Waspada Penipuan Undian Berhadiah Shopee

Berhati-hatilah jika ada yang menelepon Anda mengatasnamakan dari pihak Shopee. Modus penipuan makin beragam. Sudah banyak kejadian penipuan mengatasnamakan Shopee. Modusnya bisa berupa undian berhadiah, pemberian cash back, dan sebagainya. Jangan berikan data-data yang diminta kepada orang yang mengaku mengatasnamakan Shopee. Apalagi kalau yang menelepon adalah nomor HP pribadi, bukan nomor resmi dari Shopee.

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya tertipu dengan orang yang mengatasnamakan Shopee. Saya adalah orang yang waspada terhadap penipuan semacam itu. Namun, mungkin karena sedang dilanda masalah keuangan, dengan lugunya saya bisa ketipu, menuruti keinginan penipu. Penipu menggunakan saldo Shopeepay saya senilai Rp200.000. Mungkin bagi orang lain ini bukan jumlah yang besar, tapi di masa krisis seperti, jumlah itu sangat berarti. Dan yang lebih merugikan lagi adalah, akun Shopee saya dinonaktifkan, padahal itu akun untuk jualan.

Kronologi
Jadi, pada 20 Juni 2020 ada seseorang yang mengatasnamakan dari pihak Shopee menelepon ke nomor HP yang saya gunakan di Shopee. Katanya saya mendapatkan cashback senilai Rp2.000.000 yang katanya bisa digunakan untuk belanja, atau bisa dicairkan. Penipu itu bilang kalau saya adalah salah satu dari 3 orang yang beruntung mendapatkan cashback tersebut.

advertisement

Penipu menyuruh saya membuka aplikasi Shopee, tapi karena HP saya tidak ada aplikasi Shopee, saya mesti instal dulu. Saya disuruh memasukkan kode yang dikirimkan oleh Shopee. Saya tanya, apakah bisa kalau saya akses lewat broser saja, tapi katanya harus lewat aplikasi.

Sebenarnya saya curiga karena penelepon menggunakan nomor pribadi. Tapi saya yakin karena SMS-nya benar dari pihak Shopee. Entah kenapa saya bisa yakin padahal di SMS jelas-jelas disebutkan “JANGAN BERIKAN kode RAHASIA ini kepada siapa pun, TERMASUK TIM SHOPEE. WASPADA PENIPUAN!”. Karena saya terpengaruh kata-kata penipu itu tadi, saya kasih tahu kode 6 digit ke penipu tersebut.

advertisement

Setelah saya buka akun Shopee saya lewat aplikasi, saya diminta untuk mengisi saldo Shopeepay, karena syarat untuk mendapatkan cashback yang 2 juta tadi adalah dengan top up Shopeepay senilai Rp200.000. Di sini saya yakin karena di aplikasi Shopee memang ada promo lucky draw, ada hadiah undian senilai 1 juta bagi yang mengisi Shopeepay minimal Rp20.000, untuk periode 16 Juni – 25 Juni 2020, kalau tidak salah. Padahal dari situ saja sebenarnya sudah mencurigakan. Program undian berhadiah tersebut hadianya Rp 1 juta. Padahal penipu tadi bilang kalau saya mendapatkan 2 juta.

Saya isi saldo Shopeepay sebesar Rp200.000. Kemudian ada SMS Shopeepay yang masuk ke HP saya. Penipu meminta agar saya menyebutkan kode 6 angka yang disebutkan di SMS tersebut, agar hadiah bisa saya terima. Di SMS tersebut juga disebutkan “JANGAN BERIKAN kode kepada siapapun, TERMASUK TIM SHOPEE”, tapi saya tidak memedulikan himbauan tersebut, dan malah memberikan kodenya begitu saja.

Saya disuruh ke ATM untuk mengecek saldo. Saldo saya masih tetap, belum bertambah. Penipu pura-pura bingung kok bisa dananya belum masuk. Padahal kalau saya pikir-pikir, katanya cashback masuk ke Shopeepay, tapi kenapa saya harus cek saldo ATM? Kalau saldo Shopeepay kan untuk belanja, kalau mau ditarik mesti request dulu.

Saya disuruh melakukan langkah-langkah seperti kalau saya mau mengisi saldo Shopeepay, tapi yang dimasukkan bukan jumlah nominal top up yang diinginkan, melainkan kode yang dikirim di SMS. Memang aneh sih, tapi yang lebih aneh, saya turuti perintah penipu itu. Di ruang ATM ada yang memperingatkan saya kalau itu penipuan. Tapi, saya seperti terpengaruh kata-kata penipu, saya mengikuti apa kata-kata penipu.

Saya masukkan kodenya, tapi terjadi error, di ATM ada tulisan kalau tidak salah “HUBUNGAN KOMUNIKASI GAGAL”. Kemudian saya disuruh untuk membuka menu REGISTRASI SMS NOTIFIKASI di ATM BRI. Saya disuruh memasukkan 2.000.000, tapi gagal, terjadi error seperti tadi. Saya juga sempat disuruh memasukkan 3.000.000, tapi gagal lagi. Di sini saya heran, katanya saya menang 2 juta, tapi disuruh memasukkan 3.000.000.

Penipu menyuruh saya mencoba menggunakan ATM lain. Saya cuma BRI. Saya disuruh keluar dulu dari ATM. Saya pun keluar. Telepon masih tersambung. Kemudian ada SMS lagi dari Shopee. Penipu menyuruh saya menyebutkan lagi kode yang dikirimkan. Di sini saya mulai curiga. Saya menyebutkan kode yang tidak benar. SMS tersebut berisi kode untuk mengubah password.

Saya buka aplikasi Shopee, saya ganti kode PIN Shopeepay saya. Tidak lama kemudian penipu menutup telepon. Akun saya juga tidak bisa diakses.

Setelah itu, saya menelepon ke CS Shopee, menjelaskan apa yang terjadi. Tinggal menunggu proses dari Shopee.

Modus Penipuan
Setelah saya bisa berpikir tenang, saya paham alasan kenapa penipu tersebut meminta kode-kode tadi.

1. Dalam kasus saya, sepertinya penipu mencoba login ke akun Shopee saya. Password yang saya gunakan memang kurang aman, cuma terdiri dari huruf, huruf kecil semua, tidak ada angka atau tanda baca apapun. Nah, penipu belum bisa masuk ke akun saya, karena terhalang verifikasi OTP (one time pasasword). Saya mendapatkan SMS dari Shopee berupa kode 6 digit, kode itu untuk masuk ke akun Shopee saya.

2. Setelah kode dimasukkan. Penipu berhasil masuk ke akun Shopee saya. Penipu mengakses Shopeepay saya, tapi lagi-lagi terhalang kode verifikasi. Setelah saya berikan kode verifikasinya, penipu bisa mengakses Shopeepay saya. Meski sudah masuk, penipu belum bisa menggunakan saldo Shopeepay, karena tidak tahu PIN Shopeepay saya.

3. Penipu sempat menanyakan tanggal lahir saya. Memangnya untuk apa sih tanggal lahir, tapi saya berikan saja. Setelah saya pikir-pikir, mungkin penipu mencoba mencari informasi kode PIN Shopeepay saya. Memang sepele, tapi dari situlah penipu menebak kode PIN Shopeepay saya, karena memang 6 digit kode Shopeepay saya pakai tanggal lahir, bulan, dan dua digit terakhir tahun kelahiran. Seandainya saya tidak memberikan informasi tanggal lahir saya, mungkin saldo Shopeepay saya masih utuh.

4. Setelah itu, penipu masih meminta kode dari Shopee. Karena saya sudah curiga, saya membuka akun Shopee saya dan saldo Shopeepay saya sebesar Rp200.000 digunakan untuk transaksi, saya tidak memberi tahu kode tersebut kepada penipu. Karena saya sudah sadar kalau itu adalah kode untuk mengubah password Shopee.

5. Jadi, setelah saldo Shopeepay saya diambil, penipu juga ingin mengambil alih akun Shopee saya. Berhubung akun Shopee saya pakai untuk jualan selama beberapa tahun, akun Shopee saya bisa dijual. Atau yang lebih parah lagi menggunakan akun saya untuk berhutang di Shopee lewat Shopee Paylater. Kalau ini terjadi, penipu bisa berhutang atas nama saya, sehingga kalau tidak dibayar, yang ditagih saya.

6. Penipu menutup telepon. Akun saya diblokir.

Saya sudah menelepon pihak Shopee, kirim email ke Shopee, juga mengubah PIN ATM. Sebelum mengubah PIN, saya cek dulu ternyata ada pengurangan saldo, sepertinya Rp20.000. Untungnya pada hari itu saya sudah menarik saldo ATM saya, meski tidak semuanya. Saldo ATM saya tidak mencapai jutaan. Saya beruntung karena sisa saldo di ATM saya sedikit, sehingga tidak kena tipu sampai berjuta-juta.

Pelajaran yang bisa diambil
1. Jangan gampang percaya dengan orang yang menatasnamakan dari pihak Shopee yang mengabarkan kalau Anda mendapatkan hadiah. Undian berhadiah di Shopee itu memang bukan penipuan, tapi pengumuman pemenang lewat aplikasi Shopee, bukan lewat telopon, apalagi peneleponnya menggunakan nomor HP pribadi.

2. Jangan memberikan kode rahasia yang dikirimkan oleh Shopee, sekalipun yang meminta adalah tim Shopee, apalagi kalau cuma orang yang mengaku-ngaku dari Shopee.

3. Gunakan password Shopee yang susah ditebak, kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca.

4. Jika sudah terlanjur memberikan kode, segera masuk ke akun Shopee, ubah password.

5. Jangan memberikan informasi tanggal lahir kepada penipu.

6. Jika sudah terlanjur, saldo Shopeepay sudah digunakan, kemudian akun diblokir, segera hubungi CS Shopee lalu ceritakan kronologi yang terjadi.

7. Jangan menyimpan saldo Shopeepay dalam jumlah banyak.

Apakah saldo Shopeepay yang sudah dipakai bisa kembali?
Penipu mengambil Shopeepay dengan melakukan transaksi di Shopee. Kalau dalam kasus saya, penipu menggunakannya untuk top up pulsa. Saya tidak tahu apakah saldo saya bisa kembali atau tidak, kata pihak Shopee tidak ada jaminan saldo bisa kembali.

Modus lainnya adalah dengan menggunakan saldo untuk order ke toko lain, tapi toko fiktif, yang cuma digunakan supaya saldo Shopeepay berpindah ke toko tersebut. Kalau ini kemungkinan bisa kembali, karena saldo baru bisa masuk ke akun penjual kalau barang sudah sampai. Pembeli bisa melakukan pengajuan pembatalan pesanan. Tapi, karena penipu bisa membuka akun korban, penipu bisa saja membatalkan pengajuan pembatalan. Kalau sudah seperti ini, pesanan tidak bisa dibatalkan, karena pembeli tidak bisa membatalkan pesanan sebanyak dua kali. Pembeli juga bisa memperpanjang masa garansi sehingga saldo tertahan di pihak Shopee. Tapi, kalau akun sudah dikuasai penipu, penipu bisa saja melakukan konfirmasi bahwa pesanan diterima, sehingga saldo diteruskan ke toko fiktif tadi.

Ada yang ketipu sampai jutaan rupiah dengan modus seperti itu. Jangan sampai Anda menjadi korban berikutnya. Saya menjadi korban penipuan undian berhadiah Shopee karena ceroboh, karena pikiran saya waktu itu sedang tidak baik, sehingga tidak bisa berpikir jernih.

Jika Anda punya pengalaman serupa, Anda bisa bagikan lewat kolom komentar.

295 Comments

      1. Sama persis kak,saya juga baru kejadian tadi sore,senin 7/9,mengatasnamakan dari pihak shopee dan saat itu juga saya percaya.si penipu meminta kode verifikasi dan dengan mudahnya saya langsung percaya bahwa itu memang dari pihak shopee soalnya mereka membujuk agar tidak ketakutan kalau mereka menipu,awalnya saya disuruh buka aplikasi internet banking dan saya langsung mengikuti semua yang diarahkan,setelah sampai dipertengahan saya ditanyai jumlah saldo yang masih ada,abis itu mereka memberikan pilihan hadiahnya mau dalam bentuk uang atau dimasukan dishopee pay,setelah itu saya lgsung mengajukan untuk masuk dishopee pay saja,abis tu si penipu menjelaskan cara² untuk memasukan ke shopee pay,dan mereka meminta untuk mengisi saldo 300 ribu berhubung saya pas diawal bilang bahwa jumlah saldo saya cuma 100 ribu masa saya harus ngisi dengan nominal 300 ribu lalu si penipu meminta untuk mengisi dengan nominal 50 ribu terus saya bilang ga bisa,mereka bilang lagi untuk mengisi sejumlah 45 ribu lalu saya meng iyakan,stelah itu saya mulai merasa ada yang mengganjal lalu saya matikan telponnya tetapi mereka tetap menelvon saya,untung saya cuma TF nominal segitu,tapi saya percaya bahwa allah itu tidak pernah tidur dan allah maha adil,semoga kejadian ini menjadi pembelajaran agar lebih hati² dan lebih jeli

        1. Kok bisa ya pihak penipu bisa tau data2 para pengguna shoope, saya hampir kena tipu karena data data yg diberikan akurat bgt. Tp akhirnya untung diingatkan sm mamah

        2. Sama kak aku juga ditelpon yang mengatasnamakan shopee padahal udah diingatkan yah mungkin karena uang lagi nipis jadi aku percaya padahal dalam hati mikir “beneran nih” karena aku dengar suara yang mengatasnamakan shopee juga disebelah orang yang menelpon aku, ya jadi aku berikan semua data yang disebutkan sama si penelpon, berhubung bosan menelpon aku selama 1 jam dan ATM & shopee pay nggak ada isinya, dianya mutus panggilan katanya mau dilanjutkan besok, aku tunggu kok nggk nelpon lagi.

