Berikut Tips dan Cara Penggunaan Mesin EDC dengan Mudah dan Aman

Mesin EDC kini menjadi sistem pembayaran praktis yang penting bagi masyarakat. Pembayaran yang bisa dilakukan dengan mudah melalui perantara merchant seperti Indomaret serta Alfamart. Namun, sayangnya masih ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara menggunakan sistem pembayaran ini. Nah, lalu bagaimana tips dan cara penggunaan mesin EDC? Simak dibawah ini untuk penjelasannya:

Cara Menggunakan Mesin EDC dengan Aman 

EDC menjadi sistem pembayaran yang praktis dan mudah bagi masyarakat karena bisa dibantu oleh kasir. Pembayaran ini bisa dilakukan saat akan membayar belanja pada merchant bersangkutan. Bisa juga untuk melakukan transaksi lain. Nah, lalu bagaimana cara menggunakan EDC? Simak ulasannya dibawah ini: 

1. Datang ke Merchant Terdekat 

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah mendatangi merchant terdekat. Silakan datang ke Alfamart atau mungkin Indomaret untuk kemudian melakukan pembelian barang yang diinginkan. 

advertisement

Pastikan bahwa pembelian yang dilakukan memiliki nilai lebih dari 20 ribu. Nilai dari pembelian ini merupakan minimum jumlah pembayaran yang bisa dibayarkan menggunakan kartu Debit dan Kredit. 

2. Berikan Kartu Debit atau Kredit pada Kasir 

Tahap berikutnya dari tips dan cara penggunaan mesin EDC yang harus dilakukan adalah memberikan kartu debit atau kredit pada kasir. Silahkan katakan pada kasir bahwa pembayaran dilakukan nontunai. 

advertisement

3. Masukkan PIN 

Hal berikutnya adalah memasukkan PIN. Nantinya kasir akan memberikan mesin EDC. Nah, saat mesin EDC telah diberikan dan kasir mempersilakan mengetikkan PIN maka, silahkan ketikkan PIN dengan tepat. Pastikan tidak melakukan kesalahan pada tahap ini karena kartu bisa saja terblokir otomatis bila melakukan kesalahan PIN sebanyak 3 kali. 

4. Tunggu Proses Transaksi Selesai 

Apabila PIN telah dimasukkan maka, nantinya kasir akan segera memproses transaksi pembayaran pada mesin kasir yang telah dihubungkan pada mesin EDC. Silakan tunggu proses ini hingga selesai dilakukan oleh kasir. 

5. Masukkan Jumlah Transaksi 

Nah, apabila pemilik kartu Debit ataupun Kredit ingin melakukan transaksi lain maka, silahkan tuliskan jumlah transaksi yang akan dilakukan. Silakan ketikkan jumlah transaksi pada mesin EDC yang telah disodorkan oleh kasir. Pastikan bahwa nominal telah benar. 

6. Jangan Lupa Minta Bukti Pembayaran 

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah meminta bukti pembayaran atau struk pembayaran. Biasanya kasir akan memberikan setelah transaksi berhasil dilakukan namun, bila kasir tidak memberikan maka, customer berhak meminta. Silakan periksa bahwa pembayaran yang dilakukan telah sesuai dengan nominal sesungguhnya dari pembelian yang dilakukan. 

Mengetahui Tips Penggunaan Mesin EDC Aman 

Penggunaan mesin EDC tetaplah menjadi kekhawatiran bagi sebagian orang. Namun, sebenarnya pembayaran menggunakan sistem ini terbilang lebih mudah karena customer akan diarahkan oleh kasir. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan mesin ini maka, mari simak tips berikut: 

1. Jangan Beritahukan PIN pada Petugas 

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menggunakan mesin EDC adalah jaga privasi PIN. Jangan beritahukan PIN kepada petugas. Hal ini sangat penting dilakukan supaya tidak ada penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. 

2. Perhatikan Kasir saat Memproses Transaksi 

Tips lain yang perlu dilakukan saat melakukan transaksi menggunakan EDC dan menggunakan jasa kasir adalah jangan biarkan kasir membawa pergi mesin EDC. Hal ini perlu dilakukan supaya transaksi bisa terjadi dengan nominal sebenarnya dan tidak ada terjadi penyalahgunaan kartu Kredit maupun Debit. 

3. Pastikan Nominal Transaksi 

Memastikan nominal transaksi yang dilakukan juga termasuk salah satu tips dan cara penggunaan mesin EDC. Pastikan bahwa nominal yang diketikkan pada mesin EDC sudah tepat. Jangan sampai nominal yang dimasukan berbeda dengan nilai yang akan ditransaksikan. Hal ini perlu dilakukan bila customer ingin melakukan transfer pada rekening lain melalui merchant. 

cara penggunaan mesin edc

4. Minta Kembali Kartu Setelah Transaksi 

Jangan lupa untuk meminta kembali kartu pada kasir setelah selesai transaksi. Tentunya ini menjadi hal yang penting supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Apabila kartu telah terlanjur tertinggal maka, silahkan kembali pada merchant untuk mengambil kartu. Silakan lakukan pelaporan pada polisi serta bank terkait bila kartu hilang. 

5. Hubungi Pihak Bank Bila Kartu Tidak Dapat Digunakan 

Silakan hubungi pihak bank apabila kartu Debit maupun Kredit tidak dapat digunakan. Apabila ada kendala lain yang terjadi terkait transaksi, pemilik kartu juga bisa meminta bantuan dari pihak bank supaya ditindaklanjuti. Hindari menghubungi selain dari petugas pelayanan di bank demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nah, itulah tadi tips dan cara penggunaan mesin EDC dengan mudah dan aman. Tentunya memperhatikan segala aspek pada saat kasir memproses transaksi adalah satu hal yang penting. Jangan pernah juga lupa untuk meminta kembali kartu Debit atau Kredit. Hal lain yang perlu untuk diingat tentu saja adalah bukti transaksi dari pembayaran yang telah dilakukan menggunakan mesin EDC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button