Yuk Simak Penjelasan Deposito, Manfaat dan Tujuannya

Pihak bank mengeluarkan berbagai produk layanan tabungan untuk nasabah setianya salah satunya dengan sistem deposito. Hampir semua bank menyediakan layanan tersebut yang artinya memang bagus untuk investasi jangka panjang. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang Penjelasan deposito, simak ulasannya yuk!

Definisi Deposito

Deposito merupakan sebuah produk layanan dari bank untuk nasabah yang akan menyimpan harta bendanya dalam rentang waktu tertentu. Jangka waktunya ditentukan oleh pihak bank, kemudian Anda bisa siapkan harta benda jenis apa yang akan di depositkan. Umumnya, jenis tabungan deposito berupa uang atau perhiasan yang sekiranya bernilai tinggi. Jangka waktu minimalnya mulai 1 bulan, 2 bulan, hingga 2 tahun tergantung dari pihak bank mana yang akan Anda tuju. Deposit uang minimal Rp. 5 juta sedangkan untuk perhiasan memiliki nilai keuangan yang hampir sama yakni Rp. 5 juta dengan kisaran berat 10 gram. Namun, jika perhiasan tidak selalu beratnya 10 gram karena disesuaikan taksiran harga emas terkini. 

Penjelasan deposito lebih lanjut, setiap penyimpanan yang Anda lakukan tidak diperkenankan untuk diambil sebelum batas waktunya, jika hal itu tetap akan dilakukan resiko yang akan terjadi adalah Anda dikenakan denda penalti sebesar persentase kebijakan bank. Ada yang memberikan denda 2% dari penalti tabungan namun ada juga yang lebih tinggi. 

advertisement

Pihak bank tidak akan dengan mudah mencairkan simpanan deposit Anda tanpa adanya alasan kuat, pihak bank cenderung menahan karena tujuan deposit adalah investasi jangka panjang. 

Tujuan Deposito 

Secara umum tujuan penjelasan deposito yaitu:

advertisement

  1. Membantu nasabah mengatur keuangan jangka panjang. Tidak sedikit orang menabung di bank mengeluhkan biaya administrasi bulanan, admin ATM, dan admin transfer antar bank. Dengan mendepositokan uang Anda, maka administrasi bulanan tidak akan terjadi, malahan Anda akan mendapatkan suku bunga tahunan lumayan besar. 
  2. Sebagai investasi tak dihitung. Sistem deposit menguntungkan pihak nasabah karena uang yang telah disimpan tersebut tidak akan diingat sebagai uang harian. Jangka 2 tahun ke depan, uang Anda utuh dan bertambah, sehingga kebutuhan mendadak terpenuhi dengan baik. 
  3. Menjadi cadangan masa tua. Banyak sekali orang lupa untuk menabung masa tua sehingga saat usia senja, dan mulai sakit-sakitan keuangan menjadi kacau. Deposit menjaga uang masa tua Anda hingga saat akan meninggal. Tetapi, sebaiknya sebelum meninggal uang tersebut diambil agar lebih mudah mengurus. 

Cara Memilih Deposito 

  1. Profil bank

Sebaiknya profil bank wajib Anda tahu sedari awal karena banyak bermunculan bank baru dengan iming-iming suku bunga besar. Setiap bank memiliki aturan deposit berbeda, dan pastikan Anda mendapatkan layanan yang sesuai. Sebagai contoh,  Bank Permata menawarkan suku bunga rendah tetapi tidak membatasi nominal uang yang akan Anda depositkan, syarat mengurusnya juga lebih mudah. penjelasan deposito

  • Memilih jenis deposito aman

Ingat ya, setiap kali Anda mendepositokan uang dalam kurun waktu tertentu tidak bisa diambil sewaktu-waktu layaknya tabungan biasa. Pikirkan waktu yang tepat apakah 6 bulan, 12 bulan atau 24 bulan. Semakin lama bunganya semakin besar. Pihak bank memberikan jangka deposit yang berbeda, Anda bisa review terlebih dahulu waktunya sebelum memutuskan untuk mendepositokan. 

  • Jangan terpaku bunga tinggi

Suku bunga tinggi bukanlah hal yang aman untuk menyimpan uang dengan deposit, mengapa?

Itu hanyalah trik agar nasabah terpikat agar mau menjadi nasabah. Tetapi, pertengahan menabung ada administrasi lain yang menekan nasabah. 

Tahapan Mengajukan Deposito

  1. Tentukanlah bank yang akan digunakan untuk mendaftar tabungan deposito.
  2. Anda siapkan berkas pendukung yang aktif seperti KTP, KK, dan sebagainya yang sesuai dengan keinginan syarat bank.
  3. Materai dari nasabah
  4. Calon nasabah umumnya telah memiliki rekening bank yang sama untuk daftar deposito.
  5. Tentukan waktu dan jenis deposito menurut layanan produk yang disediakan oleh bank.
  6. Isilah formulir pengajuan deposito dengan benar dan sesuai fakta.
  7. Ikuti panduan dari Customer Service saat akan membuka rekening deposito.
  8. Menyetorkan sejumlah uang deposit.
  9. Setelah sukses, Anda menerima bilyet sebagai bukti pemilik deposito yang sah. 

Kendala Pencairan Deposit

Pada dasarnya, deposito adalah menjaga uang nasabah selama kurun waktu tertentu dan tidak bisa dicairkan selama waktunya belum habis. Memang benar, kendala pencairan akan sulit terlaksana jika Anda menghendaki sebelum masanya. Namun ada beberapa kondisi urgen yang diperbolehkan, tetapi tidak semua bank memiliki keringanan aturan pencairan.  

Saran!

Sebaiknya sebelum Anda mengambil langkah deposit uang, minta Penjelasan deposito kepada pihak bank yang Anda tuju. Sehingga resiko yang akan terjadi bisa dipikirkan secara matang dan dikemudian hari tidak ada keluhan pihak bank mempersulit pencairan uang nasabah. Deposit menjaga uang Anda secara berkala dalam jangka waktu yang terikat agar kebutuhan masa depan tertata. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button