        3. Sama persis tapi saya kena 200rb.. mereka awalnya nelpon ke nomer biasa terus saya matikan.. nah terus mereka WA dan di WA itu ada tulisan WA bisnis shopee atau apa saya lupa.. jdi saya percaya aja.. saya isi saldo jga mikirnya klo nipu masak bisa sampe nyedot saldo shopeepay?? Saldo saya hilang dy keterangan di histori transaksi shopeepay pembayaran ke “TOKO DIAMON KOMPUTER” tpi di riwayat pembelian tdk terjadi pembelian apa pun dan saya msh ttp bisa membuka akun shopee saya

      2. saya baru saja tadi siang kejadian krna mungkin saya keburu tergiur dgn omongannya sama persis mengikuti langkah2 sipenipu ****** ngomong krna baru bangun tidurjugaa,, uang saya lebuur 900ribu , sampe2 dia masuk ke mbanking saya mentopup shopeepay dgn sendirinya, pdhal saya tidak menyebutkan pin mbanking,, terpuruk kesall dan nyesekk sekalii:((
        Pkoknya hati2 smuanya klo bangun tidur jgn langsung angkat telpon

        1. Saya saya juga mengalami hal demikian pada 10/10, baru bangun tiba2 dapat telpon katanya dapat hadiah dari pihak shopee senilai 2 juta. Karena tidak berpikir jernih, saya ikuti saja langkah2 yang diperintahkan. Saya sudah memberikan kode OTP saya, tpi karena merasa janggal, saya membatalkan top up shopee pay karena baca di internet pernah terjadi kasus penipuan bgini.

    1. Saya juga mengalami hal yang sma seperti kakak. Saya di iming2ngi uang 2 JT dan ya mungkin karena saya ceroboh dan terlalu senang dengan uang itu. Dan akhirnya uang saya yang diambil oleh mereka yang mengatas namakan shopeepay.

      1. Saya jg kena min. Kemrin tgl 17 agustus sipenipu dgn santai mengarah saya. Dlm hati ini penipuan yg membuat saya percaya karena si penipu memakai nama shoppe di sms untuk mengirimkan kode otp.. Nasi telah jd bubur sy kena tipu 150k. Mungkin nilainya kecil tp bwat sy itu berrti bgt untuk ongkos krj apalagi di saat seperti ini..

        Dan bodooonya sy menuruti semua permintaan si penipu. Semoga allah berikan saya penggantinya yg lebih & si penipu mendapat balasannya. Jujur saya tidak iklas sampai mati walau hanya 150k kalao caranya seperti ini. Sya hanya berdoa semoga allah memberikan teguran / ujian sejatuh2nya agar dya mendpatkan pelajaran & 1 lagi saya tidak iklas……. Sampe mati… & biar di liang lahat dya mendapat ganjarannya & mendapat apa yg dya perbuat.

        Kenapa saya sampe marah & begini karena si penipu berhasil mendapatkan nomor atm saya & kode pembuatan kartunya,

        Sampai dy bilang ini penipuan kan pak, kata si penipu demi semuanya lancar bapak tdk baik berbicara seperti itu. Agaman bapak islam kan.. Ini rezeky yg bpk dpt tp ending zonk

        Bodohnya sy memberikan. Tdk tau knp di tlpon tsb sy menuruti saja. Sampai2 tmn sy yg berhasil menyadarakan saya. Di blg kena hipnotis tdk juga karena di hati sy berkata ini penipuan, tp knp sy ikutin. Karena sy lg problm dgn keuangan jd sy menuruti apalagi si penipu menjanjikan uang 2jt syaratnya yg sy ceritakan.

        Di masa covid. Dngan teganya dya menipu. Berikut nomor si penipu….
        +62 816 964 262

        1. Trus gmn mbak ? Td juga saya kena shopeepay later saya d ambil d beliin pulsa sama s penipu smpe 1 juta ,trus tagihan nya nnti gmn? Smntra akun shopee saya d bekukan

          1. Coba laporkan no hp penipunya.. Caranya PENIPUAN#no.hp#keketrangannya yg lewat sms kirim ke 1166 . Saya juga hampir kena tadi 150 tpi udh d bawa semuanya uangnya dan sms k no itu buat yg telkomsel dan akun shoope saya k blokir

          2. sama seperti saya kejadiannya kemarin siang dan yang saya takutkan lagi dia kembali mengakses akun shoppe saya

          1. kak aku juga kena sebesar 450k lewat paylater. aku udh blg ke cs sjopee by email. katanya akunku juga di bekukan. nah itu gmna ya tagihannya aku juya bingung. tolong donh infoo selanjutnya apa saldo bisa dikembalikan lag yah? aku bego bgt, pikiran lg kacau jdi ga bs mikir panjanh

        2. Mau tanya dong. Kan aku kasih kode otp yg lewat wa tapi kode konfirmasi yang lewat sms ga aku kasih karena aku udah sadar kalo penipuan. Gimana ya akunku aman gak?? Mohon bantuannya

        3. sama persis saya baru hari jumAt malam kemarin kak, apakah bisa dikembalikan uangyan 2 juta sengat berarti bagi saya. dan itu ditransfer ke akun dana. saat itu penipu sampe sumpah2 sampe bawa2 agama, alhamdulillah terus katanya. dia juga bilang kalo dia berbadan hukum. saya dibodohi katanya dananya terpending padahal itu tulisan di templet chat terimakasih 7000000 padahal itu bisa ditulis manual. dan mulai dari itu saya mulai curiga tapi uang saya suahhh keburu diambil 2juta. sedih banget rasanya.

          1. sama juga baru ini di tlpn, tp berhubung kmrin2 sempet cari tau penipuan yg lg marak jd sy ajak argumen penipunya. sy suruh transfer ke linkaja tp dia gak mau. harus sebutin dulu kode otpnya katanya. yaa sy blg aja kan kalo trasnfer ke linkaja langsung masuk tanpa kode. eh dia ngotot akhirnya sy matiin wkwkwk

          2. Kalo aku ATM nya ga ada uanggnya udah di bodohi aku ke ATM. Itu gimana ya? Terus aku disuruh ke shoppe pay tapi aku bilang gak ah gajadi. Terus tiba-tiba telepon terputus. Kira-kira rekening saya aman ga?

          1. Saya juga kena tipu 2/11/2020 tepat nya di sore hari,krna keadaan nya juga terburu buru,saya awalnya tidak trgiur hanya saja nomer trsebut akun bisnis dari whatsapp shopee,akhirnya lenyap 781k lewat oneklik,oknmum mencoba mendaftarkan oneklik dri mmobile saya. Smoga jadi pembelajaran.

        4. Sama kak barusan tadi (sselasa 22 September) orangnya telpon dia bilang saya mendapatkan voucher belanja sebesar 2jt trs dia meminta no rekening dan saya kasih dia juga minta kode otp dan saya kasih juga dia bilang minta no rekening dan saya kasih juga dia bilang atm jauh apa nggak saya bilang sekitar 500 m dari rumah saya dia bilang saya suruh cepat kesana daan saya menunggu ibu saya yang sedang sholat untuk mengantar saya dan ayah saya bilang itu penipuan janga di percaya dan beruntung saya belum ke ATM dan saya juga bilang kirim ke shoppe pay saja dia bilang kalau mau di shopee pay harus mengisi shopee pay sebesar 300 rb dan disitu saya juga mulai curiga karena ketika saya meminta dokumen tentang saya pemenang dia maah bilang tidak bisa tunggu nanti jam 7 malam di Chanel antv dia akan live dan akaan menunjukkan merekam omongan saya dan dia dari situ ibu saya mulai takut karena dulu juga pernah terjadi seperti ini dan penipu itu berhasil mengambil uang ortu saya di atm. Akhirnya telpon trputus dia slalu berkali kali menelpon ulang karna saya takut itu penipuan akhirnya no penipu itu yang di telpon dan di wa saya blokir saya sharing di google tentang hadiah dari shopee dan yang keluar jika kita mendapatkan hadiah seperti itu pihak shopee akan menghubungkan si pemenang dengan akun resminya bukan dari no telp pribadi ataupun sms. Saya beruntung sekali karena orang itu belum bertindak jauh ya walaupun sudah di kasih no rekening tapi kata ayah saya tidak boleh menyimpan uang lagi di atm dengan lama lama harus cepat di ambil

        5. saya kejadian tadi malam tanggal 24/2/2021.saya gak tau gimana apa yang terjadi karna ccv atm saya di bobol,spinjaman saya kna,ovo saya kena dana saya kna dan oy indonesia,saya juga kna,apa kita di hipnotis hingga tidak sadar bahwa itu penipuan, jika ada tagihan saya gx akan bayar karna kita tidak terima uang apa pun semua akun di bajak,

        1. Sama saya pun kena tipu,pas tgl 22 hari minggu,saya d tlp kata nya hadiah undian dr shopee dan saya pun percaya dengan omongan nya selqnjut nya saya d suruh top up shopeepay,bodoh nha saya kasih no rek.saya dan pin shopee uang yg d atm saya sebesar 2 jt lebih habis semua terkuras
          Pas saya mau blokir akun saya,sya sudah tidak bisa masuk ke aplikasi shopee karena d bekukan
          Apakah kita masih bisa m3lapor ke cs shopee melqlui aplikasi shopee yg baru

    2. Saya td siang mengalami hal ini,dia berhasil masuk ke akun shopee saya lewat kode otp yg di sms in ke saya. Saya g ngeh klw itu penipuan krn sms ny dr shopee gt,dan pertama dia bilang mau ky kuasioner gt lah,tanya2 eh kesanany dia malah bilang klw ak menang vocer 2 jt. Mau di cairin lewat apa tunai apa shopeepay. Saya bilang shopeepay aj tp saya kudu nyetor 200 rb ke shopepay. Lah saya bilang potong aja ke yg 2 jt itu,dia ngotot g mau lama2 saya sadar dia nipu. Trs saya matiin. Saya masuk ke akun eh ada transaksi beli pulsa 1 jt. Busettt.. utg salso shopeepay saya 0,jd di situ tertulis pembelian gagal. Payletter saya jg blm aktif,hubungan ke sosial media jg g ada. Akhirnya ak search ke google nemu artikel ini,,jd cepat2 saya ubah pasword shopee. Jd disini kita kudu ati2 jgn sembarang masukan kode OTP

      1. Sm, sy jg kena tipu barusan td, sy diminta mengisi top up shopee pay latter sy, untung anak sy dtg dr luar shg lgs mencegah sy, pdhl sy sdh mau brgkt menuju ATM, akhirnya selamat & uang sy tdk jd hilangm tp stlh sy cb buka akun shopee sy ada transaksi plsa sebesar 40 rb di shopee pay latter sy

      2. Kak barusan juga saya kena, tpi saya keburu sadar pas dia suruh saya buat topup shopeepay sebesar 200k. Dari situ langsung saya matikan telfonnya dan si penipu malah nelfon lgi..
        Nah kak apakah akun shopee saya aman setelah ini ? Apakah shopeepay later saya aman jug ? Krna shopeepay later saya sudah aktif dan terverifikasi.. tpi sblmnya saya tidak sempat memberikan kode OTP dari shopee cuman yg saya heran kenapa di awal dia tahu bangeeet identitas diri saya di shopee kak dan tau bangeeet jumlau koin yg ada di akun shopee saya kak pdhal saya tidak memberikan kode OTP nya

    3. Saya juga pernah tapi untung saya tanya suami yg ngerti, kemudian komunikasi lewat hp saya matikan, masih aja si penipu menelpon saya akhirnya saya matikan hpnya, untung ngga sampai top up shopeepay

    4. Saya baru saja mengalami seperti itu.katanya saya dapat undian sebesar 3juta.saya minta pencarian lewat ATM,setelah saya melakukan langkah yang di bimbing oleh penipu saldonya Nggak nmbah.katane saldo di atm saya hrus ad 300rbu.krna di atm saya cuma ad saldonya 10rbu.kemudian saya batalkan saja hadiah nya.apakah ATM saya masih aman?

    5. Saya brusan saja dapat….dr awal pas minta verikasi shopee sy SDH juriga psti penipu nih…yaa udah verifikasinya sy sebut asal2 an doang 😂😂 SDH pasti gak bisa kan….trus terkirim lagi deh kode verifikasi, tapi aku tetap kasi kode yang asal-asalan….ehh dia malah teriak anj**g….anj**g ke saya….saya malah ketawain ngakak….😂😂😂 Ngeprank…malah diprank balik 😂

    6. Saya juga barusan tanggal 15 september 2020 tadi siang akun saya sudah dipegang sama si penipu bahkan akun shopee dan paypazz
      Minta solusi nya dong gimana

    7. Beneran demi apa diikutin aja alurnya si tukang tipu gile si tipu itu jago banget ngomongnya barusan ngotot mau uang sekian minta kode minta pin ya dikasi aja orang saldo kosong pede beneran lagian dapat zero dia pas lagi ngomong udah kesel bat cuz udah capek ngomong bullshit, saldo orang yang ditipunya kosong.
      Sabar buat orang orang yang saldonya keambil.

    8. Saya juga baru tadi ditelpon lewat wa katanya dapat 2jt ini nomornya +1 (213) 318-2202 dan dia juga ada minta kode otp shoppe saya 2x dan saya kasih tapi dia mnta tf ke shoppe pay sjumlah 300rb saya bilang atm jauh dari tempat saya dan saya juga ga punya sms banking lalu kemudian dia mnta saya aktifkan shoppe pay latter tapi ga saya lakukan dan saya langsung mematikan telpon karna saya curiga dan kebetulan juga saya baca postingan ini

    9. Barusan ade saya ketipu… awalnya sama iming iming dapet voucher 2juta dengan syarat isi saldo shopee pay min 3ratus ribu. Ade saya tiba2 ke saya pinjem uang 3ratus buat isi saldo ktmu buat dapetin 2juta tesebut. Sy fikir klo shopee buat shopee pay gpp x ngg ketipu..
      Sudah d trf ke rek bni ade saya via Dana aplikasi.. lalu dr bni d trf k shopee pay.. setelah itu ade msh telpon.. saya dengarkan pembicaraan.. org tesebut mengarahkan agar klik menu pulsa lalu masukan no yg dia sebut.. dengan nominal 200rb pulsa. saya lngsung bisik ke ade .. ini penipuan.. lngsung sy suru tutup… pas di lihat akun shopee tiba2 sudah ada notifikasi pembayaran toko apotik berkah d bandung alamatnya.. pas ade cerita dr awal ternyata.. Ade saya sudah memberikan no rek. No kartu debet atm .. yg pda akhirnya memang d awal ade saya sudah tau uang d atmnter debet 129rbu dan di aplikasi dana sudah kebobolan untungnya d aplikasi dana saldo nol . Jadi di sini total 429000 yg tertipu.. andai tadi terisi pulsa 200 tersebut shopee pay latter . Akhir ny semua akun d gnti password dn bni pun sudah d blokir .. d khawatirkan salah gunakan data untuk pminjman uang.
      Itulah kejadian hari ini pada jam 15.00

  1. Sama saya juga kena tipu kemarin tgl 27 juni 2020…yg sya takutkan foto ktp saya di pakai yg merugikan saya…gmna baiknya ya????

