8 Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Yang Bisa Menjadi Inspirasi Usaha Anda

Saat kebutuhan Anda makin banyak, maka tentunya mengandalkan gaji pokok, tidak akan menutupi segala biaya hidup Anda. Lantas apa yang harus dilakukan untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari? Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka usaha sampingan dengan modal kecil. Ya, sekarang ini ada banyak sekali usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan bagi Anda. 

Lantas harus membuka usaha apa? Jelas itu akan menjadi pertanyaan pertama yang akan muncul saat akan memulai sebuah usaha. Pada pembahasan artikel kali ini, akan memberikan macam macam usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda tiru untuk mendapatkan uang tambahan. Langsung saja mari ke ulasan lengkapnya berikut ini.

8 Inspirasi Usaha Dengan Modal Kecil

Jika ada kemauan, maka akan ada jalan. Ya, yang terpenting saat akan memulai usaha adalah kemauan dan konsisten. Sehingga usaha tersebut bisa berkembang. Nah, bagi Anda yang memang sedang cari usaha sampingan dengan modal kecil, maka berikut ini adalah beberapa contoh usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda tiru. 

advertisement

1. Bisnis Reseller

Usaha pertama yang tentunya tidak terlalu membutuhkan modal banyak adalah membuka bisnis reseller. Nah, bagi Anda yang mau membuka bisnis ini, maka jelas harus mencari mitra terpercaya untuk supplier bisnis Anda. Menjadi reseller baju atau kosmetik bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, jika dilihat sekarang ini kebutuhan akan baju dan kosmetik cukup mengalami peningkatan. 

2. Bisnis Dropship

Selanjutnya ada bisnis atau usaha dropship. Bisnis ini akan sangat cocok untuk Anda yang tak memiliki modal sedikit pun. Sebab, Anda hanya tinggal mengiklankan barang dagangan Anda, lalu jika ada yang pesan maka Anda tinggal menghubungi pihak supplier Anda. Anda bahkan tak perlu repot-repot melakukan packing barang. Tentunya bisnis satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang tak memiliki waktu banyak tapi tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

advertisement

3. Jasa Desain Grafis 

usaha sampingan dengan modal kecil selanjutnya adalah Anda bisa membuka jasa desain grafis. Nah, usaha yang satu ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki keahlian dalam desain grafis, ya. Perlu Anda ketahui, jika bisnis sampingan ini bisa saja sangat menguntungkan. Sebab, harga desain grafis bisa dihargai sangat mahal. 

Untuk mencari konsumen dari bisnis ini, maka Anda bisa mencarinya di website freelance desain grafis atau mempromosikan jasa Anda di akun media sosial. 

usaha sampingan dengan modal kecil
usaha sampingan dengan modal kecil

4. Membuka Jasa Les Privat 

Bagi Anda yang memang memiliki keahlian dalam mengajar dan menguasai salah satu pelajaran sekolah, maka tak ada salahnya mencoba untuk membuka bisnis les privat. Bisnis ini bisa sangat menguntungkan di zaman sekarang ini, terlebih lagi banyak juga para orang tua murid yang lebih mempercayakan proses belajar anaknya kepada guru privat.

Tapi biasanya untuk memulai bisnis ini, maka Anda harus memiliki bukti seperti memiliki ijazah sekolah perguruan tinggi. 

5. Jasa Rias Wajah 

Jasa rias wajah pun dapat menjadi usaha sampingan dengan modal kecil. Meskipun modalnya tak terlalu besar, tapi usaha ini bisa sangat menguntungkan. Sekarang ini memang makin banyak saja orang yang membutuhkan jasa rias wajah. Biasanya perias pemula saja bisa mematok harga ratusan ribu rupiah. Jelas usaha sampingan ini akan sangat menguntungkan Anda. Bagi Anda yang jago merias wajah, maka tidak ada salahnya mencoba usaha ini. 

6. Jasa Menulis 

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang tulis-menulis, maka Anda bisa membuka jasa menulis. Sekarang ini masih banyak yang membutuhkan jasa menulis ini. Biasanya jasa ini dibutuhkan untuk menulis konten di website atau menulis konten untuk promosi suatu barang dagangan. Nah, Anda bisa memanfaatkan situs freelance menulis yang ada. Ya, cukup banyak situs-situs atau website yang memfasilitasi para penulis lepas  dalam mencari konsumennya. 

7. Jasa Menjahit

Selanjutnya adalah usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa ditekuni oleh Anda yang memiliki keterampilan menjahit. Usaha ini termasuk usaha yang sangat menjanjikan sampai sekarang, sebab jasa penjahit masih dibutuhkan banyak orang sampai sekarang ini. Tapi tentunya jika mau membuka usaha ini, maka selain keahlian menjahit, Anda juga harus memiliki mesin jahit. 

Jika ditekuni, usaha menjahit bisa berkembang sehingga tak menutup kemungkinan Anda bisa membuat merek pakaian Anda sendiri di kemudian hari. 

8. Menjadi Youtubers

Seperti sekarang ini makin banyak saja orang yang ingin menjadi Youtubers. Apakah Anda juga ingin menjadi Youtubers? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk membuat konten video dan kemudian di upload ke akun Youtube Anda. Nah, Anda bisa membuat konten video sesuai dengan keahlian Anda. Misal Anda pintar memasak, maka bisa membuat konten memasak di channel Youtube Anda. 

Anda pun bisa menggunakan peralatan kamera seadanya untuk memulai konten video Youtube Anda. Asal Anda konsisten membuat konten dan channel Youtube Anda memiliki keunikan, maka dijamin akan membuat banyak orang menonton konten Anda. 

Itulah delapan usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

sumber gambar : pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button