Bagaimana cara membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah dikirim?

Bagaimana cara membatalkan pesanan Shopee COD (bayar di tempat)? Apakah pesanan COD Shopee bisa dibatalkan kalau barang dalam proses pengiriman? Lalu apakah bisa dibatalkan kalau sudah dibayar? Pembatalan pesanan adalah hal yang tidak mengenakkan bagi penjual. Namun, ada kalanya pembeli berubah pikiran tidak ingin meneruskan pesanan barang yang dipesan.

Hadirnya pilihan pembayaran COD di Shopee memang memudahkan bagi pembeli yang ingin memesan barang tapi bayarnya belakangan, setelah barang sampai. Dengan memilih pembayaran COD, pembeli tak harus transfer uang duluan. Pembeli tak perlu repot-repot transfer untuk melakukan pembayaran, tinggal pesan barang, menunggu barang diantarkan oleh kurir, kemudian membayar sesuai jumlah yang diminta ke kurir.

Kurir kemudian mengonfirmasi pembayaran COD tersebut, sehingga pesanan tersebut dianggap selesai oleh sistem. Nah, jika pesanan COD sudah dibayar, maka dana pun diteruskan ke penjual.

advertisement

Selama penjual di Shopee belum mengirimkan pesanan COD, pembeli bisa mengajukan pembatalan tersebut. Namun, untuk pengajuan pembatalan ini sekali saja. Setelah mengajukan pembatalan, tunggu respon penjual. Penjual punya pilihan apakah menyetujui pembatalan tersebut atau tidak. Jika tidak menyetujui, maka berarti penjual harus mengirimkan pesanan tersebut.

Bagi pembeli yang ingin mengajukan pembatalan pesanan di Shopee, cukup sekali saja. Saya kadang ada pembeli yang ingin mengajukan pembatalan, tapi sebelum saya menyetujuinya, pembeli tersebut membatalkan pengajuan pembatalan. Padahal pembeli tersebut ingin membatalkan pesanan. Alhasil, saya sebagai penjual yang harus membatalkan pesanan tersebut, atau tetap mengirimkan, meski pembeli tersebut tidak membayar begitu barang sampai. Kalau pembeli tak mau bayar, barang kembali ke penjual, tanpa dibebankan biaya kirim. Dalam hal ini pembeli memilih pembayaran COD.

advertisement

Jadi, untuk mengajukan pembatalan, cukup sekali saja. Bila perlu, chat dulu ke penjual, kasih tahu ke penjual kalau Anda ingin membatalkan pesanan. Lalu bagaimana kalau penjual menolak dan tetap memproses pesanan? Atau bagaimana jika pesanan Shopee dengan metode pembayaran COD terlanjur dikirimkan padahal pembeli ingin membatalkan pesanan tersebut?

Sebagai penjual, memang tidak enak rasanya kalau ada pembeli yang pesan barang, pembayarannya COD, tapi pembeli tak mau membayar pesanan. Namun, berhubung saya juga sebagai pembeli di Shopee, dan pernah membatalkan pesanan COD Shopee, jawabannya adalah pesanan COD Shopee yang sedang dalam proses pengiriman masih bisa dibatalkan.

Memang ada penyebab kenapa pembeli membatalkan pesanan COD, bisa jadi begitu barang sampai, uang tidak ada, ragu dengan isi barang, pesanan terlalu lama dikirimkan, berubah pikiran, atau penyebab lainnya. Sebagai penjual memang hal ini bisa bikin kesal, tapi membatalkan pesanan adalah hak pembeli. Dan ini juga harus disadari oleh penjual bahwa pesanan COD tidak dibayar oleh pembeli adalah risiko melayani pembelian dengan pembayaran COD. Jika tidak ingin hal ini terjadi, tinggal nonaktifkan saja pilihan COD-nya.

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee yang sudah Dikirim
Jika pengajuan pembatalan ditolak oleh penjual, atau ingin membatalkan pesanan COD tapi barang sudah dikirim, maka ketika barang sudah sampai, bilang ke kurirnya kalau Anda membatalkan pesanan tersebut. Anda tidak perlu membayar pesanan tersebut kepada kurir, ongkos kirimnya juga tidak perlu dibayar.

Barang pesanan COD yang gagal akan dikembalikan ke penjual. Penjual tak perlu menanggung ongkir. Namun, risikonya adalah barang rentan rusak saat proses pengiriman, apalagi barang yang dikirim adalah barang yang mudah rusak.

Layanan COD ini punya celah. Bisa disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab, memesan barang terus-menerus tapi tidak membayarnya. Nah, kalau di Shopee, jika beberapa kali membatalkan pesanan COD, maka dampaknya adalah fitur COD dinonaktifkan sementara. Akun Shopee yang fitur COD-nya diblok masih tetap bisa digunakan untuk memesan barang, tapi tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD.