    1. Sama seperti saya tapi kita gak bisa apa itu jadikan pelajaran aja dan selalu berdoa kepada tuhan agar aman aman saja gak di pakai yang aneh aneh dan simpan bukti apapun yang berkaitan dengan penipu itu untuk waspada bilamana KTP kita di pakai yang tidak tidak

  2. Barusaan saya di tpln mengatasanakan shopeee katanya dapat uang 2.000.000 padahal saya udah tau bahwa itu penipuann

    1. persis bgt yg baru saja saya alami… katanya dana mau ditransfer ke rekening BCA saya tapi karena saldo tabungan saya hanya ada puluhan ribu dia suruh saya isi topup sekitar 200 / 250rb.. tapi itu belom saya isi karena sekarang posisi sudah malam,, dan saya sadar itu penipuan tapi saya sudah terlanjur kasih no pin klikbca saya sama tgl lahir saya,, besok auto ke bank ini minta tolong CS bank 😭😭😭

    2. Saya juga dapat telpon itu, tadinya udah mau ke atm tapi saya langsung bilang ke orang ditelponnya nanti aja kalo saya udah sempat jadi ditunda dulu, saya takutnya nanti kalo pas di atm dihipnotis lewat suara makanya saya batalin, setelah baca ulasan ini saya bersyukur banget karna tadi fak jadi

  3. Ini ceritanya sama banget kayak yg baru saya alami hari ini. Kira2 atm nya masih aman gak yah? Atau saya harus ganti pin?

      1. kak aku kan tadi juga mana topi ya, Dia Minta lose otp aku kasih aja terus dia suruh aku ngisi shopepay 300 rb aku bilang aku gaada uang terus dia tanya kamu ada atm kan aku bilang aku gapunya dia bilang disini ada riwayat pembelian lewat atm mandiri saya matikan saja telponya saya bilang kalo saya merasa terganggu, setelah itu saya langsung deh mengahapus akun saya, apakah akan aman kak?

    1. aku baru ngalaminnya kak, trus pas aku coba login ke akun shopee tapi dinonaktifkan. itu gimana ya kak?

  4. Saya baru saja tadi sore, seperti orang bodoh iya2 saja, untungnya nomor rekening saya tidak bocor, data pribadi saya untungnya tidak cobor, penipu hnya tau nama dana alamat saya, tapi saya dirugikan 1.1jt, padahal uang tersebut untuk pembayaran kost dan uang bulanan, semoga penipu kena azab, saya sudah pasrah uang saya tidak kembali, karena Shopee tidak menjamin itu,

    1. Kemarin 20 juli 2020, saya jg kena tipu. Berkedok cashbak 2jt.. shopee pay saya hilang 1,8 jt an. Sedih, kecwa. Pihak shopee sdh blokir akun shopee saya guna pngecekan dll. Apakah saldo saya bs kembali? 😭😢😢

    2. Kejadian ini juga sama sprti yg terjadi pada saya tanggal 3 Agustus lalu. Dan seperti yang dikatakan oenulis, awalnya saya tau itu penipuan tapi anehnya saya menjawab setiap pertanyaan di penipu. Dan dia berbelanja menggunakan akun shopeepay later saya, krna pd saat itu saya blm top up shopeepay.
      Pengaduan saya sedang di proses. Apa saldo shopeepay later saya akan kembali, atau saya harus membayar tagihan dari penipu itu? Disini penipunya juga mengisi pulsa..

        1. Bang saya juga kena tipu. Tapi penipu baru bisa buka akun shoppe saya semalem. Dan tadi pagi akun saya sudah tidak bisa dibuka, untuk identitas lainnya penupubtidak tau. Jadi, apakah saya aman atau gimana?

        2. saya juga hari ini kena tapi di akun shopee saya tidak ada saldo dan saya belum mendaftar shopee pay later tetapi saya tidak tahu dia memesan seseatu atau tidak kejadian di sore hari sama seperti kalian semua saya dengan bodonya menyebut kode otp yg tentunya di larang di beritahukan tetapi krna omongan si penipu manis banget jadi saya percaya dan semoga tidak ter jadi apa apa
          saya mau bertanya apakah akun fb ig dan lainnya bisa di akses juga ???

        3. Sama persis tapi saya kena 200rb.. mereka awalnya nelpon ke nomer biasa terus saya matikan.. nah terus mereka WA dan di WA itu ada tulisan WA bisnis shopee atau apa saya lupa.. jdi saya percaya aja.. saya isi saldo jga mikirnya klo nipu masak bisa sampe nyedot saldo shopeepay?? Saldo saya hilang dy keterangan di histori transaksi shopeepay pembayaran ke “TOKO DIAMON KOMPUTER” tpi di riwayat pembelian tdk terjadi pembelian apa pun dan saya msh ttp bisa membuka akun shopee saya

        4. Coba hub shopee…moga bisa .. g bayar
          Tp kayaknya harus bayar ..
          Barusan jam 15.00 ade saya habis kebobolan 429rb .. klo td masukin pulsa 200 pasti byar d shopee pay matter deh untung sy ngutang mendengarkan pengarahan pulsa tersebut. Tp tetep aj ud ketipu 429000

      1. Sama ka saya juga mau tanya kalau akun saya dipake orang terus shopeepay laternya diaktifin pake ktpnya si dia buat belanja2 gt yg hrs bayar si pemilik akun apa yg punya ktp?
        Soalnya aku aja belum cukup umur utk buat ktp wkw

        SIAPA AJA YG TAU JAWAB YA MAKASI

  5. sama kak,barusan si penipu nelpon aku,ktnya dpt cashback 2500000,tp aku dah yakin ini nipu.cuma aku iya2in aja trus waktu minta kode aku kasih sembarang aja

  6. Aku jg sama kalo udah ganti password penipu masih bisa masuk gak ya, karna penipunya pesan barang barang jorok pake akun aku dan pembayarannya COD, aku udah takut bgt

    1. Persis yang saya alami.. kejadian hari ini 1 september 2020.. mohon lebih baerhati2 guys.. penipu mengambil untung dari krisis ekonomi di pandemik ini.. saya pun tertipu.. 😭

  7. Sy jg kena tipu yg mengatasnamakan shopee sama ceritanya seperti d atas d suruh tf ke sopepay sebesar 800 karena katanya saya dpt uang Rp 3 jt hadiah Dr shopee .tp taunya setelah sy tf mlah saldo nya habis d ambil s pelaku .
    0816416295 itu no s pelaku . Harus bnyak2 waspada 😥

    1. Jika saldo Shopepay digunakan untuk pembelian produk fisik, mungkin dana bisa kembali. Tapi kalau yang dibeli adalah produk non fisik seperti pulsa, kuota internet, dan sejenisnya, ini kemungkinan besar tidak bisa kembali, apalagi kalau transaksinya sudah selesai. Kalau pulsa sudah masuk, berarti transaksi dianggap selesai.

  8. Saya juga barusan kena tipu. Uang saya 1 juta hilang tadi siang. Saya seperti orang bodoh. Menghubungi cs shopee via email tapi tidak ada solusi. Apa harus menghubungi shopee via telepon?

    1. Sebaiknya lewat telepon saja, agar bisa langsung mengobrol dan menjelaskan kepada CS Shopee. Siapkan pulsa setidaknya Rp15.000 kalau telepon pakai HP, karena tarifnya lumayan.

    2. Tadi saya juga dihubungi oleh no pribadi mengatas namakan shopee dapat uang 2.000.000. Saya tidak memberikan no OTP saya. Apakah akun saya masih aman ?

  9. Hari minggu lalu 12 juli saya kena tipu, langkah2 penipuannya sama spt diatas dan sangat disayangkan kerugian saya mencapai 31juta. Barangkali ada yg kena tipu dr 0859xxxx5638 bs cari jalan keluar bersama-sama.

    1. Jika mau share pengalaman terkena penipuan yg merugikan sekian rupiah bisa hubungi via email Saya fitrinurulfirdaus@gmail.com, siapa tau kasusnya serupa seperti yg Saya alami tgl 12 juli lalu dan bs ditindaklanjuti ke pihak berwajib. Saya sudah lapor ke kepolisian dan CS Shopee smga segera ada perkembangan laporannya.

      1. Laporkan saja mbk.. saya juga ngalami tgl 20 Agustus.. sedih saya mbk shopee pay later saya dibuat beli pulsa semua😭 dan saya harus nanggung cicilannya

        1. Alhamdulillah, pas baca thread ini ternyata benar penipuan. Hal yang saya alami, baru aja saya di telepon oleh pihak yang mengatasnamakan Shopee. Dengan dalih yang sama mendapat hadiah Shopee Pay 2 juta. Padahal baru 1 hari saya punya akun Shopee di hp dan aktifkan Shopee PayPal itu pun belum diisi. Karena udah curiga, saya jawab pertanyaan nya dengan seenaknya. Saya bilang ga download akun shopee di hp. Trus ada sms Shopee dengan kode. Saya bacakan dengan asal angka nya, sampai di kirim ulang dan saya baca salah juga. Sampai penipu itu kesal dan ngomong ucapan buruk kepada saya kemudian menutup telepon nya.

  10. Sama persis sya malah kjadiannya malam pkul 9 an awalnya dsuruh isi saldo 50.000 krna shopee jam 9 keatas gbisa mlakukan tranksaksi sipnelfon nyuru sya buat isi pulsa saja 50.000, apakah XL saya aman kak??

  11. Aku ngak tahu kalo itu penipuan,300k uangku ludes terus aku lihat buat beli pulsa,apa bisa kembali ngak ya uangnya padahal itu uang pinjeman orang tua aku.aku juga binggung mau aku gimanain uang e nanti kalo ditanya orang tua.kesel sih pasti tapi aku kesel udah mengecewakan orang tuakiu

    1. Kalau dari pengalaman saya, uang tidak bisa dikembalikan, karena transaksinya dianggap selesai. Kecuali kalau si penipu pakai duitnya buat beli barang, masih sangat mungkin kalau saldo Shopeepay-nya kembali.

  12. Sama saya juga kena tipu kemaren tgl 17 Juli 2020. Ada telp dri pihak shopee dan bodohnya percaya aja aku nya.. Saldo shopeepay ilang 600rb.n trus pas aku buka akun ternyata sudah ada pemesanan pakai shopeepay later sebesar 740rb.n.. saya kaget dan langsung batal kan pesanan shopee pay later kembali ke 750rb lagi.. trus tiba” muncul pop up akun dibekukan.. aku email cs nya sampai ada email masuk akun aktif lagi sore hari nya sekitar jam 5 sore .. aku buka akun ku lagi ganti password trus aku lihat fitur toko ku ternyata tidak ada perubahan.. eh tapi sekitar jam 2 pagi ada email masuk akun ku dinonaktifkan oleh pihak shopee.. aku kaget sekaligus takut apa jangan” akun ku diretas lagi untuk pembelian pakai shopeepay later.. aku email lagi pihak shopee nya sampai sekarang masih belum ada balasan.. takut bgt kalau akunku dipakai buat beli apa apa yg bukan aku pesan dan tagihan pembayaran masuk ke aku .. ngumpulin uang 600 rb aja perlu waktu 4bln masa harus bayar tagihan shopeepay later yggak pernah aku gunain.. 😭
    Mohon pencerahannya

    1. Sama seperti kasus aku kak,,, aku juga baru kena tipu😭
      Sudah menghubungi pihak shopee supaya bisa masuk akunq lagi tp disuruh nunggu proses 1-3 hr,, kira2 benar di proses gk ya kak,,

    2. Saya juga ngalamin itu tadi malam. Si penipi bahkan minta foto ATM saya. Dengan bodohnya saya malah ngasi foto ATM saya. Itu aman gak ya kalo foto ATM? Tp saya tidak ngasi pin sama no rekeningnya

      1. Sama kak aku juga kena tipu dari penelpon dri pihak shopee dia mengiming iming undian berhadiah 2jt cashback saya kena penipuan lewat telepon seluler dan penipu meminta no rekening saya utk mentrf uang undian tersebut.dan saya kena penipuan tersebut,saya berhasil di bujuk utk mengirim kan kode otp BRI saya,saya sudah ketipu 1,5 saya sngt menyesali tindakan teledor saya,saya terlalu percaya dengan bujuk rayu hadiah 2jt.pihak shopee mohon bantuannya 😀🙏🙏🙏🙏🙏

    3. Aku juga sama ka
      Kalau kek gt yg bayar pemilik akun apa pemilik ktp?
      Soalnya penipunya pake ktpnya dia
      Aku aja belum cukup umur buat ktp😂

      KALAU ADA YG TAU JAWAB YA MAKASI

    4. Yaampun aku baru kena tadi dan ketarik beberapa ratus ribu😭 Ketarik di shopeepay dan untung aku gak mau aktivasi shopeepay later sama ga ngasih nomer kartu atm. Btw hati-hati buat yg baca nomernya yg nipu aku ini 082111898221

  13. Ini lagi gencar-gencarnya kayaknya Mbak. Tadi juga saya dapat telepon seperti itu. Dan modusnya setelah top up di shopee pay, minta nomor serial number yang ada di kartu atm. Karena saya curiga, jadi saya kemudian telp CS Shopee via hotline service. Minta supaya akun saya diblokir, karena sudah ada dana shopeepay yang terambil, terpotong untuk pulsa. Telepon dari si penelepon setelah 3x mencoba telp terus tidak saya angkat, akhirnya ga telepon telepon lagi.

