5 Jenis Resep Olahan Susu Yang Disukai Anak Mulai Dari Makanan Hingga Camilan

Sejumlah makanan yang terbuat dari susu seperti es krim, kemudian yogurt lalu keju dan lainnya memang sering dijumpai. Akan tetapi supaya tidak monoton dan membuat anak bosan, para ibu bisa mencoba aneka resep olahan susu yang disukai anak untuk variasinya. Beberapa makanan yang mengandung susu, selain rasanya banyak digemari anak-anak ternyata juga menyehatkan. 

Pilihan aneka ragam olahan susu bisa juga digunakan sebagai cara alternatif untuk anak yang susah dalam mengkonsumsi susu secara langsung. Mengingat semakin anak tumbuh besar maka semakin banyak juga aktivitas yang mulai dilakukan. Dengan begitu asupan tubuh yang dibutuhkan pun juga ikut bertambah. Berikut beberapa resep aneka olahan menu dari bahan dasar susu yang bisa para ibu coba:

1. Pancake 

Pilihan pertama untuk resep olahan susu yang disukai anak ini adalah pancake yang mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan anak. Sebut saja karbohidrat, kemudian ada protein, lalu lemak dan lainnya. Menu ini memakai bahan susu sapi yang cocok dihidangkan untuk sarapan di pagi hari. Di samping bahan yang diperlukan termasuk mudah didapat, cara pengolahannya pun cukup mudah. 

advertisement

Adapun bahan yang diperlukan tersebut meliputi susu dengan jumlah 175 ml. Kemudian butuh juga bahan lainnya seperti tepung terigu sebanyak 60 gram dan juga 1 butir telur ayam yang sudah dikocok. Lengkapi dengan garam secukupnya dan minyak untuk menggoreng. Sedangkan cara membuatnya adalah dengan mencampurkan seluruh bahan kecuali minyak menjadi satu, lalu goreng hingga matang.

2. Milkshake Mangga 

Jika sebelumnya resep olahan susu yang disukai anak adalah tergolong makanan, namun kali ini adalah termasuk dalam jenis minuman. Tidak heran jika banyak yang menyukai jenis minuman ini termasuk anak-anak karena memang aroma yang dihadirkan tergolong segar dengan perpaduan cita rasa manis. Untuk membuat menu ini pun tergolong mudah dan cocok dikonsumsi saat matahari tengah terik. 

advertisement

resep olahan susu

Olahan minuman yang mengandung susu ini dapat dikonsumsi untuk menunjang kebutuhan nutrisi anak dalam menjalankan berbagai aktivitas kesehariannya. Proses membuatnya adalah dengan menghaluskan sejumlah bahan yang terdiri dari mangga yang telah dikupas, lalu susu, kemudian gula dan es batu menjadi satu.

3. Teh Tarik 

Masih dalam jenis minuman, olahan susu satu ini menghadirkan cita rasa perpaduan antara susu dengan teh. Jenis minuman ini banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal di Asia Tenggara. Untuk mencoba membuat minuman ini hanya membutuhkan sejumlah bahan yang mudah dijumpai di dapur. 

Diantaranya seperti susu sebanyak 100 ml dan air panas dengan ukuran 200 ml. Adapun bahan lainnya meliputi 1 saset susu kental manis, lalu gula pasir sebanyak 1 sendok teh dan terakhir ada teh sejumlah 1 kantung saja. Sementara untuk cara membuatnya adalah dengan menyeduh teh menggunakan air panas dan campurkan dengan berbagai macam bahan yang telah disiapkan. Baru kocok teh dengan alat khusus.

4. Sapi Custard Telur Panggang 

Menu ini tergolong dalam hidangan dengan tekstur cukup lembut yang terbuat dari bahan dasar gula dan juga susu. Bagi para ibu yang mempunyai alat pemanggang berupa oven di rumah dapat mencoba menu satu ini dengan mudah. Lantaran hanya membutuhkan 5 macam bahan dasar tidak heran jika menu ini termasuk dalam menu praktis nan ekonomis. 

Adapun kelima bahan tersebut meliputi susu yang diperlukan sebanyak 450 ml. Kemudian ada bahan gula sebanyak 40 gram yang sudah dihaluskan. Berikutnya ada 2 butir telur yang telah dikocok lepas. Terakhir ada vanili dan bubuk pala secukupnya saja. Cara pembuatannya adalah dengan memanaskan oven terlebih dahulu. Lanjutkan dengan mencampurkan sejumlah bahan di atas kompor memakai panci, pindahkan ke loyang dan masukkan ke oven.

5. Puding Ala Jepang 

Cita rasa yang dihadirkan oleh jenis makanan satu ini dapat dibilang hampir sama dengan es krim, yakni perpaduan antara manis dan creamy. Hidangan satu ini akan lebih nikmat dan pas ketika disantap dalam keadaan dingin. Guna menambah rasa nikmat, ibu bisa menambahkan sejumlah topping berupa aneka macam potongan buah maupun sirup dengan warna yang menarik. 

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat menu ini meliputi susu sebanyak 500 ml. Kemudian juga ada heavy cream dengan ukuran 50 ml. Jangan lupa gula pasir sebanyak 3 sendok makan dan gelatin bubuk tanpa rasa sebanyak 2,5 sendok teh. Terakhir butuh juga vanili dengan ukuran 0,5 sendok teh saja. Langkah untuk membuatnya adalah dengan mencampurkan seluruh bahan sebagaimana membuat puding pada umumnya. 

Demikian pembahasan mengenai 5 pilihan resep olahan susu yang disukai anak dari makanan hingga camilan. Ulasan di atas bisa menjadi solusi para ibu yang mempunyai buah hati kurang minat jika mengkonsumsi susu dalam bentuk biasa. Kreasi semacam ini juga bisa membuat anak tidak mudah bosan, sehingga nutrisi keseharian tetap terpenuhi untuk berbagai aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button