Apakah pesanan COD Shopee bisa dibatalkan kalau sudah dibayar?
Kemungkinan yang bisa terjadi saat membeli barang lewat online adalah barang tidak sesuai dengan yang dipesan. Masalah ini bisa diselesaikan dengan memberitahukan ke penjual terlebih dulu. Jangan buru-buru membeli penilaian buruk (bintang satu) ke penjual, jelaskan dulu ke penjual bahwa pesanan Anda tidak sesuai.

Jika kurir sudah mengonfirmasi pembayaran COD Shopee, maka pesanan tersebut tidak bisa dibatalkan. Pembeli tidak boleh membuka paket sebelum membayar.

Sebaiknya rekam saat Anda membuka paket, sehingga kalau ada masalah seperti barang tidak sesuai, ada bukti yang menguatkan.

Jika Anda ingin membuka paket pesanan COD tanpa harus membayar dulu, maka Anda perlu kerjasama dengan kurir. Meski Anda sudah membayar pesanan tersebut, minta agar kurir jangan dulu mengonfirmasi pembayaran tersebut. Usahakan saat membuka paket tidak merusak kertas resi yang terdapat di paket. Jika tidak sesuai, barang bisa dikembalikan.

Jadi, pesanan COD Shopee yang sudah dikirimkan masih bisa dibatalkan. Caranya gampang, Anda tidak perlu membayar pesanan tersebut. Namun, jika Anda berkali-kali melakukan pembatalan, pilihan pembayaran COD akan dinonaktifkan sementara.

62 Comments

  1. Kak mau tanya dong. Kalo pesanan udah dikirim sama Abang kurirnya kerumah, terus kita mau batalin itu pesanan karena cod kan, apa bisa?

    1. Bisa. Waktu pesanan datang, tinggal bilang saja ke kurirnya, kalo pesanannya dibatalkan. Tapi efeknya kalau berkali-kali membatalkan pesanan dari Shopee, nanti pilihan pembayaran COD-nya dinonaktifkan.

          1. Kak saya mau tanya ,kan saya membatalkan pesanan di shopee tapi penjual nya menolak ,skrng barang nya lagi di Anter sama kurir ,tapi padahal saya ngebatalin pesanannya karena tidak sesuai SM berubah pikiran ,apa bisa nanti aku bilang kek kurir nya gak jadi /barang dibatalkan???

          2. kak kan aku pesen di shopee dikemasnya lama kata olshop nya overload terus mau dibatalin tp sebelum nya pernah dibatalin jadi ada notif ajuan pembatalan hanya satu kali katanya terus aku nanyain ke olshop nya gabisa dibatalin katanya padahal kan belum ada no resi masih dikemas

      1. Kak kalo barangnya masih di kemas setelah ìtu saya batalkan tapi NB nya si penjual ndak boleh di batalkan itu gimana ya kak?

      2. Mau tanya donk kalau kita tolak barang tersebut dengan metode pembayaran cod apakah kurirnya yg nantinya akan membayar pesanan kita??

    2. Kak tadi saya pesan sistem cod tapi pesanan saya tidak tersedia itu bagaimana yaa solusinya soalnya udah 2x takutnya nanti kalau tiba tiba kurir dateng padahal notifikasi tidak tersedia disini

  2. Saya kmrn berbelanja di shoopee dan penjualnya bilang bahwa barang sudah sold out, kemudian penjual.ingin mengganti dengan barang lain..akan tetapi saya tidak suka. Penjual.meminta kepada saya agar saya memperpanjang masa garansi shoope, setelah saya klik saya berubah pikiran karena takut barang yg dikirim tidak sesuai. Saya mengajukan pembatalan, tetapi ditolah oleh penjual..dan sekarang barangnya dlm proses pengiriman. Apakah saat barangnya tiba dan tidak sesuai pesanan saya hrs bayar COD nya atau bagaimana?

  3. Ini bener kan kak? Langsung bilang aja ke kurir nya, takut nya kurir nya nolak batal, atau malah alasan ga bisa dibatalkan?

      1. Halo kak saya mau tanya,kmrn ada yg minjem hp saya buat pesen barang d shoppe,trs membatalkan satu pesanan tpi si penjual menolak pembatalan padahl masih di kemas,dan sekarang udah d kirim ny,saya udah chat penjual berkali kali dan udah saya jelasin jg,tpi mlah dia kekeh,trs gimana kak,saya takut nanti si kurir nggk mau menolak jg?

        1. Kalau memang mau membatalkan, tidak perlu bayar pesanan ketika barang datang. Adalah hak pembeli untuk membatalkan pesanan. Apakah metode pembayarannya COD?