    Semoga ini juga bisa menjadi perhatian pihak shopee ya. Terima kasih banyak info dan sharingnya di web ini. Sangat membantu untuk kita lebih berhati-hati lagi. Terima kasih

  14. Ini lagi gencar-gencarnya kayaknya Mbak. Tadi juga saya dapat telepon seperti itu. Dan modusnya setelah top up di shopee pay, minta nomor serial number yang ada di kartu atm. Karena saya curiga, jadi saya kemudian telp CS Shopee via hotline service. Minta supaya akun saya diblokir, karena sudah ada dana shopeepay yang terambil, terpotong untuk pulsa. Telepon dari si penelepon setelah 3x mencoba telp terus tidak saya angkat, akhirnya ga telepon telepon lagi.

    Semoga ini juga bisa menjadi perhatian pihak shopee ya. Terima kasih banyak info dan sharingnya di web ini. Sangat membantu untuk kita lebih berhati-hati lagi. Terima kasih

  15. Kemarin 20 juli 2020, saya jg kena tipu. Berkedok cashbak 2jt.. shopee pay saya hilang 1,8 jt an. Sedih, kecwa. Pihak shopee sdh blokir akun shopee saya guna pngecekan dll. Apakah saldo saya bs kembali? 😭😢😢

    1. Ceritanya persis mbak, cuma di saya gada saldo shopeepay😂dia kekeuh minta dftarin shopeepay di indomartnya, sya ttp gamau. Masa iya shopee pke no.tlp bukan resmi. Untung saya search google ada yg sama disini, alhamdulillah msih diberi keselamatan. Tpi kode shopee+shopeepay saya kasih kan gatau ya awalnya, tpi OTP mah ngga dikasih lgsg ganti password aja.

  16. Saya juga kak baru terjadi kemarin, trus sampai email dan akun shopee saya, untung nya email saya bisa langsung saya ganti password nya trus shopee saya juga sempet di jadikan pembelian nya karena shopee pay later saya ad saldo 750 dia pakai itu sampai habis, tapi untung ny saya masih bisa batalin tapi lagi lagi dia belanja trus sampai2 berpuluh2 kali saya batalin untung ny masih tetap bisa, dan alhamdulillah pihak shopee juga responnya cepet jadi akun saya langsung di bekukan, supaya si penipu gk bisa mengakses lagi . Tapi kalo nanti saya aktifin lagi trus saya ganti kata sandi nya,kira2 si penipu bisa tetap masuk akun saya gak?

    1. Aku jg sama ka
      Kalau ktp buat shopeepay laternya bukan punyaku(belum cukup umur si buat bikin ktp)
      Itu tagihannya yg hrs bayar pemilik akun apa yg punya ktp ya?

      YG TAU JAWAB YA MAKASI

  17. Kemarin tgl 20 juli 2020 saya jg kena tipu berkedok mendapatkan cashback 2jt. Saya di suruh isi saldo shopee pay. Semua petunjuk saya ikutin. Saya msh liat saldo shopee pay saya msh utuh. Pas di cek ulang beberapa menit kemudian, saldo shopee pay saya hilang begitu saya. Uang saya hilang 1, 8 jt an. Sedih kecewa campur aduk. Tlp ke cs shopee, jalan keluar akun di blok dl utk guna pengecekan dll. Apakah duit saya yg hilang bisa kembali lg? Atau gmn. Apa yg hrs saya lakuin.. 😢😢

    1. Saya jg td hampir ketipu, katanya dr shopee jg, saya br sempat kirim kode yg dikirim shopee..krn untuk selanjutnya saya gk respon lg..tp akun shopee saya di blokir…minta bantuan solusinya 🙏

  18. alhamdulillah untung masih ada saudara yg berbagi pengalaman. saya juga baru aj dapat telpon bahwa akun shope saya dapat cashback 2.750.000, awalnya saya udah gkpercaya. prosesnya sama dia minta kode otp yg dikirim pesan shope dan menawarkan mau di kirim ke akun shope atau rek bank, dan saya pun milih akun shope karna saya gk berani main2 sama rek bank. Namun di akhirnya ini yg buat saya curiga, penipu nanya2 saldo rek bank saya, dan persyartannya mengharuskan kita topup dulu ke akun shope kita dengan nominal 350rb. ya udah gogling dengan pencarian penipuan shope, alhamdulillah ada yg share kasus seperti ini

  19. sama banget kejadianya barusan.. ga nyampe masuk akun sama topup sih soalnya aku belaga bego aja ga paham hahah sampe si penipu marah marah sendiri kesel sendiri…
    hati hati ya semua pokonya jgn percaya sama tlp tlp ga jelas.. jd pelajaran… semua pasti ada hikmahnya…

    1. sama persis aku juga bahkan udah 2 kali di telpon pake nomor yang berbeda, pertama katanya dapat cashback 1jt dari shopee terus dia nanya mau di cairin via rek bank apa shopee pay, pertama aku percaya2 aja dan bilangnya ke rek bank aja tapi disitu aku udah mulai curiga sihh nah setelah itu dia bilang aku harus nyebutin kode yg di kirimin tim shopee biar dananya bisa di cairkan, dan untungnya aku langsungg sadar kalau itu penipuan terus aku bilang kalau gak bisa nyebutin langsung karna lagi repot makanya harus di matiin dulu, akhirnya si penipu biarin aku matiin padahal aku dah tau sampai ku matiin hpkuu, setelah itu dia gak nelfon lagi. Dan kejadian seperti itu terjadi lagi pada hari ini 23 AGUSTUS dia nelfon lagi pakek nomor baru lagi dong seperti biasa si penipu mengatas namakan tim shopee dan selagi dia masih menjelaskan kalau saya dapat cashback langsung w matiin dong telponnya emang di kiraiin kita gak tau apa😳

  20. Sama aku juga tgl 17 juki kemaren shoppepay ku diambil buat beli pulsa sama di tf ke akun nya si penipu 😭 Rp 5.500.000 prosesnya katanya buat ngisi data untuk asuransi tapi isinya pin Shopeepay dan otp dan aku ngisi aja gt kayak udah di buat bodoh gt aja 😞

  21. Persis kayak gitu saya kena tipu 300k Shopee pay nya trus abis itu dia ambil ATM saya😭😭

    1. Saya juga barusan mbak tadi siang, suruh dftr shopeepay di indomart soalnya dpt hadiah duit 2jt, tpi untung indomart ada gngguan. Pas di tlp lg saya curiga dikira kurir paket. Lgsg saya blok

  22. Gua juga tadi barusan di tlp sama no gk dikenal suruh daftarin shopeepay di alfa/indomart tpi ada gangguan. Trs minta no rek ya gua gamau lah masa gw kasih punya ibu, sedangkan gw sndri blm bkin tbungan. Gua kira kurir, tau nya penipuan berkedok dpt hadiah 2jt suruh dftarin shopeepay tapi gua gamau lah curiga bgt. Udah nomer shopee gak resmi masa mau an dikasih ini itu. Tpi gw bodohnya malah kasih kode shopee+shopeepay yg blm ke daftar🤣untung bkan OTP lgsg gnti password. Kuker amat si penipu, mau nipu tpi gagal jga awokwokwok

  23. Barusan ada telpon persis bgt. Emang SMS nya dr shopeeID tp aku g percaya, dia minta digit no nya aku bilang kan k tim shopee jg jangan . Dia bilang untuk aktifasi. Aku buka akun shopee buat ngecek notif dan ga ada notif apapun. Langsung aku ttup tlpn nya dan non aktif hp dl biar dia ga tlp LG. Abis itu aku aktifin hp aku, untungnya akses internet pake SIM 1 dan akun shopee aku terdaftar pake SIM 2, aku non aktif sim 2 ku dan searching dan ternyata bener kasusnya sama. Makasi ya kak .. aku mau ubah password dl soalnya tgl lahir aku nomer semua .. skali terimakasih banyak

  24. Kok persis banget seperti yang saya alami, baru saja tadi sekitar jam 3 sore saya mengalami penipuan atas nama SHOPEE dibilang saya menerima cashback sebesar 3jt. Kurang lebih sama seperti cerita diatas tapi bedanya saya disuruh harus top dulu di akun shopeepay hingga mencapai nominal 600rb, dan setelah itu si penipu menyuruh saya menunggu 10 menit dia bilang akan masuk cashbacknya dan saya cek di akun shopee saya malah ada transaksi pulsa hingga nominal di shopeepay saya berkurang jadi 2.600, sedih, kecewa, dan marah sudah pasti tapi mau bagaimana lagi sudah terjadi, yang jelas ini pembelajaran berharga buat saya agar lebih berhati-hati lagi dengan penipuan seperti ini🙏

    1. Lanjutan:
      Kenapa saya bisa percaya sebab dari cara bicaranya sangat meyakinkan dan sangat menegaskan bahwa memang benar dari pihak shopee. Sampai si penipu bisa tau mengenai nama lengkap saya, alamat lengkap, dan juga no hp saya serta dia juga tau jika saya ada mengalami kendala pada saat pesanan terakhir kendala di pelacakan ekspedisi. Sampai seperti itu cara si penipu untuk menjebak korbannya😥 dan saya pun menjadi korban juga

      1. sama persis, malam ini 1 Oktober 2020 saya kena tipu bermodus shoopee. dia sampai tau nama alamat kode pos dll- sangat meyakinkan, makanya kode OTP nya sy kasih begitu saja. stlh bbrp menit sambil buka aplikasi tiba-tiba saldo shoope pay sy lenyap 300rb untuk pulsa. dia tanya2 ATM jg.. untung tidak sy kasih PIN dll- besok pagi sy akan check ulang ke bank semoga saldo ATM tetap aman. yg 300rb jelas lenyap.
        sy sudah lgsg menghubungi CS shoopee.
        intinya Allah maha adil.. sy yakin orang-orang yg seperti itu akan mendapatkan balasan yg setimpal bahkan lebih berat dr yg dia lakukan.

  25. Barusan saya juga di telf dari orang gk dikenal yg mengatas namakan shopee. Tp untung saja saya tidak gmpg percaya sama orang, jelas2 di keterangan tidak boleh beritahu siapapun termasuk tim shopee. Ya saya gk kasih tau, saya bohongin balik malah si penipu tau 🤣 dan akhirnya saya matikan aja telf nya

  26. Aku juga Sama kak kaya gitu tapi aku udah terlanjur sebutin no rekening.. Itu gimana ya apa rekwningku gak berbahaya kalo dibiarin aktiv??

  27. Ini barusan aku juga ditelfon sama no. Yg tidak dikenal trus mengatas namakan shopee dan disuruh ngaktifin kode shopee pay yg dikirim lewat pesan atas nama shopee. Udah ngomong panjang lebar disuruh ngaktifin dikasih waktu 10 menit trus mau ditelfon lagi. Q lihat di notifikasi shopee g da pemberitahuan jadi q yakin kalo itu penipuan. Langsung q blok deh nomernya😁😁

    1. Barusan saya di telpon dengan modus yang sama, syukur saya masih di lindungi Tuhan. Sekitar Jam 12 malam kurang 10 menit di telpon mengatas namakan shopee, disini saya sudah curiga. Yang saya heran dia bisa tau kode area nomor handphone yang saya gunakan. Semoga kita semua bisa waspada dan berhati hati, apalagi dengan kondisi sekarang yang seperti ini, kita jadi mudah terbuai.

  28. Sama bangett aku juga ngalamin kaya gini,dan aku minta buat di cairin lewat rekening ajaa,gimana ya saya bingung soalnya saya udh ngikutin dia buat masukin kode dr dia lewat atm
    Apakah saldonya ke ambil kalau gitu?
    Soalnya kartu atm saya gabisa dipakai
    Saya bingung banget mana itu kartu atm punya ibu sayaa
    Dan disitu atm itu semua uangnya ada
    Sayaa takut bgt kalau dia ngambil semua saldo di atm saya😭

    1. Sudah di cek kak atm nya saldo nya aman kah ?
      Saya juga kena tipu sama persis belum saya ubah pin atm nya 😔

  29. Adakah yang saldonya berhasil kembali?

    Saya kena paylater sekitar 800ribuan, sama shopeepay 150rb.
    Sekarang sedang proses pembekuan akun dari shopee.
    Semoga saldo bisa kembali.

    Syedih banget, lagi butuh malah ditipu.

  30. Saya abis aja tadi kena penipuan itu, lha yg masuk tulisan nya shoope, saya kan seneng dulu. Untung nya saya blm top up. Tp udah ilang 30k. Saya kaget soalnya ga buat pesanan kok shoope pay berkurang sendiri. Inilah yg dinamakan jangan percaya sama orang ga dikenal 😭

  31. Saya Tadi sore Juga Kena Tipu,Modus nya Nomor saya Memenangkan Uang Sejumlah 1,5,Dan saya di Suruh Mengirim kan Kode Uang saya di Atm Habis 665rb Di ambil Oleh Penipu dan 200 rb Saya di suruh Isi saldo shoppe pay,dan dia Mintak Nomor Yg ada Di Kartu atm saya apakah Kartu Atm saya Masih aman,,,Mohon Solusi nya

  32. Saya prsis uga q barusan ditelpon sma orang yg mngtasnamakan shopee trus dsuruh ngasih kode yg dkirim shopee 6 dgit tpi syangx gk q ksih mlah q caci maki tu penipu hhhh

  33. tadi aku juga ditelfon sama yang ngaku shopee, nomor pribadi, aku yakin kalau pasti penipuan, jadi q pura pura bego sampai 10 menit ngabisin waktu tuh penipu, trus aku kerjain sampe penipunya marah marah wkwkwk

  34. Pada tanggal 1 agustus 2020 saya mendapatkan kasus ya sama. Saat itu penipu menyuruh saya untuk membuka akun shopeepay later. Disini saya mulai curiga. Saya minta cs shopee untuk memblokir akun saya karena penipu masih bisa ngeakses (padahal no hp dan password sudah diganti). Karna ada pesanan yang belum sampai, akhirnya pihak shopee menyarankan agar pemantauan barang dapat dilihat jika kita menghubungi cs lagi dan mengajukan penghapusan akun kurang dari sebulan atau ketika barang sudah sampai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Si penipu juga sempat mengambil akun telegram saya dan semua orang yang ada dikontak saya beri tahu hal ini.Si penipu ini sempat membatalkan barang pesanan saya tetapi saya urungkan dan saya juga menghubingi penjual. Saya juga melakukan pemblokiran pada semua kartu ATM saya dan mengajukan penghapusan nomer token mbanking saya pada cs bank. Doakan barang pesanan saya bisa sampai dan saldo semua ATM saya tidak berkurang….

