Cara Kirim Uang ke Malaysia Dengan Mudah!

Penduduk Indonesia yang berada di Malaysia saat ini telah mencapai jutaan orang. Hal ini mengakibatkan meningkatnya transaksi keuangan antar kedua negara ini yang dilakukan oleh warga negara masing-masing.

Banyak yang setelah menerima gaji di Malaysia, lalu mengirim uangnya kepada keluarga di Indonesia, dan sebaliknya pula tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengirim uang bagi keluarga atau kerabatnya yang tinggal di Malaysia.

Dulu, mungkin beberapa orang akan merasa kesulitan manakala ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Namun saat ini, pengiriman uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan sejumlah langkah yang mudah. Misalnya untuk mengirim uang ke Malaysia, kita hanya perlu melakukannya dengan beberapa cara, salah satunya yaitu mengirim uang dari rekening bank di Indonesia ke Malaysia sesuai keinginan.

advertisement

Cara Kirim Uang ke Malaysia Melalui Transfer

Pengiriman uang dari rekening bank di Indonesia akan dikirim berupa mata uang Rupiah terlebih dulu yang kemudian dikonversi menjadi mata uang Ringgit Malaysia. Di bawah ini akan diberikan beberapa cara untuk cara kirim uang ke Malaysia dari bank di Indonesia:

  1. Melalui Bank

Mengirim uang ke Malaysia dari Indonesia bisa dilakukan melalui bank. Terdapat banyak bank di Indonesia yang bisa menjadi media pengiriman, tetapi bank yang paling sering digunakan dan direkomendasikan adalah Maybank. Maybank sangat membantu proses pengiriman uang ke luar negeri karena biaya pengiriman yang lebih hemat, meskipun mata uang yang digunakan tidak sama. Jadi, kita tetap bisa mengirim uang dari Maybank Indonesia ke Maybank Malaysia.

advertisement

Selain hemat, hal itu juga akan memudahkan proses pengambilan uang bagi si penerima. Proses transaksi kirim uang diawali dengan mengisi formulir untuk mengirim uang, dengan format yang kurang lebih sama pada setiap bank. Data yang diperlukan meliputi nama, nomor akun pengirim dan penerima, dan kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications).

Kode SWIFT merupakan sebuah kode unik, terdiri dari beberapa karakter yang digunakan oleh bank untuk memudahkan proses pengiriman uang. Kode SWIFT tidak sama pada tiap negara.

  1. Western Union

Selain melalui Maybank, kita bisa mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia menggunakan Western Union. Western Union adalah perusahaan yang melayani transaksi keuangan, berupa pengiriman uang dari dalam negeri maupun luar negeri. Layanan transaksi pengiriman uang menggunakan Western Union juga telah digunakan oleh banyak orang di indonesia dan dunia.

Western Union mudah ditemukan di negara mana saja, termasuk di Malaysia. Dengan Western Union uang dijamin terkirim ke luar negeri dengan aman, murah, dan cepat. Biaya pengiriman Western Union juga tergolong murah.

  1. Top Remit

Transfer uang ke Malaysia juga bisa dilakukan melalui Top Remit. Layanan ini dikategorikan aman karena telah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia. Transfer uang menggunakan layanan ini juga akan menguntungkan pengirim uang. Hal ini karena biaya yang dibutuhkan untuk mengirim uang masih sangat terjangkau.

Biaya kirim Top Remit hanya Rp 45.000 ribu saja (update Juni 2019 dan dapat berubah sewaktu-waktu). Berapapun uang yang hendak Anda kirim, satu juta atau 10 juta, biaya kirimnya tetap sama, yaitu Rp45.000.

  1. Money Gram

Ingin transfer uang ke Malaysia? Mungkin Money Gram bisa menjadi alternatif pengiriman selanjutnya. Dibanding dengan Western Union, biaya pengiriman melalui Money Gram tergolong lebih hemat. Kita hanya dikenakan tagihan transfer sebesar Rp 90.000 untuk besaran pengiriman Rp 900.000.

Terdapat sekitar 170 negara yang memiliki layanan Money Gram. Hal ini bisa dikategorikan cukup banyak meski memang tidak sebanyak Western Union.

  1. PayPal

Ternyata PayPal juga bisa digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri, termasuk ke Malaysia.

Ketika kita ingin mengirim uang ke Malaysia dengan menggunakan PayPal, maka pihak pengirim dan penerima uang di Malaysia, harus memiliki rekening PayPal terlebih dulu. Untuk memverifikasi rekeningnya kita harus menggunakan kartu kredit.

Pastikan sudah memiliki kartu kredit dalam penggunaan rekening PayPal tersebut. Hal tersebut bertujuan agar uang bisa langsung masuk ke akun PayPal penerima. Jadi, PayPal tidak hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran di marketplace internasional saja, tetapi juga bisa digunakan untuk transfer uang ke Malaysia.

  1. Adaremit

Selain beberapa cara di atas, sarana untuk mengirim uang ke Malaysia yang lain adalah dengan menggunakan jasa layanan Adaremit. Perusahaan Adaremit sudah bekerja sama dengan sejumlah bank terkemuka dan bisa melakukan pengiriman uang yang sudah berlisensi di beberapa negara yang ada di dunia. Adaremit juga dikenal dengan pelayanan terbaiknya dalam hal pengiriman uang.

Tidak hanya mengirim uang ke luar negeri saja, tetapi ada banyak hal yang berkaitan dengan keuangan bisa dilakukan dengan Adaremit. Misalnya berbelanja di luar negeri atau membayar tagihan properti di luar negeri.

Untuk bisa melakukan beberapa hal tersebut, kita cukup melakukan registrasi secara langsung di website resminya. Jangan lupa juga untuk memverifikasi data pribadi dan mengisi data diri lengkap, ketika melakukan pengiriman uang ke Malaysia. Transfer uang ke Malaysia atau negara lainnya dengan remitansi dari Adaremit terbukti memberi banyak keuntungan dan tentunya aman.
Itulah beberapa cara transfer uang ke Malaysia dengan mudah dan aman. Pilihlah layanan transaksi internasional yang terbaik menurut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button