          1. Mau tanya donk kalau kita tolak barang tersebut dengan metode pembayaran cod apakah kurirnya yg nantinya akan membayar pesanan kita??

          2. Kak mau tanya . Kan aku ga punya apl shopee cuma pilih brg trus order . Nah kan gatau kalo brg nya tuh udh proses apa blm aku coba order lagi brg yg sama . Trus besoknpa dtg 2 brg kak aku ambil 1 pcs aja yg 1 ga aku ambil soalnya kan aku gatau kemarin brg udh proses apa blm . Nah Aku udh difoto katanya buat retur trs 2 hr kemudian kurir nya dtg lagi nanya lg ya ga aku ambil. Trus gmna kalo kurir ya dtg lagi kak? Tq

        2. Kak barangkan belum sampe dirumah saya ,dilacak masih ditempat lain tapi penjual minta diklik barang sudah diterima. apakah saya harus ngikuti penjual? soalnya saya ragu penjualnya nipu

    1. Halo kak, kan pesanan saya sedang dalam masa pengiriman, saya pesan via COD, nah statusnya masih dibandung gitu, sedangkan besok saya harus keluar kota pagi, sepertinya paket malem belum sampai, nah kalau saat kurir datang lalu menelpon saya dan saya bilang batalkan pesanan gitu bisa ka? Apa nnti harus bayar atau bagaimana gitu?

  4. Kak, kalau saya mengajukan permohonan pembatalan tapi ditolak penjual, padahal permohonan pembatalan dilakukan saat barang masih dikemas belum sampai ke kurir, saya sudah chat berkali-kali dan dengan alasan yang jelas tapi tidak direspon penjual dan malah barangnya tetap dikirim, saya chat penjual tidak ada balasan sekalipun, saya ajukan pembatalan karena banyak yang merespon negatif toko tersebut, saya baca komenan di toko tersebut ternyata banyak yang komen negatif entah itu barang tidak sesuai, jumlah barang kurang 1 dll jadi saya ajukan pembatalan ditoko tersebut, apakah memang bisa kalau saat barang datang saya tidak mau bayar?

    1. Kalau memang mau dibatalkan, bisa. Begitu barang datang, tidak usah dibayar, bilang saja ke kurirnya, kalau nggak jadi beli.

      1. Kak kalau barangnya masih dalam pengiriman trs kurirnya belum nyampe rumah trs kita mau cancel bisa gk? Biar cepet gk nunggu kurirnya

          1. Kak ini gimana yh? Kurirnya tanya ke saya kalau paketnya akan diambil atau tidak, saya bilang tidak, tapi kenapa ada pesan masuk bertulisan permintaan collect SMS anda ditolak, trus disitu ada nomor si kurir.

  5. Kalau pesanan nya sudah sampai terus selama 1 bulan lebih tidak di ambil barangnya apakah setelah 1bulan itu masih bisa kita ambil barang nya?

  6. Mau nanya, kita mau membatalkan pesanan tapi barang dalam proses pemikiran COD, apakah ketika barang datang kita harus membayar ongkirnya?, Tolong jawabannya

  7. Mau nanya, kalau kita ingin membatalkan pesanan COD, tapi sudah dalam perjalanan,ketika kurir sampai, harus bayar ongkir tidak ya untuk mengembalikan barangnya? Tolong jawabannya

  8. Kak mau tanya dong, saya sebagai seller, ada 2 customer saya order pembayarannya COD, tapi karena masalah di ekspedisi barang dilempar kesana kesini sehingga jadi lama dan belum juga diterima customer saya akhirnya orderan dibatalkan oleh sistem shopee, nah barang saya yang udah dikirim gmn ya kak? Sudah semingguan belum balik ke rumah saya lagi barangnya, apa yang harus saya lakukan sebagai seller? Terimakasih

    1. Harusnya diretur ke penjual. Coba hubungi drop point J&T tempat mbaknya kirim paket, atau hubungi kurir yg jemput paket mbaknya, kalo pake layanan jemput paket J&T.

  9. Kak saya pesan barang dari luar negeri gt itu dikirim pake layanan standar express COD, sudah dari awal bulan agustus tapi sampai sekarang akhir bulan belum sampai juga. Saya juga ganti Nomor ponsel dan di shoppe keterangannya penerima tidak dikenal. Saya ingin membatalkan pesanan saya caranya gmana kak?