    1. Kak kejadiannya sama persis dengan aku. Tapi aku blm sempat kasih nomor rekening atau pin. Hanya saja dia sempat masuk keakun shopeeku karna aku kasih kode yg dikirim shopee tapi krna aku sadar jadi aku masuk keakun shopee, trus akun ku aku hapus.. Tapi aku ngga perhatikan apa yg dipesan sipenipu itu.. Kak apa akun shopee kita bisa terhapus kalau masih ada pesanan barang atau cicilan dari sipenipu?

  35. Sama aku jg sama persis
    Disuruh ngatifkan shopee later trus gmna ya kak.
    Takut disalah gunakan.
    Aplagi shopee later udah aktif takut kalo di tagoh padahal gak pakek

    1. Saya Juga Begitu sama banget Penipu kata²nya memakai nomor pribadi dengan mengatas namakan shopee lalu akun shopee saya di block.

  36. Huweee , kebanyakan yang baca pasti yang udah pernah ngalamin , dan saya udah ngalamin uang bulanan buat sebulan ludes , 😭.
    Gw konfir ke shoppe dan akun gw dihentikan atau blok buat keamanan, si penipu itu kayak orang mesum lagi.
    Foto gw aman nggak ya , dan gw kenanya saat mau pulang dari sekolah disiang hari , terpaksa telponan ama dia lama karena gw udah diperas dan dia mau meras lagi dan gw nolak karena gw udah jadi gelandangan.

    1. Huhu:( sama tadi temen aku juga ngalamin kek gini, untung aku cek dulu ke google dan akhirnya gak jadi ke tipu, si penipu nya suruh isi saldo shopee pay 300.000 katanya kalo udh di isi otomatis akan ada 3.300.000, temen saya awal nya percaya, tapi pas liat artikel ini dia jadi berubah pikiran dan langsung mematikan telpon nya, tapi tidak lama kemudian si penipu menelpon lagi, lalu saya yang angkat telpon nya dan saya tolak penawarannya, ehk dia malah ngancam dan langsung mematikan telpon nya

  37. Saya juga habis ditipu habis2an dengan si penipu😭😭
    Uang saya ludes di shopeepay dan shopeepayleater saya juga diambil sama dia😭, dan sekarang akun saya sudah dibekukan oleh shopee gatau apa bisa balik lagi atau engga :’),,,
    Kronologi saya tanggal 4 kemarin jam 14.10, dan dia maksa banget minta kirim kode verifikasi dari rekening saya dan OVO untung nya saya sudah sadar duluan ketika shopeepay saya sudah tidak ada lagi, kalo saja saya salah selangkah lagi mungkin saya gaakan bisa memaafkan kebodohan saya sendiri, apa yang harus kita lakukan untuk orang seperti ini ☹️

    1. Saya juga ngalamin kak kemarin.. Trus tagihan shopeepaylater kakak gmn?? ttp dibayar atau gmn?? dan skrg kasusnya sudah sampai mana kak,,, saya juga dpt kasus yg sama kyk kakak ,, bisa share kak solusinya

  38. Sama persis ceritanya . Malah kena 3 jt. Tepatnya tanggal 16 juli 2020
    Tpi mau gimana lagi udah terlanjur .

  39. Sama saya juga barusan di telfon terus menerus
    Tapi untungnya saya belum isi saldo shopeepay
    Karna saya sempat curiga
    Tapi saya sempat kasih kode 6 digit yg jelas2 tidk boleh d berikan ke siapapun termasuk tim shopee

    1. Sama kak. Aq juga baru aja. Di tgl 31 Oktober 2020. Saya udah sempet ngasih kode OTP nya. Abis itu kok aq di suruh buka profil saya. Trus dibagian bawah username. Disuruh ngetik kode OTP yg saya bacakan tadi.
      Nah. Saya kan jadi curiga dong. Knpa musti di tulisin. Kalo di tulisin otomatis bisa dilihat orang dong. Lama bgt aq berfikir sambil merefresh otak. Teus aq matiin dan aq blokir tu nomornya yg nelfon.
      Abis itu aq log out dan ganti pasword nya.
      Kira” Masih bermasalah apa gak ya?. 😭😭

  40. Sama kak kejadian nya kaya saya kemaren kalo udah transfer gitu baiknya ganti pin aja mba ?
    Saya sudah coba telpon cs sophee tapi ga ada jawaban jadi bingung gimana akun shopee saya diblokir 😔
    Ada saran ngga kak ?

  41. Baru aja ini kejadiannya. Saya juga sempat terkecoh dengan kata-kata awas penipuan di tulisan sms yg masuk. Saya tersadar ketika akun shopee saya ke log out sendiri setelah saya memberikan kode yg ada di sms. Saya coba login kok malah akun saya tidak ada, saya terus terusan saja bilang bahwa akun saya tidak bisa masuk gara2 kode tersebut, awalnya si penipu mengelak dengan alasan shopee sedang ada gangguan maintain lah bilangnya. Saya bilang aja “mana ini dari pihak shopee pertanggung jawabannya kok gk ada, akun saya malah jadi anda ambil” akhirnya dia ngasih password baru ke saya, langsung saya cepat2 ganti. Setelah itu dia meminta saya untuk melakukan top up ke shopeepay saya yg “katanya” untuk mengecek apakah shopeepay saya sudah benar/tidak error lgi, saya bilang saya bilang saja sudah padahal saya tidak sama sekali melakukan topup ke shopeepay saya. Setelah itu si penipu memberikan lagi sms dari Moka yg katanya itu adalah pihak dari kasir mereka. Tapi setelah saya search, Moka bekerja sama nya dengan G*ojek bukan shopee. Mungkin karna si penipu ini udh merasa terpojok karna saya tetep kekeuh bilang “lah ini kok yg ada moka dri gojek” wkwk, akhirnya ia mengakhiri telepon dengan alasan “yaudah kalo begitu ibu tinggal tunggu saya 1 x 24 jam nanti dana nya akan terkirim”, setelah itu langsung ditutup sama dia.
    .
    Jadi untuk kalian yang pernah mengalami kasus penipuan seperti ini, awalnya coba ladenin aja apa yg dia mau dulu, abis itu pinter pinter nya kalian aja nanggapinnya misal “ini kok gabisa ya” atau “oh iya udh di topup kok” jdi coba diputer puterin aja omongannya, nanti dia pasti lama lama kesel + ngomongnya jadi ngelantur gajelas dan capek sendiri dianya.
    .
    Yang terpenting lebih hati hati aja sihh, jangan mudah percaya deh pokoknya kalo ada sms atau telpon undian begitu, apalagi telpon dengan nomer biasa, itu udah pasti ciri2nya oenipu banget. Dan dari cara ngomongnya aja udah beda antara yang emang benar-benar customer service asli dari perusahaan tersebut sama yang bukan/PENIPU.

  42. Kejadiannya persis sm yg saya alami. Dapet tlfn nmr tdk dikenal yg ngakunya dr tim shopee di kantor pusat, katanya akun saya dapet hadiah 3jt. Saya udh curiga klo itu penipuan tp dg bego nya saya kasih kode OTP buat log in akun shopee sm aktifin shopeepay, untung akun shopee saya jarang kepake cuma butuh buat ngegame aja dan shopeepay saya gada saldonya samsek. Btw ngaruh ga ya ke akun” lain? Soalnya ga sempet ganti password jg

  43. Saya juga kena tipu kak kemarin, persis banget, kak kayak gitu, akun saya sedang di bekukan sekarang dan dia minta no. Atm saya, apakah no. Atm saya masih aman?

    1. Ajukan pembatalan saja. Kalau pengajuan pembatalannya ditolak, segera lapor ke Shopee, sebelum dana masuk ke akun penjual.

      1. Bagaimana ka transaksi nya isi pulsa hiburan gitu padahal saya ga pesan..udah lapor kepihak shope belum ada tanggapan

  44. Sama Hampir aj ketipu padahal udah di depan atm ,untung sebelum masuk atm baca ulasan ini dulu ,jadi gak jadi

  45. haduhhhh ternyata sebanyak ini yg pernah ngalamin,,,
    saya juga tadi sore ngalamin hal serupa bodohnya saya memberikan no kartu rekening saya,, tapi itu saldonya cuma 100k dan tidak bisa diambil dan saya tidak akan memakai lagi atm itu,,,

    saya agak percaya sama dpelaku karna ia mengatasnamakan CS_SHOPEE_PAY dan kebetulan saya juga lagi proses pengiriman barang saya kira ada masalah dengan barang saya atau ada apa

    tapi untungnya saya diingatkan oleh org yang tidak dikenal ketika di atm
    dan saya tidak jadi
    tapi mungkin akun shopee saya dinonaktifkan oleh shopee, padahal masih ada barang yang lagi proses pengiriman kerumah saya semoga tidak menjadi masalah,,,

    kalo masalah shopeepay itu saldo shopee pay saya untungnya ratusan perak,, dn saya tidak terdaftar sbgai shopeepay later
    terimakasih

    1. tapi suaranya seperti persis suara yang sebelumnya datang kerumah saya
      ada orang yg sdng mengiklankan yakult disekitar tempat saya,,, dia bawa kertas keterangan yakult dan kesehatanya. mungkin itu ga termasuk tapi bisa saja ada yg sama

      oh iya,, kok bisa ya dia tau
      1. NO SAYA
      2. DEPAN NO REK SAYA? kata dia no rek atm nya yg mana yg depannya 32 apa 58

  46. Saya barusan juga dapat telpon mengatas namakan shopee katanya saya dapat vocher 1jt untungnya saya sadar kalo itu penipuan jadi gak saya tanggepin

  47. Sama di hari mingu kemarin tgl 9 8 2020 saya juga jadi korban penipuan mengatasnamakan shopee saya tertipu sekitar 6 jutaan saya sangat kecewa modus ny sama seperti yng di bilang kaka awal ny juga saya curiga ko dapat hadiah suruh trsnper katanya bukan ini mah untuk masukan kode katannya dan saya trsnper ke akun virtual saya di suruh masukan kode 1695 269 terus di suruh masukan kode yng kedua 33 sekian setelah saya cek saldo saya habis tingal 169 000 lagi setelah itu baru saya sadari saya tertipu dan yng di masukan tadi bukan no kode melaikan nominal penarikan kepada yng lain agar tidak jadi korban berikut ny jangan tanggapi bila ada telpon berhadiah dari shoope atau mana pun trima kadih

  48. Saya juga habis kenap penipuan sore ini. 900rb melayang. Mohon doa nya semoga penipu segera mendaoatkan hidayahnya. Dan uang kita yg hilang jadi penolong amal kita diakhirat . Mungkin karena kita kurang bersedekah jadi uangnya ilang gara² kena penipuan. Kalo dipikir positif ya seperti itu.

    1. Aamiin kak,,, saya juga berfikiran seperti itu..
      Itu kakak pakai shopeepaylater ya kak?? Trus tagihannya gmn kak?? sudah hubungi cs shopee?? Kelanjutannya gmn kak?? Mohon sharingnya soalnya saya baru saja kena tipu.. dan supaya saya bisa mengatasinya tidak terlalu down.. Makasih

  49. Saya juga kena tipu dikira saya doank padahal mutasi shopepay nya saya transaksi pulsa saldo yg sudah ada dishope ditarik semua dan dengan polosnya saya isi lagi 200 total hampir 500rb ini no pemilunya 083178070928

  50. 083800563108
    083178070928
    081390067980
    Hati hati buat semuanya karna ini no penipu modusnya sama saya juga ditlp katanya dapat dana Cashback ..dia malah isi saldo pulsa ke nomer” itu menggunakan saldo shopepay saya

  51. Saya juga baru sore tadi kena penipuan seperti itu , tpi untungnya shopeepay sya saldonya tdk seberapa , tpi akun shopee sya dinonaktifkan,
    Apa hrus ganti pin atm juga ???

    1. Ya Allah, cara nangkap pencurinya gimana kalau sudah ketipu ini😭😭😭😭😭. Mohon bantuannya kalau ada yang tahu

  52. Kejadian yang sangat persis yg terjadi sama saya kemarin sore, saya sudah berikan data* dan dll, tapi saya langsung tolak begitu di suruh topup 200 rb.
    Tapi saya masih takut data* saya dipake yg tdk benar. Saya harus gimana ??

  53. Ternyata sudah banyak ya penipuan dengan modus shopee pay ini, barusan saya juga di tlp, waktu dy bilang dapat cash back saya sudah curiga, saya sempat bingung kok dy tau nama akun saya, saya langsung bilang kalau di shopee tidak ada notif apa pun jadi tidak saya ladeni, akhirnya dy marah² tanya mau atau tidak cash backnya, saya jawab nggak usah dy malah marah² tanya kenapa gg mau, langsung saya tutup tlp nya, apakah data akun shopee saya aman atau harus dinonaktifkan ya

  54. Saya juga kena sekitar 660ribuan. Katanya setelah isi saldo cash back nya masuk tapi koq malah jadi kosong, saldo yg lama dan yg baru diisi jadi 0. Mereka minta isi lagi tapi saya baru sadar udah kena tipu jadi saya minta tepati dulu kasih cash back 2 jtnya. Eh mereka malah marah2 n bawa2 agama. Mudah2an celakalah mereka!

  55. Astrofirulloh..ceritanya hampir sama, tapi saya dengan bodohnya udah tertipu karena iming2 uang 2jt sama ada hp samsung a51 disaat pikiran saya lgi kacau dan pikirannya mungkin bisa tambah2 biaya berobat, aplgi ada hpnya yg kebetulan memang ndak ada hp android, karena saya pikir asli ada sms dri shoppe yg mengirim kode angkanya.berhubung saya ga punya atm, alhasil ngirim ke bukalapak pke kode dan totalnya 1,3jt melayang…
    Dan begitu sadar saya cari digoogle dan nemu artikel ini telat, astagfirulloh fix langsung mikir uang ga akan kembali lagi. saya sangat ceroboh

    1. tapi akun shoppe saya kalo di login itu ndak bisa, tapi pke nomer saya bisa masuk. jadi teman2 ada yg punya saran akun saya harus diapakan? atau lapor pihak shope atau bagaimana?

