3 Cara Cek Resi Akulaku Mudah, Cepat, dan Akurat

Akulaku merupakan salah satu e-Commerce terbesar dengan transaksi penjualan terbanyak di Indonesia. Tak hanya situs jual-beli, Akulaku juga menjadi perusahaan pembiayaan yang berkolaborasi dengan e-Commerce lain.

Sehubungan dengan hal tersebut, pasti terdapat kendala yang pernah kamu alami ketika berbelanja di Akulaku, mulai dari proses pengiriman yang lama, status pengiriman tidak berubah, atau terjadi kesalahan pengiriman yang lainnya.

Untuk menangani permasalahan tersebut, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara cek resi Akulaku ketika berbelanja di sini.

advertisement

Cara Cek Resi Akulaku

Setiap e-Commerce, salah satunya Akulaku, biasanya bekerja sama dengan beberapa ekspedisi untuk proses pengiriman barang, seperti JNE Express, J&T Express, POS Indonesia, dan sebagainya.

Semua ekspedisi tersebut tentunya tak lepas dari resi pengiriman, yang mana berfungsi sebagai kode pengiriman untuk mempermudah konsumen melakukan pelacakan barang. Kamu bisa mengetahui posisi barang dengan menggunakan kode tersebut. Terdapat beberapa cara cek resi, antara lain:

advertisement

1. Melalui Situs Resmi Ekspedisi

Cara pertama untuk cek resi bisa kamu lakukan dengan mengakses situs resmi dari ekspedisi. Ketika melakukan transaksi, kamu akan diarahkan untuk memilih jenis ekspedisi sebagai layanan pengiriman barang. Maka, kamu bisa dengan mudah mengeceknya.

a. Situs JNE Express

JNE Express memang telah melalang buana di dunia ekspedisi pengiriman produk di Indonesia, termasuk kolaborasinya bersama Akulaku. Berikut adalah langkah mengecek resi apabila kamu menggunakan JNE Express sebagai ekspedisi pengiriman.

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\jne.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Caranya mudah, yakni kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi JNE Express di https://www.jne.co.id/id/tracking/trace kemudian isi kode pengiriman yang kamu dapatkan dari Akulaku. cara cek resi akulaku

b. Situs J&T Express

Selain JNE Express, J&T Express merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia. J&T Express terkenal dengan pengiriman yang tepat waktu dan aman, sehingga e-Commerce, termasuk Akulaku, turut mempercayakan J&T Express sebagai partner pengiriman produk.

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\J&T.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Adapun cara rek resi Akulaku di situs J&T Express melalui situs adalah dengan mengunjungi https://jet.co.id/track kemudian masukkan sampai dengan 10 digit nomor resi lalu klik “Cari” atau “Search”. J&T Express memiliki 3 bahasa untuk melayani konsumen, yakni Bahasa Indonesia, Mandarin, dan Inggris.

c. Situs POS Indonesia

POS Indonesia merupakan ekspedisi milik negara atau BUMN yang pernah menjadi layanan jasa pengiriman barang nomor satu di Indonesia. POS Indonesia pun menjadi salah satu partner ekspedisi Akulaku yang cukup populer.

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\POS.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Namun, tidak sedikit yang mengalami kendala proses pengiriman melalui POS, sehingga cek resi pun dibutuhkan para konsumen. Cara cek resi Akulaku untuk pengguna POS Indonesia sebagai layanan pengiriman adalah dengan mengunjungi https://www.posindonesia.co.id/id/tracking kemudian masukan no resinya.

2. Melalui Situs Cek Resi (Pihak Ketiga)

Kamu bisa menggunakan situs yang menyediakan layanan pengecekan resi atau melacak pengiriman barang dari berbagai ekspedisi, khususnya ekspedisi yang berkolaborasi dengan Akulaku.

a. Situs Cekresi.com

Situs ini cukup populer di kalangan para pengguna layanan pengiriman untuk cek resi ekspedisi. Cekresi.com bisa mengecek resi, mulai dari POS Indonesia, Tiki, JNE Express, J&T Express, Wahana, Pandu Logistic, Pahala, Sicepat, Lion Express, Tikindo, dan sebagainya.

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\cekresi.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Keunggulan dari situs ini adalah kamu bisa cek resi pada hampir semua ekspedisi yang beroperasi di Tanah Air. Cukup masukan nomor resi pada kolom yang telah disediakan, kemudian klik tombol “CEK RESI”. Laman akan menampilkan posisi barang kamu.

b. Situs a-Commerce

Layaknya cekresi.com, a-Commerce juga bisa membantu cek resi barang yang kamu beli dari Akulaku dengan mengunjungi https://tracking.acommerce.asia/ kemudian laman akan menampilkan seperti gambar di bawah.

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\acommerce1.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Masukkan nomor pelacakan kemudian klik “Track Order” untuk melihat hasilnya. Kamu akan diberi informasi mengenai posisi dan status barang.

Selain di Indonesia, aCommerce bisa melakukan cek resi pengiriman di Negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Filipina, dan Singapura. 

Situs aCommerce juga tersedia FAQ mengenai kendala dan solusi yang biasanya dialami para konsumen. FAQ tersedia dalam 4 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Tagalog, Thai, dan Inggris.

3. Melalui Aplikasi Cek Resi Pengiriman

Selain melalui situs resmi dan situs pihak ketika, kamu pun bisa cek resi barang melalui aplikasi. Ini bisa menjadi pilihan ketika kamu menginginkan cara praktis.

a. Aplikasi Cariresi

C:\Users\LENOVO\Documents\ARTIKEL\Saungwriter\26-4-2021 Cek Resi\cariresi.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu melacak barang kamu, namun bisa juga cek ongkos kirim. Terdapat juga kontak ekspedisi yang kamu hubungi terkait masalah proses pengiriman barang di Akulaku. Kamu bisa menggunakan barcode untuk proses cek resi lebih cepat.

b. Aplikasi Cek Resi dan Ongkir Kiriman

C:\Users\LENOVO\Documents\My Bluetooth\S10425-19244448.png

Sumber: Dokumen pribadi

Aplikasi Cek Resi dan Ongkir Kiriman telah diunduh sebanyak 1 juta kali di Google Play Store. Kamu bisa mengecek resi  barang dari berbagai ekspedisi. Kamu juga bisa menemukan informasi ongkos kirim. Selain itu, kamu bisa menyimpan history pencarian resi agar tidak repot mengetik berulang kali.

c. Aplikasi RajaOngkir

C:\Users\LENOVO\Documents\My Bluetooth\S10425-19184044.png

Sumber: Dokumen pribadi

Sama seperti kedua aplikasi di atas, aplikasi RajaOngkir menyediakan layanan cek resi dan daftar biaya ongkos kirim lengkap. Bukan hanya domestik, RajaOngkir menyediakan pelacakan barang Internasional. Aplikasi ini rupanya cukup populer karena telah tercatat telah diinstal sebanyak 1 juta kali di Google Play Store.

Situs dan aplikasi di atas adalah rekomendasi cek resi yang bisa kamu coba. Dengan adanya platform cek resi, membuat kita semakin mudah mengetahui posisi dan status barang kiriman. Kamu bisa share artikel ini agar semakin banyak yang tahu bahwa cek resi Akulaku itu bisa dengan berbagai cara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button