Pengertian Bisnis MLM dan Tips Efektif untuk Memulainya

Zaman sekarang ini model bisnis semakin beragam dan semuanya menjanjikan keuntungan. Salah satunya adalah tipe bisnis MLM yang saat ini begitu populer dan diandalkan oleh masyarakat. Bisnis ini bahkan diminati oleh anak muda dan sangat mudah untuk dijalankan. Kali ini akan dibahas pengertian bisnis MLM serta bagaimana tips efektif untuk memulainya agar bisa dapat untung optimal.

Pengertian

Keberadaan bisnis MLM ini sebenarnya sudah cukup lama. Artinya memang sudah banyak orang yang mengenal jenis bisnis ini. MLM itu sendiri merupakan kependekan dari Multi Level Marketing. MLM bisa diartikan sebagai strategi marketing yang berjenjang atau berantai.

Dalam bisnis MLM ini, setiap pelaku usaha atau yang dikenal dengan tenaga penjual nantinya tidak hanya mendapat keuntungan lewat penjualan. Member dari MLM akan mendapat keuntungan dengan menjaring lebih banyak member untuk bergabung. Semakin banyak member yang diajak untuk berbisnis MLM ini maka akan semakin banyak juga keuntungannya.

advertisement

Dalam bisnis MLM terdapat istilah downline dan upline. Downline merupakan orang-orang yang berhasil dirangkul sebagai member. Sementara upline adalah kelompok orang yang berada di atas dan sebelumnya mengajak untuk menjadi member. Semakin banyak yang bergabung maka jaringan MLM ini akan semakin besar dan memberi keuntungan yang semakin banyak.

pengertian bisnis mlm

Kelebihan Bisnis MLM

Setelah memahami pengertian bisnis MLM, mari cari tahu apa saja kelebihannya. Jenis bisnis MLM ini dikenal memiliki banyak kelebihan. Tak heran jika begitu banyak orang yang langsung bergabung dan percaya akan keuntungan bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bisnis MLM:

advertisement

1. Modal Ringan

Bisnis MLM membutuhkan modal yang tidak begitu besar atau tergolong ringan. Inilah yang menjadi alasan banyak anak muda memilih untuk bergabung dalam bisnis MLM. Bahkan beberapa perusahaan hanya memberi syarat pembelian minimal Rp100.000,00 agar bisa menjadi member dan bergabung sebagai downline. Dengan modal yang ringan, member bisa berkembang dan dapat untung yang besar.

2. Tidak Butuh Stok Barang

Pelaku bisnis MLM tidak perlu sibuk mengurusi stok barang. Ini tentu juga menjadi kelebihan tersendiri yang akan menguntungkan para member. Tugas member adalah mempromosikan barang lalu menyerahkan pesanan kepada perusahaan. Nantinya perusahaan yang akan mengurus pesanan tersebut sehingga stok produk tidak perlu diurus langsung oleh member.

3. Sudah Ada Target Pasar

Bisnis MLM ini juga mudah dijalankan karena sudah ada target pasar yang jelas. Bisnis MLM dijalankan oleh perusahaan yang sudah terhitung besar. Mereka telah memiliki target pasar yang spesifik. Tugas dari member adalah menjual produk sesuai dengan target pasar tersebut.

4. Memberi Ilmu dan Pengalaman

MLM menjadi pilihan bisnis yang diminati oleh banyak orang karena memberikan banyak ilmu dan pengalaman. Dua hal ini sangat penting bagi para pebisnis pemula. Dengan mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman yang cukup maka pelaku usaha bisa berkembang. Lewat bisnis MLM ini member bisa belajar cara promosi dan cara membangun koneksi bisnis yang efektif.

Tips Berbisnis MLM

Setelah paham pengertian bisnis MLM dan apa saja kelebihannya, mungkin minat untuk bergabung dengan jaringan bisnis ini semakin besar. Agar tak salah melangkah, berikut ini tips memulai bisnis MLM yang bisa dijalankan:

1. Pilih Perusahaan yang Tepat

Ada banyak sekali perusahaan yang saat ini menjual produk dengan strategi bisnis MLM. Pilihlah perusahaan yang tepat dan sudah memiliki badan hukum yang jelas. Sangat direkomendasikan mengambil pilihan perusahaan yang sudah terdaftar di APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Ini dilakukan untuk menjamin keamanan bisnis yang dijalankan.

2. Cek Jenis Produknya

Selanjutnya, cek dulu apa jenis produk yang akan dijual. Pilihlah bisnis MLM yang jenis produknya jelas dan sangat dibutuhkan di masyarakat. Ini akan mempermudah proses promosi dan penjualan, apalagi jika produknya berkualitas dan memang diminati banyak orang.

3. Perhatikan Sistem yang Berlaku

Setiap perusahaan akan memberlakukan sistem bisnis MLM yang berbeda. Mungkin konsepnya sama namun bisa saja peraturannya berbeda. Pelajari dulu seperti apa sistem yang berlaku dan bagaimana peraturannya. Pastikan bahwa sistem tersebut akan mengarahkan untuk sukses menjadi pebisnis meskipun lewat metode MLM ini.

4. Cek Fasilitas yang Diberikan

Periksa apa saja fasilitas yang akan dinikmati jika nanti bisa bergabung sebagai member. Poin ini juga sangat penting untuk dilakukan agar bisa mengetahui apa saja keuntungan yang akan dirasakan setelah bergabung nanti. Mulai dari fasilitas belajar sebagai pemula hingga reward yang akan diberikan jika bisa mencapai target penjualan.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian bisnis MLM serta kelebihan dan tips memulainya. Bisnis MLM ini sangat direkomendasikan bagi anak muda zaman sekarang. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin maju sehingga proses promosi pun akan berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button