  56. Saya baru dapet telfon persis kayak gitu untung cuman saya iya”in terus saya mati’in telfonnya , tapi yang aneh kenapa diya tau data” pribadi kita di akun shopee

  57. Barusan kejadian sama aku😂. Awalnya kek ada panggilan gtu lewat telfonnya bapak. Trs dikasihin itu hp ke aku, soalnya dari shoope shoope katanya, bapak kan ga paham wkwk. Trs dia mulai tanya tanya gtu, awalnya kayak kegoda gt. Ditanyain kode yg di sms lah, trs kek cashback 3jt ato brp lah. Lama lama kek ga percaya aku wkwk sempet aku foto nomernya, trs coba aku cari tau di google, ternyata penipuan huhuuu. Alhamdulillah membantu bgt cerita nya, semoga ga ada korban lagi, dan harus lebih hati hati 😂

  58. saya baru saja kejadiannya, sempat saya iya iya kan saja, tp ujung2nya minta nomor yg tertulis di kartu atm, jadi merasa curiga akhirnya tak biarkan ja telpnya gk tak jawab sampai dimatikan sendiri, lalu telp terus2an akhirnya saya blokir nomornya, alhamdulillah penipu tidak berhasil, soalnya ketika ditelp saya merasa curiga, browsing2 nemu artikel ini, selamat deh, terima kasih pada penulis :)

  59. Hari ini si penipu menelpon dengan santainya. sempet yakin karena SMS nya itu “shopee” dan “shopeepay”. dia tau kapan transaksi isi saldo shopeepay & nominal pengisian, makin yakin itu tim shopee. berhubung si penipu ada unsur isi saldo shopeepay disitu mulai ragu. Dengan alasan jarak jauh tidak mempan, bilang saldo ATM gk pernah diisi pun dia tidak percaya. akhirnya saya bilang kalau saya mager, jalannya jauh mesti masuk² gang, gk ada kendaraan, males pake Ojol. Sambil menye² ngomongnya seolah takenghargai si pelaku. akhirnya dia nyerah tapi sambil bilang “nanti kalau berubah pikiran tinggal tlp ke nomer ini saja” ini nomor hp nya 082114899531.
    Langsung ke pengaturan ganti kata sandi sampe pin shopeepay. cari di internet eh nemu ini. Terima kasih sudah berbagi pengalaman.

  60. kronologinya saya ditipi cashback 2 juta ditarik dari shopee pay pelaku pakai akun G.N Nugroho olshop, setelah saya investigasi ketemu akunnya di instagram coba kawan2 bantu laporin saya yakin sudah banyak korban dari pelaku karena saya sendiri kena jutaan
    instagramnya ada 2 , pribadi dan olshop.

    @d.n.nugrogo & @dnnugroho_olshop

    tolong yang punya kewenangan untuk dibantu agar tidak ada korban2 seperti saya, dan saya ada bukti ss penarikan dana oleh pelaku nama & lokasi di surabaya saya persis terima kasih !

  61. Saya baru kejadian tgl 20 Agustus 2020
    Kecewa stress bingung itu yg saya rasakan setelah ditipu… Awalnya si penipu menggunanh shopee pay saya ga seberapa cuma 4rb.. saya ga berat hati karna saya merasa untung cuma 4rb.. tp pas saya liat sepulang kerja tba2 akun shopee saya tidak bisa dibuka.. besok paginya bisa dibuka tp pas saya liat.. shoppe pay later saya tinggal 1rb.. dan sipenipu sudah menggunakan shopee pay later saya untuk Transaksi cicilan pulsa… Jadi saya kagett dan saya harus nanggung cicilan itu lumayan 450rb😭 kira2 kalo sudah ganti password apa si penipu bisa lacak akun saya lagi?? Saya takut isi data saya di shopee digunakan untuk hal2 utang😭 tolong bntu jawab yaaa yang tauu.. saya butuh jawaban soalnya.. sudah saya tanya cs belum ditangani

  62. Kejadiannya sama dengan yang saya alami kak. Kejadiannya baru 20 Agustus 2020 kemarin saat sore hari. Saya diiming-imingi bahwa saya mendapatkan voucher senilai 2 juta. Karena saya masih pelajar, sehingga saya turut tergiur. Penelpon menggunakan nomor pribadi, dan menyuruh saya melakukan langkah-langkah sama persis seperti yang kakak alami tadi. Saya disuruh untuk membacakan kode-kode yang saya terima di SMS, dan dengan bodohnya saya membacakan Semuanya. Kemudian saya memberitahu om saya tentang ini, lalu om saya memperingatkan kalau bisa jadi ini hanya penipuan. Sesaat setelah itu, penelpon menyuruh saya untuk pergi ke ATM untuk mengaktifkan voucher saya. Om saya menyuruh saya untuk berbohong kalau tempat ATM nya jauh dari rumah saya, dan memerlukan waktu 1 jam untuk sampai ke sana. Penelpon menjawab bahwa ia akan bersedia menunggu, lalu mematikan telepon. Hampir 1 jam Setelah itu, penelpon menelpon saya lagi. Saya berbohong bahwa masih ada 10 antrian. Penelpon menjawab bahwa ia akan menunggu, dan saya disuruh untuk tidak mematikan telepon. Tanpa berpikir panjang, telepon pun saya matikan. Sesaat setelah itu, penelpon menelpon saya hingga 4 kali, namun tidak saya jawab. Lalu beberapa menit kemudian, saya mendapat pemberitahuan dari aplikasi Shopee bahwa akun saya dinonaktifkan secara permanen. Dari situ saya merasa lega karena saya tidak sampai tertipu hingga uang saya di ATM menjadi korban.

  63. Saya baru juga kejadian hari ini dan saya udh top up shopee 100 ribu lalu shopee pay saya hilang begitu saja 110 ribunya

    1. Aku juga hampir kena untung sadar sebelum kejadian, kejadiannya tanggal 17 september 2020 tbtb ditlpn katanya dapat hadiah 2jt hadiahnya bisa di kirim ke atm atau shopepay katanya gitu trs aku juga disuruh sebutin kode verifikasi shopee, aku sebutin dong tanpa baca keterangan yang lainnya soalnya itu beneran dari yang biasa kirim kode jadi kena deh:( tapi untungnya aku sadar setelah dia ngebegoin aku karna gamau ngikutin permainan dia. Dia bilang “siapa yang mau nipu? Ini namanya kurang pendidikan, ini pembodohan” mana ada admin ngatain user, yg bodoh tu siapa si kesel bgt trs dia bilang mau laporin aku ke polisi dengan “kasus main main” kata dia juga nanti jam 4 sore rumah aku didatengin polisi padahal engga:) trs juga orang ini sering bilang “alhamdulilah alhamdulilah ini memang rejeki ibu, hasil uangnya jangan lupa disumbangin ke anak yatim ya, alhamdulilah alhamdulilah” ya kan saya jadi percaya walaupun kalo dipikir lagi aneh banget. Syukurnya blm kasih dia no.rek tapi akun shope kena blokir di shopepay juga sisa 300 perak aja blm diverifikasi juga alhamdulilahnya, semogaaaaa akun aku ga dibuat merugikan orang lain dan ini terakhirrr kalinyaaa.

  64. saya juga kena..sudah mmberikna foto KTp dan juga foto sya.. skrng ada pmbelian hp.. proses pmbyarannya masuk email sya.. apkah bisa digunkan untuk berkali kali.. akun sya sidah lmgsung dibekukan pihak shoope.. tapi sya gak lpor waktu itu

  65. Saya baru saja kena tipu 24 – 8 – 2020.
    Disuruh top up shopee pay dua juta tigaratus ribu rupiah tetapi setelah saya buka aplikasi shopee saldo saya ludes tinggal lima ratus perak.

    1. Alhamdulillah lgsg ngeh kalo itu penipu dg nomor +6287897425xxx yg mengatasnamakan Pur**** dg embel2 menang undian dan mendapatkan cashback senilai 1.000.000, tetapi saya heran kenapa telpon nya ke nomor mbah saya bukan ke nomor saya padahal si mas nya menyebutkan user name saya di shopee 😀 saya ditawari saldonya mau masuk di shopeepay atau lewat Rekening, saya jawab shopeepay saja mas. Tak lama masuk sms “JANGAN BERIKAN kode ini kepada siapapun, TERMASUK TIM SHOPEE………. UNTUK MASUK KE AKUN,masukan kode RAHASIA xxxxxx” tetapi bukan di nomor saya melainkan nomor mbah saya lagi 😁. Saya sengaja menanggapi karena ingin tahu apa yg ingin dilakukan si penipu, setelah saya mendapatkan sms tsb saya tahu bahwa si penipu mau masuk ke akun saya 😂 mas nya ngomong panjang lebar dan saya jawab “mas kan dari Shopee mitra resmi harusnya telpon pakai nomor kantor bukan nomor pribadi” lalu masnya masih tetap menjawab ” iya nanti biar enak dan gampang kalau mau menghubungi” kemudian telponnya ditutup dan tidak ada telpon lg🤣

  66. Apakah setelah kita melakukan top up lewat atm , trus atm kita aman apa engak ya meskipun udh ganti pin ??
    Soal ny saya baru aja kena 3jt , tlg solusinya , karena saya masih depresi dan cemas

    1. Astagfirullahh.. ini baru saja terjadi 30-08-20😭 gimana mau cari informasi, orangnya aja nelpon tanpa henti otomatis sinyal dan jaringan jadi gaada😭 ah elah ya Allahh

  67. +6282114129726
    Itu no yang nipu saya melalui shopee , dan sekarang nomor nya masih aktif ,.
    Tolong teman teman segera lapor dan melacak keberadaan nya agar tidak ada korban lain lagi

  68. Alhamdulillah, saya tidak terpengaruh oleh orang yg mengaku dari pihak Shopee. Karena saya sudah lama tidak pakai aplikasinya tapi ada tlp yg mengaku dari pihak Shopee itu sangat mencurigakan.

  69. saya juga sama kena tipu seperti itu saya harus mengisi saldo shopepay dulu sebesar 200rb lalu saya disuruh penipu untuk top up shopepay di indomaret, jika ditanya kodenya kata penipu saya hrus memasukan kode yg dia berikan dan sama mba kasirnya tolong di persiapkann uangnya kata penipunya harus bilang “iya mba di proses dulu nanti saya bayar”, bodohnya saya mengikuti apa kata penipu lalu kasir indomaretnya menolak dan memberitahu bahwa itu penipuan. saya tetap tidak percaya dan tetep mengikuti apa kata penipu itu. lalu kata penipu suruh cari indomaret lain. dari situ saya menyadari bahwa dia penipu, akun shopee saya juga di nonaktifkan dan tiba2 ke log out jadi saya tidak tahu apa yang penipu lakukan dengan akun saya dan shopepay saya. tolong yang tau apakah penipu trsbt bisa mengambil saldo shopepay saya atau tidak. saya tidak memberitahu paswword dan kode shopepay saya. saya hnya memberitahu kode otp yg dia berikan kepada saya. mohon bantu jawab ya:)

  70. +6282114129726 itu nomor penipu nya dan kemaren udah saya pancing pancing lagi ternyata dia mau aja , menjerumuskan orang , padahal dia yang lagi di jebak ,. Tlg laporkan ke pihak yg berwajib agar cepat tertangkap

  71. Sekarang mereka lagi merajalela udah banyak korban yang terkena,.
    Kalo masih di biarkan makin banyak lagi korban lainnya kasian ,.

  72. Aku juga kmarin baru ngalamin ini
    Yang saya mau tanya, pesanan yg sudah kita bayarkan pake shopee pay itu bisa datang gak yah? Klo saldo shopee pay-nya ya udah pasrah di ambil sama mereka tapi pesanan yg sudah kita buat bisa sampe ke kita gak?

  73. Saya barusan ditelp ngaku dr pihak Shopee, mengatasnamakan MOKA gt, bilang sy dpt voucher 3 jt, mau dipakai nggak, sy bilang enggak, eh dianya marah2 sambil tutup telp…sy yakin sih itu yg mau nipu saya ya..harus lbh waspada ya, cuma dia kok bs tau no HP sm user name sy d shopee ya?

  74. Aku juga hari ini tgl 29 Agustus 2020 dia telfon kan katanya dari shoppe dapat 2juta,aku nurutin instruksi dia kan udah isi saldo shoppepay sesuai yg dia minta dan masukin kode yg dia kasih dan jeng jeng ternyata saldonya langsung ilang gaes 700k,rasanya kayak orang paling ogeb gitu 😭

  75. Aku baru saja dpat tlpn yang mengaku dr tim shopee dimintai no rekning q kasih, terus dia minta pin yang dikirim shopee lewat SMS tp gak saya kasih, apakah uang yang ada di rekening saya itu akan aman???

  76. Sebenarnya disini penipu lebih fokus membobol akun Shoope kita ketimbang rekening bank kita, sebab sebelum penipu meminta nomer rekening kita dia selalu memastikan kode pin 6 digit dulu, dimana seharusnya kode 6 digit itu tidak boleh diberitahukan ke siapapun, karna fungsi kode 6 digit itu untuk Log in atau mengganti password akun shopee kita, dan penipu bisa masuk akun kita dengan cara seperti itu, Makannya tidak heran setelah penipu mengetahui kode 6 digit tersebut dia jadi tau alamat lengkap kita bahkan nama kita dan pin shopee kita

    INTINYA JIKA KITA DIMINTAI KODE 6 DIGIT TERSEBUT JANGAN SAMPAI DIKASIH

  77. Apa duit yg kita keluarkan bisa kembali lagi ya kak…
    Krn sya jg sudah ketipu 1jt..kt y saya dpt cashback 1jtbdn sy htus mengisi shopeepay dgn bodoh y sya pun mengikutin itu smua persis kejadian nya sma yg mbak2 ceritakan dihubungi lwt telpon..mgkin krn pikiran lgi kalut mau2 ja di suruh isi shopepay 1jt..dan trnyata stalh di cek saldo 0 dn ada transaksi smntar saya ga da mlkukan transaksi apa2..dan skrg akun pun sudah dibekukan..skrg gmn y mbak2 solusinya..apa duit say bisa kmbali…sya takutnya data2 pribadi sya di salah gunakan

  78. yang paling bikin bingung adalah pelakunya tau kita terakhir belanja apa, sehingga kita mudah percaya. Saya baru aja kejadian, bahkan ampe sekarang masih telponan sm pelakunya, pgn buru2 dilaporin.

