuan klaim. Jangan sampai jaminan yang ditawarkan segudang namun pemegang polis sulit melakukan pengajuan klaim karena tidak memahaminya.

Misalnya, perhatikan besaran premi yang dibayarkan setiap bulannya dan sistem perhitungannya. Kemudian, kenali juga jenis pertanggungan seperti apa yang bisa diklaim oleh pemegang polis. Misalnya jika memilih asuransi kesehatan, misalnya maka pemegang polis harus paham, apakah jenis pertanggungan yang diberikan hanya kamar rawat inap saja ataukah beserta layanan rumah sakitnya.

4. Pilih Asuransi yang Memberikan Perlindungan pada Anggota Keluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, tentunya penting untuk memberikan perlindungan pada anggota keluarga. Kini banyak asuransi yang sudah menawarkan produk perlindungan keluarga dalam satu premi. Jadi, hanya membayar satu premi, maka orang tua dan anak mendapatkan perlindungan asuransi.

Namun, jangan heran jika premi yang dibayarkan lebih mahal karena jumlah yang tertanggung lebih dari satu. Namun, hal tersebut sangat sepadan karena asuransi memberikan perlindungan yang tepat bagi setiap anggota keluarga tersebut.

5. Perhatikan Besaran Premi yang Diberikan oleh Asuransi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika di dalam polis asuransi juga berisi besaran premi yang wajib dibayarkan tertanggung dan diberikan oleh penanggung. Oleh karena itu, pemegang polis wajib memperhatikan besaran premi yang ditawarkan oleh asuransi yang tertera pada polis asuransi. Pastikan besaran premi sesuai dengan keadaan keluarga. Hindari membayar premi yang malah membuat beban keluarga sehingga mengorbankan kebutuhan lainnya.

Itulah ulasan yang menarik tentang pengertian polis asuransi dan cara memilih polis asuransi yang tepat. Kedua hal tersebut wajib untuk dipahami bagi pemegang polis agar tidak merasa tertipu dan meminimalisir kerugian di masa mendatang. Dengan begitu, tujuan menggunakan asuransi yaitu agar hidup lebih nyaman dan terlindungi menjadi terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button