Perbedaan JNE dan J&T Express, mana yang lebih bagus?

J&T dan JNE adalah layanan ekspedisi barang. Lalu apa sih perbedaan JNE dan J&T? Mana yang lebih baik antara JNE dan J&T? Nah, bagi kalian yang sering kirim paket atau sering belanja online, tentu tak asing lagi dong dengan layanan ekspedisi tersebut. Bagi yang mau kirim barang, bingung mau memilih antara JNE dan J&T, barangkali postingan ini bisa membantu menentukan pilihan Anda.

Tahun Didirikan
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan perusahaan ekspedisi yang didirikan pada tahun 1990. Dengan begitu, JNE sudah beroperasi puluhan tahun di Indonesia. Sedangkan J&T didirikan pada tahun 2015. Meski baru beberapa tahun berdiri, nama J&T sudah populer dan sudah menjadi andalan para penjual online sebagai perantara pengiriman barang ke pembeli.

advertisement

Layanan pengiriman
JNE menawarkan sejumlah pilihan pengiriman, diantaranya adalah layanan YES, REG, dan OKE. Perbedaannya adalah lama waktu pengirimannya, dan tentunya tarifnya juga berbeda. YES singkatan dari Yakin Esok Sampai, layanan JNE dengan waktu pengiriman 1 hari. Namun, layanan YES tidak tersedia untuk semua wilayah, hanya wilayah tertentu saja. Selain itu, meski estimasi pengirimannya 1 hari, tapi kenyataanya paket YES bisa sampai dalam waktu lebih dari 1 hari.

Kalau paket REG berarti reguler. Ini paket layanan standar dari JNE. Berikutnya layanan OKE, tarifnya lebi murah dari layanan REG, dan estimasi pengirimannya juga lebih lama dari layanan REg.

advertisement

Selain itu, JNE juga menyediakan layanan pengiriman khusus untuk paket besar dengan harga lebih ekonomis, yaitu JNE Trucking (JTR). Minimal berat barang yang akan dikirimkan seberat 10 kg.

Berbeda dengan JNE, J&T hanya menawarkan satu layanan pegiriman yang disebut EZ, tidak ada pembagian tarif seperti JNE. Estimasi waktu sampai bisa bervariasi. Namun, untuk pengiriman masih satu provinsi, barang bisa sampai ke penerima hanya dalam waktu 2 hari saja, bahkan ada yang 1 hari sampai.

Layanan jemput paket
J&T menyediakan layanan jemput paket. Dengan begitu, bagi orang yang ingin mengirim paket via J&T, orang itu tidak harus langsung datang ke agen J&T terdekat. Kurir J&T bersedia menjemput paket pelanggan.

Sedangkan kalau JNE secara resmi belum memiliki layanan jemput paket, sehingga pelanggan yang ingin mengirimkan paket lewat JNE mesti ke agen atau konte JNE terdekat.

Kurir
Kurir J&T adalah karyawan J&T, yang selain mendapat gaji pokok juga mendapatkan komisi per paket yang dikirimkan. Kurir J&T juga bisa mendapatkan tambahan uang dari paket yang di-pick up. Sedangkan kurir JNE berstatus freelance, tidak mendapatkan gaji bulanan.

Batas toleransi berat
Di J&T, barang yang beratnya 1,3 kg masih dihitung 1 kg untuk ongkos kirimnya. Sedangkan jika lebih dari 1,3 kg, dihitung 2 kg.

Sedangkan di JNE, batas toleransi berat barang adalah 1,4 kg, berbeda 0,1 kg dengan J&T.

Tarif
Ongkos kirim JNE cenderung lebih murah ketimbang J&T.

Kecepatan pengiriman
Saat ini J&T hanya menyedikan satu layanan saja. Adapun untuk estimasi waktu pengiriman bervariasi tergantung alamat tujuan. Untuk pengiriman domestik, masih satu provinsi, lama pengiriman berkisar 1-2 hari. Bahkan komitmen J&T adalah pengiriman domestik maksimal 2 hari sampai. Sedangkan untuk antar provinsi yang masih satu pulau, misal dari Jakata ke Jawa Tengah, waktu pengiriman kurang lebih 3 hari.

Kalau di J&T, ada berbagai pilihan pengiriman, diantaranya adalah YES, REG, dan OKE. YES (Yakin Esok Sampai) merupakan layanan ekspres JNE dengan prioritas tinggi. Lama pengiriman antaa 1-2 hari. Namun, tidak semua daerah bisa menggunakan layanan YES.

Sedangkan REG merupakan pengiriman standar JNE, dan OKE merupakan pengiriman JNE dengan tarif lebih ekonomis. Selain itu, untuk barang-barang besar, JNE juga menyediakan layanan JTR (JNE Trucking) dengan minimal berat barang 10 kg.

Keagenan
JNE membuka peluang keagenan, sedangkan J&T tidak.

Layanan COD
J&T bekerja sama dengan Shopee dalam mengadakan layanan COD (Cash on Delivery). Dengan layanan ini, penerima barang bisa membayar barang pesanannya ketika barang sampai. Sedangkan JNE belum bisa.

Itulah sejumlah perbedaan antara JNE dan J&T. Lalu mana yang lebih bagus, J&T atau JNE? Tergantung keperluan. Kalau saya selaku penjual yang melayani pembelian secara COD, tentu saya memilih J&T. Tapi, kalau pembeli memilih JNE, ya saya pakai JNE. Masing-masing ada kelebihan dan juga kekurangannya.

2 Comments

  1. Sama aja,,,,saya kirim barang dari Medan ke Lhokseumawe dari tgl 28 sampai sekarang belum nyampek,,,mending pake bus atau expedisi lainnya,,,1 hari langsung sampai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button