  79. Baru saja saya di telp..
    Saya g merasa terkejut ato gimana. Respon saya menanggapi datar2 saja.
    Tapi saya langsung tolak.
    “Apa ibu tidak sayang kehilangan 2jt rupiah?”.. saya jawab,”Tidak!”

    Ini no telp nya +62 821 8171 4603

    Mungkin anda bisa mengerjai kembali.

  80. Saya juga mengalami kejadian yg sama persis dan saldo shopeepay saya habis semua.
    Untungnya, saldo shopeepay saya cuma 2rb.
    Setelah ditelpon itu, saya langsung hapus akun shopee saya lewat fitur apps shopeenya sendiri.
    Mungkin saya jg akan menghubungi CS Shopee sebentar lagi.

  81. Saya ditelponin dapet undian hadiah shopee udh beberapa bln ini bru aja brusan sy dtelpon lg hari kmren jg.. hampir tiap minggu ditelpon pernah sminggu smpe ada 2-3 x nyah.. tp sy abaikan setiap dtelpon sy angkat dlu telponnya dan dengerin dia ngmong ujung ujung nya semua minta kode yg di sms kan shopee, sy ga kasih dan sy tutup telponnya lalu diblokir udah numpuk no telpon di daftar hitam kontak sy yg mngatas nama kan shopee.. apa sya perlu laporn k pihak shopee atau gmna?

  82. Tgl 5 september kemarin aku jg hampir kena tipu kak, modusnya jg sama katanya dapet cash back 1jt trus suruh top up shopee pay 200rb untung aku blm top up, trus di tanya mau dicairkan di rekening? Aku udh trlanjur ngasih nomer rekening, gimana ya kak rekeningnya aman nggak? Mohon pecerahannya

  83. Kak terus kalau akunya sudah dinonaktifkan bagaimana ya,saya juga mengalami hal serupa,tapi untungnya saya tidak ounya saldo dishoppee,tapi saya takut akun saya disalah gunakan,untuk mengatasinya saya sudah meng email pihak shoppee,nah itu yg menonaktiflan pihak shoppee atau pihak yg penipu tadi ya kak,mohom penjelasanya

  84. Samaa kak aku juga barusan tadi ditelepon mereka pakai nomor pribadi gitu yg nelpon ini bapa2, sayakan gangerti apa2 tuh soal shopee. dia bilang kalo saya dpt 2,5 jt nanti di trf ke shoopepay nya terus nanya nama, dia jg nanya pengguna lama atau baru pas saya jawab saya pengguna baru dia matikan teleponnya, kemudian setelah bbrp menit dia nelpon lagi udah gak saya angkat, saya salahnya udah ngasih tau nama saya itu aman aja ga yaa?
    Oiya makasi banget kak udh buat cerita penipuan kaya gini buat yg lain tertolong

  85. Tgl 9 September 2020 ini, barusan sore tadi juga saya kena tipu… untungnya saya sampai tahap otp saja… tapi pesanan saya semuanya dibatalkan oleh oknum tersebut… untungnya akun saya sudah saya kuasai kembali dan langsung saya ganti password dan pin shopeepaynya… untungnya juga shopeepay saya sudah habis dibuat belanja tadi… kalo tidak ketemu dengan website ini entah seperti apa akun shopee saya nanti… alhamdulillah

  86. Ini saya alamin kemaren tgl 06 sept.. Kejadianny sama persis.. Saya kehipnotis uang shopeepay sm paylatter ilang semua raib.. 😭😭😭 untungny pas minta verifikasi atm, saya keburu sadar klo itu penipuan.. mngkin saya sdg kurang konsentrasi jd sprt terpengaruh dg omongan si penipu itu.. Mohon utk lebih waspada semuanya..

  87. Ni baru aja kejadian dgn saya..tepat nya tgl 9/9/2020 kemaren..ada yg nelpon saya mengatas namakan pihak shope .. seperti biasa modus penipuan minta sandi akun shope,kode otp dan data yg lain seperti KTP..saya sadar kalo itu penipuan…dan saya Tidak memberikan informasi sedikit pun …..setelah tlpn terputus saya buka aplikasi shope…dgn sangat terkejut walaupun saya tidak menginformasikan kode Otp untuk masuk ke akun saya penipu bisa membuka akun shope saya..dan menggunakan limit shopepay letter saya…untuk membeli produk digital..alhasil tagihan shopepay letter saya naik mencapai 900.000 ..ngk lama secara otomatis akun saya keluar dan ada pemberitahuan akun saya bekukan…klo Dr shope sdh saya laporkan ke cs nya…dan akan di tinjau 1-3 hari ke depan…tp masalah nya bagaimana dgn tagihan shope payletter yg saya tidak gunakan..apa saya harus membayar semua tagihan sedang kansaya tidak menggunakan nya…

  88. Cerita sama persis dengan yang saya alami pada tanggal 3 September 2020 kemaren, untuk semua teman teman yang sudah tertipu dari orang yang tidak bertanggung jawab ini semoga rizkinya di lancarkan ya Allah amiin,

  89. Cerita sama persis dengan yang saya alami pada tanggal 3 September 2020 kemaren, untuk semua teman teman yang sudah tertipu dari orang yang tidak bertanggung jawab ini semoga rizkinya di lancarkan ya Allah amiin,

  90. Sama aku juga hampir aja ketipu, lalu aku google ternyata itu penipun, untung saja aku gak jadi isi saldo shoppe pay.

  91. 081809080085 ini nomor wa penipu yg mengatasnamakan shopee, saya mengalami kerugian 1500000 sampe skrg wa nya masih aktf, dan no hp nya juga masih aktf 081910666360 no tsb masih aktf juga, akun shopee saya pun sekarang di hack,

  92. Kasusnya sama seperti saya mba barusan saya di tlp sama orang yang ngaku ngaku dari pihak shopee bilangnya saya dapat cashback 4jt di tf lewat rek saya,saya sudah kasih no rek dan menyebutkan kode verifikasi yang di sms ke no saya. Untung saya search ditntang modus penipuan ini dan baca kasusnya mba,tadinya saya sudah percaya saja.

  93. Ya Allah saya juga tadi barusan kena tipu dengan modus yang sama. Untung saja saldo atm saya tidak besar. Karena saya curiga saya ambil dulu saldo d atm saya. Dan saya sisakan 142 ribu. Jadi yang keambil hanya 89 ribu. Tapi bener2 yah ditengah keadaan ekonomi yang sulit ini 89 ribu juga terasa besar jika kena tipu.

  94. Saya baru saja mengalaminya Karena begitu meyakinkan saya juga tertipu tanpa berfikir panjang saya langsung melakukan isi shoppepay 200.000 setelah terisi pelaku menggunakan nya untuk transaksi pembelian paket data padhal itu untuk uang dagangan saya😭 Bagaimana ini bisa Terjadi pada pihak online terbesar

  95. Sama saya baru saja mendapatkan telfon dengan iming-iming uang 2 juta.sebenernya saya saya udah feeling ini tipu-tipu tapi yaudahlah berhubung saya lagi ngga ada kerjaan jadi saya ladenin saja. Tapi saat penipu sudah mulai minta saya untuk top up ke ATM saya bilang saja itu akun shopee kakak saya dan kakak saya sedang tidak dirumah haha lalu penipu meminta saya saja yang top up , saya bilang saja saya tidak punya ATM akhirnya dia mematikan telfonnya. Setelah itu saya masuk akun shopee saya dan mengganti password saya 😁 Sebenrnya akun shopee saya ada 2, dan dua-duanya menggunakan nomor telepon yang masih aktif dan saya gunakan, si penipu itu ternyata menelpon kedua nomor saya itu 🤣 seniat itu dia bagi bagi uang 2 juta, coba beneran auto kaya saya dapat uang 4 juta langsung 🤣

  96. Sama banget si ka ini ceritanya😭 saya baru kejadian barusan banget😭 tapi dia bilang saya harus top up shopeepay sebasr 500.000 untungnya saya ga top up itu😭 lalu dia juga nyuruh lewat atm, saya ikutin cara2 yg dijelaskan dia:( mungkin dia mau ambil saldo saya tapi untungnya saldo saya cuman sisa 1.000 jadi gabisa diambil. Terus saya langsung ganti password shopee saya. Apa saya gabakalan kenap tipu ka? Atau akun saya ngehutang dengan mengatasnamakan nama saya? Gimana ya ka saya takut banget:( Ini gabakalan apa apa kan ka?

  97. aku juga sempat alami minggu lalu tgl 07 September. Tuh penipu nelfon jam 10 malam dong… Kronologi kejadiannya sama persis dgn cerita di atas. aq waktu itu pilihannya minta transfer rekening aja, si penipu minta angka di belakang kartu atm dan norek, untung waktu itu atm lg dipinjam sm adekq jadi selamat tp aq dah kasi norek sih…hiks. Tapi krn alasannya ngga bs dicairin tanpa nomor atm itu aq disuruh pilih opsi kedua dikirim lewat shopee pay. Aq disuruh transfer seluruh isi tabungan aq ke shopeepay dgn alasan spy jumlah yg bertambah di rekening jelas sbg tanda hadian dah ditransfer. Krn mulai curiga, aq pura2 bego aja, aq sempat kirim top up ke shopee pay 300rb, tp si penipu protes krn tuh bkn jumlah tabungan yg aq sebutin. lah, kok dia bisa tau ya? berarti nih org dah berhasil bobol akun shopeepay. Untung tuh hari akal sehatq kembali, sambil nahan ngantuk aq kuras semua isi shopeepay q ke rek pribadi. Trus si penipu nadanya kyk kesal gitu kok ditarik mba? trus dia minta kode OTP lg. aq cuma say good night aja.. ndak lama kemudian hbis tarik saldo shopeepayq sdh terblokir. Alhamdulillah aq ngga sampe ada kerugian finansial, tp sipenipu msih pake akunq sampe pagi dong tanpa bs akses shopeepay. cuma kurang ajarnya dia batalin semua checkoutq dan bnyk checkout pulsa XL yg jumlahnya lebih sejuta via paylater. Alhamdulillah tuh hari masih bisa q batalin krn shopeepaylaterq ndak bs diakses lg. Aq chat admin shopee via aplikasi, untung gercep CS nya waktu aq blg penipuan. akunku sempat dibekukan selama 2 hari. Alhamdulillah skrg dah bs pake akunq lagi. Pas aktif lagi lgsung ganti password akun dan shopeepay. Alhamdulillah sampe skrg uang direkeningq masih aman meskipun dah kasi norek. Tapi sipenipu sampe skrg msih coba hbungi aq dgn nomor yg berbeda via telfon & WA. Aq tetap angkat, tapi tiap kali dia bilang ini dari Shopee aq lgsung matiin dong. Emang siapa sih yg mau dibodohi dua kali…hahahahaha…

  98. 😭😭😭😭
    Kasus ny percis kaya gt…
    Sy mungkin kurang konsentrasi ya biasa ny sy tidak langsung percaya tp tdk tau knp pd tanggal 14 sep 2020 kemarin kena tipu uang sy total 3jt sekian RAIB d rantas pelaku…pelaku bilang akan d akumulasikan dana ny 1×24 jam tp nihil g bisa d hubungi lg…..
    Sy hub pihak CS shopee ny mereka cm ngambil tindakan buat membekukan akun sy….tp tidak ada jaminan untuk pengem balian dana…
    KECEWA banget sm tingkat keamanan shopee ini…kira” klo data ny udh d bekukan gt keamanan data sy yg d shopee gmn y….

  99. Saya juga kena tipu disuruh ngisi shopeepay saya 50k ya saya isi trus saya bilang ke ortu saya lewat telfon terus kata ortu saya hati2 penipuan dek,trus dari itu saya khawatir uang saya 50k itu gmn,apa lagi saya masih smp jadi gtw apa2 itu penipuan ata tidak

  100. sama persis mas tgl 15 seprember 2020 sama persis sama yg mas terangkan tapi untung saya sadar klok itu penipuan

  101. Barusan per tanggal sekarang kejadian. Tapi karena saya ngotot bilang sms dia ga masuk makanya dia marah akhirnya. Dari awal saya sadar ini aneh (dugaan penipuan). Nomornya yang dipakai menelpon: 0823-75381614

  102. Saya juga kena tipu, terus pihak shopee bantu mengatasi nya ga ya, gimana kita ga percaya orang kode otp ngirim sms nya sama namanya sama2 shopee. Yg aku abis verif sama dari oenipu tu sama. Uang shopeepay laternya gimana yaaaa, takut nanti setiap bulan kena tagihan

  103. Baru saja ada yg telp saya persis modusnya,dgn iming2 voucher 2 juta,minta kode verifikasi 6 digit dri shopee,lalu sms dri shopee masuk,dan ylangka tengahnya saya balik,dan saya blg kodenya memang sperti itu, jadi dia nyerah dimatikan sndiri dari dia 😂

  104. Sama kak saya juga barusan di tlp sama persis kyk cerita pengalaman di atas,
    Alhamdulillah suami saya bilang jangan itu penipuan krn dia mintak kode otp,
    Dan sekarang aku cepat2 blokir no dia,
    Terimakasih kak atas cerita pengalaman nya jd tdk terjdi untuk orang lain juga,🙏

  105. Sama kak tapi saya di rekening bank, tp alhamdulillah karena tdk ada saldonya jdi gc jdi terkirim. Saya tanya rekening bank saya gimana apa harus di blokir, sekarang akun Shopee tidak bisa masuk.

  106. Sm sy jg TDI jm 18:01.ad org nlpn dri pihak shopee.. Dy surh ke bank. Skli cek saldo sy di ATM tgl 41rbu..dy surh KTA ngisi uang 200 RB ke ATM sy. Sy ISI 200.tk lmao 30 mnt sldo sy di ATM tgl 52rbu.ktny dimnt pihak bank. Tp yg anh ny. No dy sy chat dy blz trus.

