Efek samping Maycreate berbahaya, aman, halal atau tidak?

Apa efek samping Maycreate spray? Apakah Maycreate berbahaya atau aman digunakan? Apakah halal atau tidak? Sudah terdaftar di BPOM atau belum?

Aku mau bahas tentang Maycreate lagi di postingan ini. Sebelumnya sudah aku bahas tentang Maycreate asli dan palsu. Dari pembahasan tersebut, aku menemukan fakta kalau ternyata ada banyak produk sunscreen spray seperti Maycreate. Secara kemasan sangat mirip, tapi merknya beda-beda.

Jadi, ternyata ada berbagai produk seperti Maycreate, dengan merk berbeda-beda. Prosuden Maycreate spray juga bisa berbeda-beda. Adapun untuk bahan-bahannya berarti tergantung produsen. Pabrik yang satu dengan pabrik lain belum tentu menggunakan bahan-bahan yang sama. Kalaupun bahan-bahan yang digunakan sama, kadarnya belum tentu sama.

advertisement

Maycreate spray berdasarkan testimoni dari para penggunanya memang bisa membuat kulit tampak putih dalam waktu cepat. Namun, efeknya tidak permanen, cuma sementara. Tak sedikit juga yang memberikan testimoni negatif. Banyak yang setelah menggunakan Maycreate, kulit malah tampak jadi abu-abu. Hal itu bisa terjadi pada orang yang punya warna kulit gelap.

Lalu apa efek samping Maycreate sunscreen spray? Apakah berbahaya atau tidak?
Maycreate merupakan produk impor dari China. Produk ini belum terdaftar di BPOM. Memang bukan produksi dalam negeri. Namun, agar bisa dipasarkan secara legal di Indonesia, maka harus didaftarkan ke BPOM.

advertisement

Untuk keamanannya diragukan. Terlebih lagi komposisi yang digunakan pun tak jelas. Memang tertera di kemasan, tapi menggunakan bahasa China, hanya beberapa komposisi saja yang disebutkan yang tidak menggunakan bahasa China.

Adapun efek samping yang umum ditimbulkan pada penggunaan skincare adalah kulit mengalami iritasi, memerah, dan gatal-gatal. Jika setelah pemakaian malah timbul alergi, maka sebaiknya dihentikan.

Tapi aku nggak bisa bahas efek samping Maycreate secara spesifik, karena komposisinya tak jelas.

Kalau jawabannya “sejauh ini aku pakai aman-aman aja kok”, itu bukanlah jawaban yang objektif. Untuk memastikan keamanan skincare, maka kita perlu mengetahui dulu apa bahan-bahan yang digunakan dalam skincare tersebut.

Nah, Maycreate belum terdaftar di BPOM, untuk keamanannya masih diragukan.

Apakah Maycreate halal atau tidak?
Jangankan label halal, nomor BPOM Maycreate pun tidak ada. Untuk kehalalan belum bisa dipastikan. Ini produk dari China, produsennya juga bisa berbeda-beda. Aku nggak tahu apakah bahan-bahan yang digunakan itu halal atau tidak. Kalau ada satu saja bahan yang digunakan adalah bahan yang haram, misalnya berasal dari babi, itu bisa bikin produk tersebut haram digunakan.

Namun, bagi yang ragu dengan kehalalannya, untuk lebih amannya, sebaiknya hindari saja. Banyak produk lain yang sudah mendapatkan sertifikasi halal.

Produk pemutih kulit merupakan salah satu jenis produk yang laris dipasaran. Banyak perempuan yang ingin punya kulit putih. Banyak dari mereka yang terjerumus ke skincare berbahaya. Tak semua produk skincare di pasaran itu aman. Banyak yang justru malah merusak kulit. Memang banyak skincare yang efeknya cepat bikin kulit putih, tapi efek jangka panjangnya tidak baik. Jangan sampai ingin punya kulit putih, malah pakai produk berbahaya yang malah bikin kulit rusak.

Nah, untuk Maycreate ini memang bisa bikin kulit terlihat putih dalam waktu cepat, tapi hasilnya tidak permanen. Maycreate lebih ke kosmetik, seperti halnya bedak yang bikin wajah tampak lebih putih, namun efeknya sementara, begitu wajah dicuci, warna kulit wajah kembali ke warna asal.

Bagi kalian yang tidak mau pakai skincare yang tidak ber-BPOM, maka sebaiknya hindari Maycreate. Tapi, bagi yang tak peduli dengan keamanan skincare, tak peduli dengan nomor BPOM, tak peduli juga dengan kehalalannya, yang penting bikin kulit putih, ya silakan saja pakai, risikonya juga kalian yang tanggung.

Demikian pembahasan tentang efek samping Maycreate, tentang keamanan dan juga kehalalan Maycreate.

3 Comments

  1. Pengen banget pake buat kaki, karena kakiku belang sendiri daripada tubuh. Tapi takut juga karena kandungannya gajelas, apalagi aku sedang hamil😢

  2. Pengen pake untuk muka tapi seterah baca tentang ini jadi ragu ragu apalagi belum diketahui halal atau tidak 😞

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button