    1. kak mau tanya, saya barusan batalin pesanan cod karna alasanny emg barang yg dikirim salah, terus kurir nya minta foto KTP, itu memang begitu atau gimana ya? saya jadi kepikiran

  10. Kak saya mau tanya, saya mengajukan pembatalan pesanan karena ingin menambah barang tapi sipenjual tidak merespon dan tetap menjalankan pesanan saya alhasil saya jadi mempunyai dua pesanan yang sama,,lalu apakah bisa saya mengajukan pembatalan saat barang itu akan dikirim kekurir?

  11. Halo kak, kan pesanan saya sedang dalam masa pengiriman, saya pesan via COD, nah statusnya masih dibandung gitu, sedangkan besok saya harus keluar kota pagi, sepertinya paket malem belum sampai, nah kalau saat kurir datang lalu menelpon saya dan saya bilang batalkan pesanan gitu bisa ka? Apa nnti harus bayar atau bagaimana gitu?

  12. Ka aku mau tanya. aku order barang di Shopee tapi barang tidak sampai dan di kembalikan ke penjual tapi di app nya masih tercamtum barang dikirim mau batalinnya gimana yaa?

  13. Kak saya tadi beli pesanan cod terus saya gak jadi pesan tetapi sdh dalam kirim pesanan apakah bisa dibatalkan

  14. Kak ini tadi saya sudah meminta permohonan pembatalan pesanan tapi kata penjualnya tidak bisa sdh kirim tidak bisa batal katanya, nah itu bagaimana kak kalau kurirnya datang saya harus gimana, dan kalau kurirnya tidak mau dibatalkan gimana

  15. Kak,pesanan COD saya dikirim tapi saya ingin membatalkannya,saya chat penjualnya untuk minta pembatalan tapi tidak di respon.Kalau saya batalkan pesanan COD saya saat pesanannya sudah sampai apakah kurirnya menerima?

  16. Kak,pesanan COD saya dikirim tapi saya ingin membatalkannya,saya chat penjualnya untuk minta pembatalan tapi tidak di respon.Kalau saya batalkan pesanan COD saya saat pesanannya sudah sampai apakah kurirnya menerima,saya takut kurirnya tidak menerima?

  17. Kak tadi saya pesan sistem cod tapi pesanan saya tidak tersedia itu bagaimana yaa solusinya soalnya udah 2x takutnya nanti kalau tiba tiba kurir dateng padahal notifikasi tidak tersedia disini

  18. Kak mau tanya kan aku pesan dishope nah barang tuh statusnya masih pengemasan kalau sudah dikirim sih aku tidak berani membatalkan
    tapi sama sipenjual pengajuan pembatalanku ditolak aku sudah menghubungi penjual tapi dia kekeh dikirim
    kalaupun barang datang aku tidak nerima apa ngapapa ka
    terimakasih sebelumnya

  19. Kak mau tanya . Kan aku order ga pakai apl cuma pilih brg trs order . Kan gatau udh diproses apa blm nah besoknya aku coba lg order brg yg sama lg . Trs besoknya brg datang ada 2 brg aku ambil 1 doang 1 nya ngga soalnya kan gatau orderan udh proses apa blm . Jd 1 nya retur malah 2 hr kemudian dtg lagi brg nya kak . Gmna nih kak bilang ke kurirnya? Tq

  20. Kak mau tanya . Kan aku ga punya apl shopee cuma pilih brg trus order . Nah kan gatau kalo brg nya tuh udh proses apa blm aku coba order lagi brg yg sama . Trus besoknpa dtg 2 brg kak aku ambil 1 pcs aja yg 1 ga aku ambil soalnya kan aku gatau kemarin brg udh proses apa blm . Nah Aku udh difoto katanya buat retur trs 2 hr kemudian kurir nya dtg lagi nanya lg ya ga aku ambil. Trus gmna kalo kurir ya dtg lagi kak? Tq

  21. Kak akun saya dihack org lain. trs diakun saya dia pesen barang” yg ga jelas pembayarannya lewat shoppe pay latter dan tagihan pembayarannya 750rb. di shoppepay saya juga diambil 300rb hilang. ada barang yg mau dikirim 2 saya mencoba membatalkan tapi penjual malah marah marah. tindakan saya harus gimana dong? saya masa harus rugi 1jt kak😭

  22. Kak, klo barang cod sudah terkirim terus kita mau nolak saat sampai. Itu harus dengan persetujuan pihak oenjual dulu??

  23. Halo, Kak.
    Saya gak sengaja beli barang terus saya nanti sadar 3 hari berikutnya, tapi barangnya sudah dikirim, saya coba membatalkan pesanan pada penjualannya tapi ditolak karna alasan cod, dan masalahnya saya gak punya uang, jadi gimana kak? Kata penjualannya, kurir tetap akan mengirim pesanan dan meminta tagihan. Tolong dibalas kak, ini pertama kalinya buat saya, saya takut kalau saya harus tetap bayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button