  107. Pliss saya baru kena tipu hari ini, untung shope pay saya 0 dan dia mencoba menipu saya lewat banking atau ATM tapi saya akhirnya sadar kalo saya di tipu, masalahnya akun saya di bekukan oleh si penipu karna saya sempat memberikan kode OTP saya, plis saya harus gimana untuk mengembalikan akun saya sebelum di salah gunakan

  108. Sama kak barusan tadi (selasa 22 September) orangnya telpon dia bilang saya mendapatkan voucher belanja sebesar 2jt trs dia meminta no rekening dan saya kasih dia juga minta kode otp dan saya kasih juga dia bilang minta no rekening dan saya kasih juga dia bilang atm jauh apa nggak saya bilang sekitar 500 m dari rumah saya dia bilang saya suruh cepat kesana daan saya menunggu ibu saya yang sedang sholat untuk mengantar saya dan ayah saya bilang itu penipuan janga di percaya dan beruntung saya belum ke ATM dan saya juga bilang kirim ke shoppe pay saja dia bilang kalau mau di shopee pay harus mengisi shopee pay sebesar 300 rb dan disitu saya juga mulai curiga karena ketika saya meminta dokumen tentang saya pemenang dia maah bilang tidak bisa tunggu nanti jam 7 malam di Chanel antv dia akan live dan akaan menunjukkan merekam omongan saya dan dia dari situ ibu saya mulai takut karena dulu juga pernah terjadi seperti ini dan penipu itu berhasil mengambil uang ortu saya di atm. Akhirnya telpon trputus dia slalu berkali kali menelpon ulang karna saya takut itu penipuan akhirnya no penipu itu yang di telpon dan di wa saya blokir saya sharing di google tentang hadiah dari shopee dan yang keluar jika kita mendapatkan hadiah seperti itu pihak shopee akan menghubungkan si pemenang dengan akun resminya bukan dari no telp pribadi ataupun sms. Saya beruntung sekali karena orang itu belum bertindak jauh ya walaupun sudah di kasih no rekening tapi kata ayah saya tidak boleh menyimpan uang lagi di atm dengan lama lama harus cepat di ambil

  109. Damn….saya kira beneran loh… barusan kejadian. jadi yakin karena sms lgsg dari shopeenya. yang jadi bikin curiga koq ada sms dari bukalapak juga pas dia ngomong ada sms ga dari bukalapak…trus saya tanya ni mau ditransfer ke shopeepay atw bukalapak?dia bilang ke shopee aja soalnya kita OLshop udh kerja sama…saya tanya lagi kerja sama dalm hal apa?bukannya saling bersaing sesama OLshop…dan akhirnya googling n nemu ini artikel…alhamdulillah trima kasih banget jadi tergagalkan.padahal udah mau berangkat ke alfamart bwt isi shopeenya….
    Setelah dibaca2 jadi paham mekanismenya….sms dari shopee tu sbnrnya sms rahasia yg ga boleh dikasih tau…saya malah kasitau ke dia…langsung dah ganti pasword…untung ga ada saldonya…heheheh
    terimakasih banyak gan artikelnya membantu sekali…

  110. Ini sedang kejadian. Disuruh topup shopeepay 200.000 agar koin bertambah jadi 1500. Dia mau telfon 2 jam lagi…

    Enaknya bikin drama gimana yah nanti??

  111. Kak tolong jawab ya aku ngerasa ga tenang banget kak, tadikan aku ditelpon ya aku kasih aja kode otp nya, tapi saldo shoppepay aku 0, udah gitu dia juga nyuruh aku buat ngisi saldo top up 300 rb aku bilang aja lagi gaada uang, aku matiin aja dia bilang punya atm ga aku bilang engga, kata dia ini ada riwayat pembelian lewat atm, aku bilang aja aku ngerasa terganggu sama dia.langsung aja aku buru buru hapus akun shoppe aku kak, bakalan aman ga ya kak?

  112. sy kena tipu malam ini kkak2 semua, kasus sama persis.
    &sebanyak ini ternyata yg kena tipu..
    mudah”an ada pihak berwajib yg benar-benar menangani.
    kl tidak ya sudah, sy pasrah saja kpd Allah.

    sy yakin penipu ini nggak bakal hidup tenang, &akan mendapatkan balasan dr Allah dg balasan yg lebih pedih. krn Allah maha adil. tidak pun di dunia ketika mati nanti si penipu ini akan mendapatkan balasannya.

  113. Pada tanggal 06/10/2020 Aku juga baru ketipu dgn iming2 spt shoppepay 2jt, dia kasih pilihan mau lewat atm apa shoppepay aku milih atm begonya kemakan atm aku di raib 1jt sakit bgt nyesek kalo inget knp bego bgt

    1. Saya baru aja kemarin kejadiannya, da hampir sama kayak gitu dengan iming voucher 1juta , dan setelah kejadian itu ATM saya raib hampir 2juta lebih, bener- bener nyesek sampe nangis nangis, kalau boleh tanya setelah kejadian itu kakak melakukan apa saja, ganti akun kah? Atau bagaimana?

        1. Saya baru aja juga ditelpon tpi malah saya bikin bercanda sampai si penipu bilang tolong ibu jgn bercanda yaa, lah padal gua masi 20 th cuyy. Gua kerjain balik aja 🤣🤣

  114. Saya juga barusan sore ada telepon nomor pribadi, ngakunya dr pihak shopee.. tadinya saya seneng dapat tawaran hadiah darinya sebesar 3jt. Dia bilang pencairannya mau lewat rekening atau akun shopee, saya bilang lewat akun shopee aja pak. Namun dia minta kode OTP dari shopee yg dikirimkan melalui SMS. Saya cermati pesan itu, gini pesannya ” Terdeteksi percobaan akses ke akunmu. JANGAN BERI kode ke siapa pun TERMASUK SHOPEE. WASPADA PENIPUAN!”

    Dia minta kode 6 digit itu. Namun saya sudah sadar dan tau isi pesan SMS ini. Dan saya pura² tidak bisa mengirim kan nya, ya karena memang kode itu tidak boleh di berikan kepada siapapun.

    Saya bilang “saya blm percaya pak”.
    Akhirnya dia kasih pilihan, “mau di ambil tidak hadiah ini”. Dan saya jawab dengan penuh ke PDan : “Tidak akan saya ambil pak”. Seketika itu dia langsung mematikan Telepon nya.

    Yess! Ternyata dia penipu bung. Langsung lega hatiku dan ngagak “haha dasar penipu”.

    Sekian kisah dr ku.
    Tetap waspada semua.

    By: Oke Shiip

  115. Maaf…numpang berbagi juga….saya baru mengalami kejadian yang sama semalam 14/10/20….nomor telepon penipu masih ku catatat 081280585982..maaf ku share biar semua waspada…dengan modus yang sama…saya sampe dimintain 16 digit nomor di ATM dan kusebutkan juga nomor rekening……sampe si penipu nanya apa q punya mobile banking…q juga tipu balik kalo q ngak punya..padahal q udah punya….sipenipu sampe buatkan MBanking disinilah ketahuan kalo q lagi ditipu….langsung kesempatan q skak si penipu….kirain q gampang dibodohi… pelajaran juga buat semua…apapun itu kode OTP penting…bila perlu selalu update password akun….terima kasih

  116. Baru saja saya juga di telepon dan bodohnya saya … Saya memberikan kode OTP karena memang sms dari shoppe… Untungnya shoppay saya tidak ada saldo dan saya dipaksa isi saldo… Dari situ saya mulai curiga…akhirnya saya bertanya langsung kpd penelepon… Ini nipu gak… Dia dengan beribu alasan menjelaskan tapi saya sudah tidak percaya… Dan saya tipu balik penipu tsb … Saya bilang akan isi saldo shoppe besok pagi jam 5 karna katanya jam 8 akan ditayangkan di shopee… Setelah telpon ditutup saya cepat2 ubah pasword shopee saya… Mudah mudahan aman

  117. Yaallah berarti ini q kena tipu kejadian udah berlangsung q gk bisa login shopee q ini dia masih menghubungi saya tp katanya akun shopee q akan kembali normal

  118. 1. Jam 14.18 Dapat SMS dari MOCA STRUk Belanja Shopee 2 juta rupiah.
    2. Jam 14.15 Seseorang mengaku Admin MOCA ( KATANYA SPONSOR SHOPEE ) dengan no HP 082177802075 mengabarkan lewat panggilan telepon saya dapat STRUK Belanja dari MOCA 2 JUTA YANG BISA DIUANGKAN dengan cara ketik *21*82177802075#Call lalu saya disuruh buka shope via HP
    3 Saya sadar akun saya di hack gara2 kasih *21*82177802075#Call ( Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha menjelaskan, kode *21* adalah kode pengalihan panggilan. … Menurut dia, kode ini merupakan cara melakukan call forwarding atau pengalihan panggilan melalui kode USSD telepon) Jadilah.Pasword saya terforward ke orang tersebut saat login shopee via HP..
    4. Merasa ada sesuatu hal yang janggal maka saya langsung hentikan pembicaraan dengan orang tsb
    5. Orang tersebut kesal ganti nama profil SHOPEE Saya jadi MUCIKARI
    6. Saya ketik ##002# di HP untuk mematikan semua bentuk pengalihan dari ponsel
    5 Saya ganti nama profil SHOPEE Saya dan ganti Pasword

    INTINYA HATI-HATI DENGN KODE *21*no hp# nanti SMS/WA BISA DIALIHKAN KE NO PENIPU

    CONTOHNYA KASUS MAIA ESANTY…

  119. Saya barusan di telpon penipu, katanya dapet hadiah 2jt dri shopee, untung saya langsung searching kesini, hampir aja ketipu. Tapi saya udah memberi tahu 6 digit nya udah 4 kali, karena udah 4 kali jg pesannya masuk. Nurut2 aja. Nah untungnya saya pengguna baru, ktp sy blm diverifikasi di shopee, saldo shopeepay saya cuma ada 4ribu, belum ada atm atau kartu apapun, trus saya disuruh verivikasi ktp dlu kan barusan, trus saya iya2 in, ga saya masukin gr2 males bongkar2 dompet, jdi saya iseng searching, nemu ini, ternyata benar itu penipu, dia pake nomor pribadi jg dong awalan 0821. Nah jdi ga saya urusin lg dia, ga diangkat lg tlpn dia. Trus biar memastikan aman, akun nya udah aku ganti password. Sangat membantu sekali membaca artikel ini. Semoga kalian tetap berhati2, dan tidak tertipu lg oleh kejadian ini.

  120. Masya Allah… Ternyata tidak hanya saya sendiri yang hampir kena tipu, untung sy kepikiran cari informasi dulu dan lihat artikel ini. Semoga mereka mendapatkan hidayah. Terimakasih informasinya min 🙏🙏🙏

  121. Saya br ngalamin saya turutin maunya dua cuman yg saya g turutin nyebutin nominal saldo di atm dia semoet nanya2 no kartu atm sama 7 angka belakangny saya sebutin untungny ada m-banking jadi saldo atm bisa di kosongkan dulu apa pin atm nya langsung di ganti aja ya takutnya ada dana masuk bisa ke ambil dia tp emng dia bisa ambil saldo di atm kita?

  122. Saya juga sama ditipu sama no hp +62 812-7126-8361 katanya atas nama Agus Setiawan.
    Sangat meyakinkan karena dia tau langkah2 di shopee dan m-banking.
    Yang sy yg hilang via Link Aja =IDR431,123 dan IDR203,123 dengan tujuan nomor Hp saya. Dan via shopee pay indomart sebesar IDR100,000. Total IDR734,246.
    Bagaimana caranya melaporkan orang ini?
    Sy ditelpon sampai lebih dari sejam.
    Kurang ajar nih penipu!!

      1. Saya barusan coba install Link Aja di gadget Saya pake nomor hp sy.
        Ternyata udah terpakai padahal saya belum daftar. Sy ga bisa masuk ke akun nya juga.
        Kurang ajar ni penipu.

  123. terimakasih,,,, karena artikel ini membatu saya untuk tidak terlena karena penipuan,,, barusan 28 Nopember 2020 Jam 13.07 saya mendapat telfon Whatsapp mengatas namakan pihak shopee,,, karena curiga saya browsing dan menemukan artikel ini,,,,
    terima kasih banyak

    1. Saya juga kemarin Kamis 29 juga 2021 persis sama seperti di bilang dapat undian berhadiah shopee sebesar 3 JT lalu saya ikutin kata mereka. Mereka minta kode otp shopee saya kirim semua apa yang mereka pinta. Karna saya memang lagi posisi buntu. Dan saya sangat percaya dengan mereka mengatakan staf dari perusahaan shopee. Lalu akun saya katanya dipakai mereka sementara saja. Karna ada perbaikan sistem. Dan jika MBK mau undian nya MBK harus download aplikasi easy cash dengan melakukan pinjaman. Tapi gagal dan akhirnya melakukan pinjaman lagi di ada kami. Merek sudah saya rekam katanya mereka yang akan membayar atas pinjaman dan bertanggung jawab atas akun shopee saya. Lalu mereka bilang ambil pinjam 700 RB, dlm waktu 7 hari. Yang saya percaya mereka cs. Nya jadi saya turutin. Dan ternyata mereka bilang tahap saya masih kurang. Katanya saya harus download aplikasi rupiah cepat. Dsni saya baru sadar isi ATM saya sudah di bobol mereka. Karna ada nya bukti SMS banking tranfer briva Tokopedia. Lalau saya bilang saya berenti disini saja. Kembalikan saja akun shopee saya karna saya ada cicilan barang. Dan akhirnya mereka langsung mematikan telpon di WhatsApp. Iya dan akhirnya akun saya tidak dikembalikan. Dan pihak ada kami menagih ke saya. Saya aja tidak memakainya sama sekali 😭😭😭

      1. Saya sudah melaporkan semuanya. Sama pihak shopee dan cs. Ada kami tapi belum ada juga respon kapan dan pastinya kembali akun. Dan ada kami selalu kirim SMS. Saya tidak memakainya sepeser pun tapi mereka menagih terus-teusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button